Final Fantasy VIII

Kamis, 17 Oktober 2019



https://o.aolcdn.com/images/dims?quality=85&image_uri=https%3A%2F%2Fo.aolcdn.com%2Fimages%2Fdims%3Fcrop%3D1600%252C900%252C0%252C0%26quality%3D85%26format%3Djpg%26resize%3D1600%252C900%26image_uri%3Dhttps%253A%252F%252Fs.yimg.com%252Fos%252Fcreatr-uploaded-images%252F2019-08%252Fd2eaa580-c2f5-11e9-bd1e-08b6d6a51155%26client%3Da1acac3e1b3290917d92%26signature%3D032e9ddc97027e67240a91efef61bb792e4880e8&client=amp-blogside-v2&signature=90c15e5a48ac2aad90062eb16caf2ea2689a308e

Judul Game
: Final Fantasy VIII
Developer
: SQUARESOFT (SQUARE ENIX)
Tanggal Rilis
: 07 September 1999 (NA)
Genre
: Role-Playing Game (Permainan Peran)
Theme
: Fantasi, Futuristik
Rating
: Rated for 12+ (Teen)
Platforms
: Playstation, Microsoft Windows
Link
: Steam
 


Deskripsi
Hasil gambar untuk ff8 fmv gifFinal Fantasy VIII adalah sebuah permainan role-playing game yang diciptakan oleh Square Co., Ltd. untuk Sony PlayStation dan PC berbasis Microsoft Windows. Game ini merupakan judul kedelapan dalam seri utama permainan Final Fantasy dan judul kedua yang dirilis untuk PlayStation dan Windows. Cerita terfokus pada sekelompok tentara bayaran yang terjebak dalam suatu konflik internasional yang dirancang oleh seorang penyihir bernama Edea, dan berusaha menghentikan perang tersebut.


Cerita
Di dalam seri final-fantasy sendiri memiliki ceritanya tersendiri (tidak ada kaitannya dengan seri sebelumnya) dan tentu saja cerita sudah menjadi inti dari permainannya.  
Terdapat sekumpulan pasukan dari suatu akademi dari Balamb Garder yang disebut SeeD untuk melenyapkan penyihir jahat yang bisa membahayakan dunia, bahkan sampai ke luar angkasa hingga menjelajah waktu untuk menyingkirkan penyihir tersebut. Dan juga, terdapat bumbu romansa di dalamnya yang membuat cerita semakin dalam, yaitu kisah percintaan antara Squall dan Rinoa yang mereka sama sekali memiliki sifat yang bertolak belakang.
https://www.siliconera.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/01/final-fantasy-8-dance-big.jpg
Layaknya cerita yang biasa ditemukan di RPG klasik, sebuah dasar yang kelihatan simpel kemudian berkembang menjadi sebuah epik berdurasi puluhan jam dengan pengembangan cerita jauh dari apa yang kita bayangkan sebelumnya.


Gameplay
https://steamuserimages-a.akamaihd.net/ugc/858353348241883490/4BC1F0D5DC25538EA56F3D4B93D356BB47420171/
Final Fantasy VIII terdiri dari tiga mode utama permainan; peta dunia (world map), peta lapangan (field map), dan layar pertempuran (battle screen). Peta dunia berbentuk model 3D dimana pemain dapat mengarahkan karakter dengan bebas. Perjalanan karakter dalam peta dunia dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya berjalan kaki, dengan mobil, Chocobo, kereta, atau kapal terbang (airship). Pada mode peta lapangan, pemain menjalankan karakter model 3D dengan latar belakang lingkungan 2D. Sedangkan pada mode layar pertempuran (battle screen) menggunakan model 3D dengan lokasi di sebuah ruangan atau sebuah jalan, tergantung di daerah mana pertempuran itu terjadi. Layar Menu hampir sama seperti judul Final Fantasy sebelumnya, tetapi sistem senjata khusus dan sistem armor dihilangkan dan menghadirkan fitur baru seperti, fitur Junction. Juga permainan mini bernama Triple Triad.
Sayangnya gameplay pada seri FFVIII ini masih terbilang agak rumit dari sistem seri sebelumnya. Sehingga banyak player yang sedikit kesulitan untuk beradaptasi.

Sistem Junction

Hasil gambar untuk ff8 remaster ability menuSistem dengan desain monster yang bisa dipanggil yang disebut sebagai Guardian Force (GF). Seorang karakter harus mempunyai GF yang dipasangkan padanya sebelum dia bisa melakukan perintah lain selain menyerang ("Attack") dengan senjata mereka, seperti sihir ("Magic"), "GF" (pemanggilan), dan perintah menggunakan barang ("Item").
Sihirnya diperoleh dari musuh, tempat pengambilan sihir ("Draw Point") yang tersebar di seluruh wilayah permainan, dan item yang bisa digunakan. Sihir disimpan pada karakter dengan jumlah maksimal 100 dan hilang satu per satu jika digunakan. "Guardian Force" membuat karakter bisa "memasangkan" sihir mereka pada status mereka seperti (Strength) kekuatan, (Vitality) ketahanan, (Evade) hindaran, (Luck) hoki, dan sebagainya untuk beberapa variasi nilai bonus.
https://vignette.wikia.nocookie.net/finalfantasy/images/7/7a/Draw_ability.PNG/revision/latest?cb=20100617171121

Limit Break 

https://assets.rpgsite.net/images/images/000/080/595/original/ff8_lionheart_disc_1_lion_heart.jpg   
Pada Final Fantasy VII, setiap karakter mempunyai serangan spesial yang unik disebut "Limit Break" ("Special Arts" pada versi Jepang) yang muncul secara acak setiap putaran jika (HP) atau darah pemain dibawah 32% dari batas maksimal darahnya, dan juga mempunyai efek status negatif. Sihir Aura juga meningkatkan kemungkinan Limit Break muncul, tergantung HP pemain yang tersisa.

Tingkat Experience 

Poin pengalaman (EXP) diberikan jika memenangkan pertarungan melawan musuh dalam pertarungan acak. Ketika karakter mengakumulasi poin EXP yang cukup, karakter tersebut akan "naik level" dan akan meningkatkan status dasar karakter. Dan juga, level monster meningkat seiring meningkatnya level karakter. Semakin tinggi level monster maka semakin sulit melawan dan bertahan, serta menerima serangan yang lebih besar, dan mungkin mempunyai tambahan serangan spesial. Peningkatan Status melalui naik level sangat sedikit dibandingkan dengan yang tersedia melalui sistem Junction. Sebagai tambahan, Guardian Force akan menerima Ability Poin(AP) setelah pertarungan, yang membuat Guardian Force bisa mempelajari kemampuan spesial yang baru.

Triple Triad (Mini Game)

https://i.ytimg.com/vi/O_i__xTa6VA/maxresdefault.jpg
Triple Triad adalah permainan kartu yang berasal dari Final Fantasy VIII. Dalam permainannya, dua pemain berhadapan satu sama lain, satu sisi bermain sebagai "biru", yang lain sebagai "merah" pada kotak 3x3. Setiap pemain memiliki lima kartu di tangan dan tujuannya adalah untuk menangkap kartu lawan dengan mengubahnya menjadi warna merah atau biru milik pemain sendiri.

 
Grafik
https://gameplay.tips/uploads/posts/2019-09/1567769688_final-fantasy-viii-remastered.jpg
Pada zamannya grafis FFVIII dapat dikatakan begitu impresif. Dimana desain yang dibuat bermodel 3D dengan desain karakter yang luar biasa ganteng/cantiknya. Membuat karakter semakin mudah untuk diingat. Desain Summon atau GF dari FFVIII menurut saya merupakan desain yang paling “badass” dari seluruh seri yang ada. Desain senjata pun dibuat menarik sepeti gunblade (pistol berbentuk pedang), dan sebagainya. Sepertinya memang FFVIII sangat difokuskan pada desain grafisnya, sehingga untuk grafis sudah sangat baik.



Musik

Tidak diragukan lagi musik-musik yang disajikan dalam game seri Final Fantasy terutama FFVIII sangatlah apik. Semua itu berkat composer jenius yang menghadirkan karangan music-music luar biasanya, Nobuo Uematsu. Battle theme dibuat sedemikian apik untuk memberikan sensasi bertarung saat bermain. Tak lupa juga music untuk latarnya yang membuat scene menjadi lebih hidup.
Semua music yang disajikan sangat tepat dalam setiap suasananya



Video

Trailer

Demo


Fun Factor

Achiever

  • Kepuasan memenangkan battle dan mendapatkan rewards berupa EXP dan AP
  • Menaikkan level karakter dan level SeeD (level untuk memperolah jumlah uang) ke level maximum
  • Membuka semua skill Limit Break karakter
  • Membuka semua ability GF
  • Menyelesaikan misi cerita

Explorer

  • Mencari dan mengumpulkan semua Guardian Force (GF)
  • Item dan atribut (GF, Magic, dsb) yang dapat dikoleksi
  • Permainan mengoleksi Trading Card di dalam game
  • Menjelajah menggunakan Vehicle ke tempat mana saja di dunia Final Fantasy VIII
  • Terdapat banyak sidequest
  • Mengumpulkan kartu mini-game Triple Triad

Killer 

  • Mengalahkan boss tersulit
  • Dapat membangkitkan karakter yang K.O (mati saat pertarungan) lalu menghabisi musuh sampai lenyap
  • Membalikkan kartu lawan lalu mengalahkannya untuk mengklaim kartunya pada mini game Triple Triad

Socializer 

  • Tidak ada socilizer karena game diterapkan dengan mode single player.

    Overall (Alasan Kenapa Terbaik)

    Game ini adalah game RPG pertama yang dikenalkan teman saya. Memainkannya lagi membuat perasaan nostalgia muncul. Walaupun tidak sepopuler FFVII, FFVIII merupakan game yang bagus bagi pecinta game dengan unsur cerita dan terutama RPG. Game ini memiliki desain pengembangan yang cukup baik dengan cerita dan animasi yang diberikan.
    Memang tidak ada game yang sempurna, namun game ini adalah satu game terbaik yang pernah saya mainkan (karena juga awal saya mengenal Final Fantasy) pada seri Final Fantasy. Saya sebagai pemain sangat menikmati segala unsur game yang disajikan.
    Nama
    : Rezky Ameron
    NRP
    : 05211640000060
    Share this article :

    0 komentar :

    Speak up your mind

    Tell us what you're thinking... !

     
    Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
    Proudly powered by Blogger