The Sims Mobile

Kamis, 17 Oktober 2019

Review Game: The Sims Mobile
Judul: The Sims Mobile
Genre: Life simulation game
Tema: Society Mode: Single player Rating: Teen (T)
Developer: Maxis, Firemonkeys Studios
Publisher: Electronic Arts, EA Mobile Platform: Android, iOS

Deskripsi
Seperti slogannya ‘Play with life’, The Sims Mobile merupakan sebuah game simulasi mobile yang memungkinkan kita untuk menyiptakan dan mengatur kehidupan karakter sesuai dengan kemauan kita, memberinya traits, hobi, dan pekerjaan. Selain itu, ada beberapa quests yang harus dilakukan dimana beberapa di antaranya merupakan quests dengan waktu yang terbatas.


Rules
Sebagai game simulasi, The Sims Mobile mempunyai peraturan tidak terlalu sulit. Saat memulai game, kita diharuskan untuk memilih sims. Sims dapat diperoleh secara random ataupun dikostumisasi sendiri oleh player. Terdapat tiga pilihan dalam tahap pemilihan karakter ini, yaitu DNA, closet, dan shop. DNA berhubungan dengan bentuk badan, ras, serta gaya rambut sims. Closet berisi baju mulai dari atasan, bawahan, alas kaki, hingga aksesoris yang dipakai. Apabila kita menginginkan lebih banyak pilihan pakaian, kita dapat membelinya di shop. Pilihan di shop akan semakin bertambah seiring dengan naiknya level game.


Pada level awal, kita hanya bisa memainkan satu karakter atau yang biasa disebut dengan 'sims'. Tetapi seiring dengan bertambahnya level, kita bisa memilih hingga empat sims. Sebagian dari slot sims tersebut dapat diunlock dengan sims cash. Setiap sims yang dimainkan mempunyai energi sebanyak 30 dan setiap aktivitas maupun interaksi yang dilakukan akan menghabiskan sekitar satu hingga tiga energi. Apabila energi tersebut habis ketika sims sedang melakukan interaksi, pemain dapat menambah energi menjadi penuh kembali dengan mengambil satu cupcake. Sims dapat melakukan bermacam interaksi dengan sims yang lain.

Biasanya interaksi akan diawali dengan introduction dan dilanjutkan dengan event. Interaksi antar sims dapat menghasilkan dua kemungkinan yaitu friendship dan relationship. Ada berbagai pilihan friendship seperti Geek Speak, Sport Buddies, BBFs forever, Art Aficionados, dan Soundtrack of Soul dan pilihan relationship antara lain Tainted Love, The Fixer-Upper, Secret Crush, dan Soulmates. Masing-masing output tersebut mempunyai babak cerita dimana setiap babak akan terselesaikan jika sims yang bersangkutan telah mejalankan quest ataupun event yang disediakan. The Sims Mobile mempunyai fitur stories dimana setiap stories memiliki jumlah chapter tertentu. Stories setiap sims berhubungan dengan pekerjaan, hobi, hubungan asmara dan persahabatan. Setelah satu chapter terselesaikan, biasanya sims akan mendapatkan rewards berupa item-item yang dapat dibeli dan dikoleksi. Terselesaikannya chapter juga berpengaruh pada pertambahan level.

Setiap sims memiliki traits yang bisa ditambahkan seiring dengan tingginya level yang dimainkan. Bertambahnya level ini dapat diraih melalui berbagai hal seperti interaksi, bekerja, serta menyelesaikan quest. Biasanya kegiatan-kegiatan tersebut akan dibarengi dengan bertambahnya uang. Uang digunakan untuk memperbaiki rumah dan menambahkan furniture yang ada di dalamnya serta digunakan untuk membeli kebutuhan lain seperti pakaian dan unlock berbagai fasilitas yang ada di dalam map. Ada berbagai daerah di dalam map diantaranya home, Parkside, Market Square, Downtown, dan Waterfront.


Kenapa game ini terbaik?
Saya memilih The Sims Mobile terbaik karena kita bisa memainkannya dengan santai serta banyak sekali hal yang dapat kita sesuaikan dengan kemauan kita seperti style per karakter serta memilih siapa saja yang akan berinteraksi dengan sims terkait. Dari segi grafis dan interface, The Sims Mobile cukup berbeda dengan The Sims PC namun, peraturannya kurang lebih sama sehingga tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan cara bermainnya. Jika dibandingkan dengan mobile game sejenis seperti The Sims Free Play, grafis The Sims Mobile jauh lebih bagus, tajam, dan menarik.

Selain itu The Sims Mobile mempunyai quests dan challenges yang banyak dan menarik sehingga secara tidak langsung membuat kita untuk bermain dalam waktu yang lama. Salah satu challange dalam game ini adalah Sweet Treat Challenge yang memungkinkan kita untuk mengikuti kompetisi memasak melawan satu sims lain dimana kompetisi ini terdiri dari beberapa babak. Game ini juga memungkinkan kita berinteraksi dengan player lain dengan membuat party invitation dengan mendaftarkan hanya mendaftarkan nama sims kita, dan siapapun dapat bergabung.

Fun Factor

1. Achiever: Setiap aktivitas yang dilakukan sims akan menaikkan level. Semakin tinggi level maka semakin banyak item pakaian, dekorasi, dan furniture rumah yang bisa dibeli dan digunakan, serta traits juga akan bertambah.
2. Socializer: Kegiatan utama dalam game ini adalah bersosialisasi dengan sims lain, mencari pekerjaan, dan hobi. Setiap interaksi akan menyiptakan story baru yang bisa menghasilkan reward juga. Interaksi sims juga bisa dilakukan dengan player lain melalui event party.
3. Explorer: Sims dapat mengunlock fasilitas yang tersedia di peta dan menelusuri berbagai tempat serta melakukan pekerjaan yang diinginkan di sana. Selain itu, banyak item-item dan bangunan di lingkungan sekitar sims yang bisa di-tap untuk melakukan event atau interaksi. 4. Killer: Di Sweet Treat Challenge, sims dapat mengalahkan sims lain apabila dia berhasil membuat cake seperti yang diinginkan oleh juri.

Video
Trailer: https://www.youtube.com/watch?v=dcDy1CCd-F8&feature=youtu.be
Demo: https://www.youtube.com/watch?v=w0ItV0eYbGA&feature=youtu.be
Nama : Shelma Fistari C.
NRP : 08311640000031
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger