The Witch's House

Selasa, 01 Oktober 2019



                                     
Title Screen
Title: The Witch’s House
Genre: Puzzle, Survival Horror
Tema: Horror
Rating: Mature
Developer: Fummy
Publisher: DANGEN Entertainment


Screenshot Memasuki Witch's House

Game The Witch’s House merupakan salah satu game horror RPGMaker yang cukup populer. Grafis yang sederhana justru membuat suasana dalam game lebih mengerikan, dan suasana mengerikan tersebut juga ditingkatkan oleh audio yang digunakan. Game ini memiliki story, puzzle yang menarik dan unik, serta jumpscare yang susah diprediksi. Pemain akan menggerakan seorang karakter dalam game dan menyelesaikan puzzle untuk mencapai tujuan. Game ini dibuar remake nya pada tahun 2018, dan dijual di steam dengan judul “The Witch’s House MV”





Story:




Screenshot Salah satu seknario awal game

Seorang anak perempuan bernama Viola bangun didalam hutan. Satu-satunya jalan keluar tertambal oleh banyak mawar. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah memasuki sebuah rumah didekatnya untuk mencari cara keluar dari hutan. Ditemani kucing hitam yang misterius, Viola harus bertahan hidup dari rintangan yang terdapata di rumah tersebut
Ketika di dalam rumah, Viola menemui banyak fenomena janggal sebagai hasil dari rumah yang bisa berubah bentuk. Dia juga menemukan catatan harian milik pemilik rumah (penyihir) yang bernama Ellen, yang menjelaskan masa lalu adri Ellen. Untuk menjelajahi rumah lebih jauh dan keluar dari hutan, Viola harus menyelesaikan bermacam-macam puzzle untuk membuka pintu-pintu di rumah tersebut. Ketika Viola berhasil keluar dari rumah, terdapat dua jenis ending tergantung aksi dari Viola sebelum keluar. Pada  kedua ending yang ada, Viola (yang berada pada tubuh Ellen) ditembak mati oleh ayah dari Viola demi melindungi Ellen (yang berada pada tubuh Viola) tanpa mengetahui bahwa tubuh mereka telah tertukar. Kedua ending tersebut sebenarnya sama, hanya saja pada salah satu ending terdapat penjelasan tentang apa yang terjadi sebenarnya, bahwa ternyata karakter yang dikendalikan player adalah Ellen yang telah bertukar tubuh dengan Viola untuk menghindari penyakit di tubuh asli Ellen. Ending yang satunya tidak mencantumkan hal tersebut, sehingga player tidak tahu bahwa tubuh mereka telah tertukar.

Gameplay:

Player menggerakkan karakter Viola. Player dapat bergerak dengan tombol arah ke kanan, kiri, atas, bawah. Player dapat berinteraksi dengan benda dengan menekan tombol ‘Z’. Player dapat melihat barang-barang yang dimilikinya dengan menekan tombol ‘X’ dan dapat menggunakan barang-barang tersebut untuk memecahkan puzzle dengan memilih barang secara manual. Player dapat berlari menggunakan tombol ‘Shift’. Player harus menyelesaikan puzzle dengan melakukan interaksi antara barang-barang dan menghindari rintangan kematian.


Screenshot Penggunaan Item


Screenshot Salah Satu Skenario Kematian



Mengapa game terbaik:

Game ini memberikan suasana horror yang sangat baik karena style artworknya dan pengelolaan audionya. Dengan jumpscare yang susah diprediksi membuat suasana horror meningkat. Game ini bagus karena jumpscare tidak mengandalkan gambar menakutkan yang tiba-tiba muncul di layar, sehingga game ini sebagai horror memang lebih menakutkan daripada mengagetkan, dan unsur mengagetkan dapat diperoleh dari jumpscare yang tidak dapat diprediksi. Puzzle tidak terlalu mudah dan tidak terlalu gampang, dan setiap puzzle pasti memiliki hint, dan masuk akal. Story yang sangat menarik membuat game ini lebih bagus. Cerita tentang penyihir pemilik rumah dapat meningkatkan suasana horror dan membuat story game ini menarik. Game memiliki kontrol yang sederhana sehingga mudah dimainkan


Theory of fun:
 Achiever:

  • Player dapat merasakan kesenangan ketika berhasil menyelesaikan puzzle
  • Player dapat merasakan kesenangan ketika berhasil menamatkan game
  • Player dapat merasakan kesenangan dari art style dan audio yang yang mendukung tema


 Explorer:

  • Player dapat merasakan kesenangan dengan mencari tahu isi dari masing-masing witch’s diary yang ada
  • Player dapat merasakan kesenangan dengan mencari tahu apa saja puzzle yang ada di game ini
  • Player dapat merasakan kesenangan dengan mencari tahu bagaimana story pada game ini berkembang
  • Player dapat merasakan kesenangan dengan mencari tahu ending-ending yang ada pada game
  • Player dapat merasakan kesenangan dengan mencari tahu secret-secret yang ada

Screenshot (Versi Remake):
Screenshot Puzzle Racun

Screenshot Puzzle Buku

Screenshot Berjalan di dalam Witch's House

Screenshot Awal Puzzle Kodok

Screenshot Puzzle Simetri

Screenshot Lantai Teratas

Screenshot Puzzle Warna


Video Trailer:




Video play:



Versi Lama:




Versi Remake:



Link untuk mendapatkan Game:


Nama: Dhafa Hikmawan
NRP: 05111640000124



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger