Pokemon Showdown! Review

Kamis, 17 Oktober 2019








Judul       : Pokémon Showdown!
Genre      : Turn based strategy
Tema       : Monster, fantasy
Platform : Web browser, Microsoft Windows
Rating     : Everyone

Pokémon Showdown! adalah sebuah online simulator pertarungan Pokémon berbasis web dan juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk Windows. Permainan ini dibuat oleh Zarel dan sejak 2 Juli 2012 dimiliki oleh Smogon University. Permainan ini dapat diakses secara gratis pada laman https://pokemonshowdown.com/.  Permainan ini cocok dimainkan bagi pecinta seri permainan Pokémon yang sudah merasa bosan mengalahkan Elite Four berulang kali, mengoleksi setiap Pokémon, dan ingin melanjutkan ke tahap permainan kompetitif. Permainan ini dapat dimainkan sebagai guest player atau sebagai registered player (memiliki username dan password). 



  


Battling

 

Pertarungan pada Pokémon Showdown! sama seperti pada seri permainan Pokémon pada umumnya, sehingga memainkan game ini tidak terlalu sulit bagi pemula sekalipun. Ada beberapa peraturan yang tidak ada pada pertarungan kompetitif milik Nintendo, misalnya peraturan hanya satu Pokémon yang bisa dikenai status sleep. Hal ini membuat bertarung menjadi lebih menantang dan membutuhkan pemikiran lebih dalam menggunakan moves. Selain itu, terdapat juga fitur chatting pada saat bertarung sehingga pemain dapat berinteraksi dengan lawan mainnya, misalnya mengungkapkan kekesalan ketika move yang digunakan meleset atau kesenangan ketika berhasil mendapat critical hit. Selain berinteraksi dengan lawan, pada kolom chatting ini juga terdapat history jalannya permainan.


 





Aturan Permainan

 

Peraturan yang digunakan secara umum dalam permainan ini adalah:
  • Species clause: tidak diperbolehkan memiliki 2 Pokémon yang sama dalam satu tim.
  • Sleep clause: tidak dapat membuat 2 Pokémon lawan tertidur pada waktu yang sama. 
  • Evasion clause: tidak diperbolehkan menggunakan Double Team atau Minimize.  
  • OHKO clause: tidak diperbolehkan menggunakan One Hit KO moves.
  • Item clause: tidak diperbolehkan membawa 2 item yang sama dalam satu tim. 
Clause yang digunakan dalam permainan akan di beritahukan di awal permainan pada kolom chat.







Kompetisi dan Rangking

 

Sistem perhitungan peringkat pada permainan ini cukup sederhana, pada akhir setiap permainan, pemain yang menang akan mendapatkan kenaikan rating dan yang kalah akan mendapat pengurangan rating. Perhitungan menambah atau mengurangi rating dalam permainan ini sudah cukup bagus, karena ketika melawan pemain lain dengan rating lebih tinggi dan berhasil menang maka penambahan rating kita juga akan besar, begitu juga sebaliknya. Selain itu, sistem matching Pokémon Showdown! juga cukup seimbang sebab lawan yang dihadapi pasti memiliki rating yang tidak terlalu jauh dari kita. Kemudian, setelah sebuah match berakhir pemain juga dapat meminta untuk melakukan rematch selama pemain lawan belum meninggalkan permainan.




Musik

 

Musik yang digunakan di permainan ini adalah musik-musik yang sudah sering digunakan dalam seri permainan Pokémon ketika bertemu Pokémon atau melawan trainer, sehingga pemain akan merasakan suasana seperti bermain game Pokémon pada umumnya.



Mode Permainan (Format)

 

Ada banyak mode permainan yang disediakan dalam Pokémon Showdown!. Terdapat mode random battle bagi pemain yang hanya ingin mencoba bermain, sekedar menghabiskan waktu, atau menguji kemampuan bertarung dengan berbagai team set Pokémon. Selain itu, terdapat juga beberapa mode permainan yang mengharuskan pemain membentuk tim Pokémon mereka sendiri. Mode permainan ini, cocok bagi pemain yang ingin menguji pengetahuan mereka tentang Pokémon atau menguji kemampuan tim favorit mereka. Selain mode permainan yang sudah lazim digunakan seperti OU dan Ubers, Pokémon Showdown! juga menyediakan beberapa mode yang unik, seperti Almost Any Ability, dimana Pokémon bisa memiliki ability yang seharusnya bukan ability Pokémon tersebut.





Build Your Team

 

Pokémon Showdown! menyediakan fitur untuk membuat tim Pokémon kita sendiri. Ada dua cara untuk membuat tim, yaitu dengan mengimpor data tim atau menggunakan Teambuilder. Pada fitur Teambuilder ini, pemain dapat memilih format tim yang akan dibuat (misal, Gen 7 OU) yang kemudian akan secara otomatis divalidasi ketika pemain menyimpan data timnya. Pada fitur ini, pemain dapat memilih Pokémon, memberi nama panggilan pada Pokémon, mengatur level, gender, happiness, shiny atau tidak, item yang dipegang, ability, move set, dan EV (effort value) dari Pokémon yang dipilih. 


 



Mengapa memilih game ini? 

 

  • Banyak pilihan Pokémon. Pokémon yang dapat digunakan dalam game ini adalah semua Pokémon yang sudah dirilis dari Gen I sampai Gen VII, sehingga ada banyak kombinasi tim Pokémon yang dapat dicoba.
  • Tidak perlu grinding dan breeding. Dalam permainan ini, setiap Pokémon dapat diatur EV, IV dan ability nya sehingga tidak perlu repot-repot grinding dan breeding
  • Tidak harus menyusun tim. Terdapat mode random battle dimana tim Pokémon yang digunakan dibuat random oleh sistem, sehingga pemain tidak perlu menghabiskan waktu untuk menyusun tim dan dapat langsung bermain.
  • Portable dan open source. Permainan ini dapat dimainkan melalui web browser, sehingga dapat dimainkan di mana saja asalkan ada koneksi internet. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk dapat memainkan game ini.
  • Kompetitif dan menantang. Ada banyak user yang memiliki kemampuan tinggi dan berwawasan luas tentang Pokémon, sehingga bermain di sini tidak akan bosan sebab strategi tiap pemain berbeda-beda dan juga dapat mengasah otak dalam menghadapi strategi pemain lawan.
  • Ada sistem ladder (rangking). Adanya ladder membantu pemain mengukur kemampuannya dan melihat posisinya terhadap pemain lain. Selain itu, juga dapat memacu pemain untuk terus menaikkan rating sehingga kemudian dikenal oleh banyak pemain lainnya. 



Mengapa game ini menyenangkan?

 

  • Bagi kalian yang suka mencoba-coba (explorer), terdapat banyak pilihan format permainan yang bisa dicoba. Setiap format permainan memiliki peraturan yang berbeda pula sehingga tidak akan merasa bosan. Selain banyak format permainan, Pokémon yang dapat dipilih juga banyak, sehingga dapat mencoba berbagai kombinasi Pokémon dalam satu tim. Selain itu, kalian juga dapat mengatur distribusi EV dan IV pada tiap Pokémon.
  • Bagi kalian yang suka berinteraksi dengan pemain lain (socializer), terdapat fitur chatting dalam battle dan juga terdapat lobby. Selain itu, ada sistem ladder yang juga dapat kalian manfaatkan jika ingin mencari ketenaran dalam permainan ini.
  • Bagi kalian yang suka tidak terima jika kalah (killer), terdapat fitur rematch yang dapat kalian gunakan untuk meminta pertarungan dengan user yang baru saja mengalahkan kalian.
  • Bagi kalian yang mendapat kesenangan game melalui audio-visual (achiever), game ini menyajikan musik yang bagus selama pertarungan berlangsung. Musik yang digunakan juga sama dengan yang biasa digunakan dalam seri permainan Pokémon. Selain musik, game ini juga menggunakan sprites yang sama dengan seri permainan Pokémon lainnya, mulai dari Gen I sampai Gen VII.



Yohanes A Crux Gosal / 06111640000001


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger