Review: The Sims 4 for PC

Jumat, 18 Oktober 2019



A. Title Screen Game

Title Screen Game: The Sims 4
Pada halawan awal permainan The Sims 4 personal-computer versi 1.55, terdapat 3 pilihan packs yang ditawarkan yaitu expansion packs, 8 game packs, 15 stuff pack, dan 2 free stuff. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu The Sims 3 yang memiliki 3 expansion packs, 4 game packs, dan 9 stuff packs. Namun, pada versi ini memiliki expansion packs yang lebih beragam dan memberikan pilihan yang beragam sesuai dengan selera pemain. Untuk mendapatkan fitur tersebut dilakukan dengan mengunduh maupun membelinya melalui halaman resmi game tersebut yaitu Origin. Kalian bisa beli expansion pack maupun stuff packs dengan harga berikut ini.

Wah, kira-kira ada apa aja ya di dalam game ini? Worth it tidak ya dengan harga segitu? Ingin tahu lebih lanjut? Keep scrolling down!

B. Deskripsi & Story

Ekspresikan imaginasimu dalam menjalankan kehidupan ini secara bebas melalui The Sims 4. Kamu dapat memilih bagaimana bentuk dari karakter atau Sims, menentukan pakaiannya, bahkan menentukan jalan kehidupannya tanpa khawatir dengan konsekuensi yang ada. Tentunya, sangat seru bukan?

Tidak hanya itu! Kamu juga dapat membuat hunian sesuai dengan kreativitasmu. Dan, kamu dapat bersosialisasi dengan menjelajah berbagai wilayah dan bertemu Sims baru di setiap tempat. Temukan juga lokasi yang sangat indah untuk dijelajahi. Dengan memainkan game ini, kamu dapat mengetahui reaksi baik bahkan terburuk sekalipun dari keputusan yang kamu ambil di dalam hidup Sims mu. 

Sebelum kita membahas aturan main, yuk lihat sejarah singkat mengenai perkembangan game ini! Pada awalnya, game The Sims dikeluarkan oleh Maxis Game khususnya pada The Sims 1. Terdapat perbedaan signifikan pada expnasion pack dan grafik yang digunakan pada game tersebut. 
Perbedaan Grafik The Sims 1 s.d The Sims 4

Ketika EA memegang kendali atas game ini, maka penjualan yang didapatkan lebih tinggi dibandingkan perusahaan sebelumnya. Salah satu cara perusahaan dalam mempromosikan game tersebut adalah membuat free-download launcher hingga tanggal tertentu khususnya di Indonesia sampai dengan 28 Mei 2019. Wah, menarik sekali bukan grafik yang ditampilkan oleh The Sims? 

C. Aturan Main

Pada dasarnya, The Sims 4 dimainkan dengan aturan untuk menjaga agar karakter Sims tidak meninggal dan data meraih keinginan yang dituju seperti kehidupan manusia pada aslinya. The Sims 4 memiliki beberapa mode dalam permainannya yang memiliki aturan main berbeda pula. Yuk lihat perbedaan antar seluruh mode tersebut!

1. Live Mode

Pada live mode, para pemain dapat mengontrol maksimum 8 karakter yang disebut dengan Sims sekaligus. Tujuan permainan ini adalah untuk menjaga kehidupan masing-masing Sims s.d tutup usia. Dalam game ini, tutup usia dapat terjadi karena beberapa faktor yaitu usia tua, kelelahan akibat olahraga berlebih, dan kebutuhan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan tersebut masing-masing terdiri dari yaitu bladder, fun, hunger, social, energy, dan hygiene. Apabila kebutuhan ini menjadi warna merah, maka dapat berakibat pada kematian.

2. Build Mode

Pada build mode, para pemain dapat melakukan perubahan pada lot atau bangunan yang dimainkan. Perubahan tersebut termasuk aktivitas membeli, menjual, merubah warna, maupun menggusur bangunan yang ada. Mode tersebut dilengkapi dengan beberapa fitur yaitu object-by-room, object-by-fuctional, househould fund, dan househould inventory. Sebagai contohnya pada fitur object-by-room pemain dapat memilih berbagai jenis perlengkapan rumah tangga seperti kitchen, bathroom, bedroom, living room, study, kids’ room dan outdoor. Setiap pembelian maupun penjualan tersebut akan diakumulasikan secara langsung pada househould fund. Selain itu, pemain dapat memilih trait pada tiap bangunan yang akan dibuat seperti dikelilingi banyak remaja, tanpa listrik, dan lainnya. 

3. Sims Mode


Pada Sims mode, para pemain dapat melakukan perubahan khusus pada tampilan masing-masing Sims. Tampilan yang dimaksudkan adalah bentuk fisik bahkan pemilihan pakaian Sims itu sendiri. Selain tampilan, pemain juga dapat memilih trait atau karakter pada masing-masing Sims sebagai berikut. 

D. Klasifikasi

Genre           : Simulation
Rating          : Teen
Release date : September 1, 2014
Publisher     : Electronic Arts
Developer    : The Sims Studio
Tema            : Tema yang dimiliki the Sims berbeda antara masing-masing expansion packs sebagai berikut.

E. Alasan Menjadi Game Terbaik

The Sims 4 menjadi game terbaik karena beberapa alasan diantaranya yaitu:

  1. Memiliki tampilan grafik yang menarik dan berkualitas tinggi. Namun, hal ini diikuti dengan konsekuensi game yang membutuhkan memori dan penyimpanan yang besar untuk dimainkan. 
  2. Dapat memilih alur cerita dan menciptakan fantasi yang tidak mungkin pada kehidupan nyata. Sebagai contohnya, pemain dapat memilih menjadi perampok ataupun memiliki 7 anak sekaligus. 
  3. Memiliki variansi pada respon sosial masing-masing Sims. Dengan adanya berbagai macam karakter atau trait pada masing-masing Sims, maka terjadi berbagai kombinasi pola komunikasi sosial yang memungkinkan. Sebagai contohnya, trait dengan matrealistik dapat mencuri uang dari Sims yang memiliki trait baik.

F. Player Personalities

The Sims 4 ini memiliki player personality sesuai dengan Teori Kesenangan. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Achiever

 Tipe achiever adalah permainan yang ditunjukkan dengan adanya reward apabila tercapainya suatu misi atau perintah yang dimiliki. Pada The Sims 4 ini, masing-masing Sims memiliki aspiration atau hal-hal yang harus dilakukan agar mendapatkan reward. Aspirations tersebut dapat dipilih berdasarkan trait atau karakter Sims pada Sims Mode. Berikut merupakan contoh aspiration yang dimiliki oleh suatu Sims. Apabila aspiration telah terpenuhi semuanya, maka jumlah reward tersebut dapat ditukar dengan sejumlah hadiah sebagai contohnya Sims tersebut dapat kembali muda. Selain itu, achiever dapat dilihat dari tingkat skills yang dimiliki oleh Sims tersebut.



2. Explorer

Tipe explorer akan sangat senang apabila menemukan suatu hal baru yang di luar rutinitasnya. Pada The Sims 4 ini, tipe tersebut dipuaskan dengan fitur travelling antar wilayah baik sendiri ataupun berkelompok. Ketika travelling, Sims dapat melakukan aktivitasnya di tempat yang dituju seperti Club ataupun Gym. Selain itu, dilengkapi dengan fitur untuk menjelajah karya pemain lainnya, bak berupa bentuk Sims maupun hunian yang beragam. Untuk mendapatkannya, cukup dengan mengunduh dan menginstall karya tersebut pada household Sims yang kamu miliki.

3. Socializer

Tipe socializier adalah permainan yang ditunjukkan dengan banyaknya komunikasi sosial yang dapat dilakukan dalam permainan tersebut. Pada The Sims 4 ini, ditunjukkan pada komunikasi sosial yang dapat mengarah kepada membangun keluarga ataupun mencuri uang sekaligus. Berikut merupakan contoh komunikasi sosial yang dapat dilakukan. Pola komunikasi sosial tersebut disesuaikan dengan karakter atau trait masing-masing Sims. 
Dari interaksi sosial tersebut, bahkan dapat membangun suatu keluarga yang struktur keluarganya dapat dilihat seperti pada John's Genealogy. Selain itu, para Sims dapat mengadakan social event seperti acara ulang tahun di bawah ini dengan target-target yang harus diraih pada sisi kiri.

G. Screenshoot


H. Video Trailer


I. Video Demo


J. Link


Dibuat Oleh: Rakhma Oetari - 02411640000058







Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger