Stardew Valley (by :Muhammad Ilmawan R)

Kamis, 17 Oktober 2019

Review Game Stardew Valley


·             Judul Game: Stardew Valley
·         Publisher: Chucklefish
·         Developer: ConcernedApe
·         Genre: Simulation, Role-Playing Game
·         Tema: Fantasy, Countryside, Farming
·         Mode Permainan: Single-Player, Multiplayer
·         Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4, Wii U, Nintendo Switch,                             PlayStation Vita, iOS, Android
·         Tanggal Rilis: 26 February, 2016
·         Rating: EVERYONE 10+ (ESRB) , Pegi 7 (Pegi.info)
·         Site: Official SiteSteamGooglePlayAppStore

Deskripsi & Gameplay
Stardew Valley merupakan Game yang dirilis pada tahun 26 Februari 2016 oleh Studio Concerned Apes. Stardew Valley direlease untuk platform PC (Windows , MacOS, Linux) , Playstation 4 , Xbox One,Nintendo Switch, PSVita, iOS, dan Android .

Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang terutama terinspirasi oleh seri video game Harvest Moon. Pada awal permainan, pemain menciptakan karakter mereka, yang menjadi penerima sebidang tanah termasuk rumah kecil yang pernah dimiliki oleh kakek mereka di kota kecil bernama Pelican Town.
Peta dari Stardew Valley

          Pemain dapat memilih satu dari lima peta pertanian sesuai dengan preferensi mereka dalam gaya bermain, seperti satu dengan tempat mencari makan ekstra, satu dengan sumber daya penambangan lebih banyak, dan yang lainnya dengan sungai yang digunakan untuk memancing.  Lahan pertanian awalnya dibanjiri dengan batu-batu besar, pohon, tunggul, dan gulma, dan pemain harus bekerja untuk membersihkannya untuk memulai kembali pertanian, merawat tanaman dan ternak sehingga menghasilkan pendapatan dan memperluas bangunan dan fasilitas pertanian.
Layar Kustomisasi pada Awal Game   
Pemain juga dapat berinteraksi dengan karakter non-pemain (NPC) yang menghuni kota, termasuk terlibat dalam hubungan dengan karakter ini; ini dapat berujung pada perkawinan, yang menghasilkan NPC membantu karakter pemain untuk merawat pertanian.
Interaksi dengan NPC


Pemain juga dapat terlibat dalam memancing, memasak, dan kerajinan, dan juga menjelajahi gua-gua yang dihasilkan secara prosedural dengan bahan dan bijih untuk menambang atau bertarung dengan makhluk dalam. Pemain dapat melakukan berbagai pencarian untuk mendapatkan uang tambahan, atau bekerja untuk menyelesaikan bundel; koleksi khusus bahan yang ditawarkan ke Pusat Komunitas kota. Melengkapi bundel memberi penghargaan kepada pemain dengan berbagai item, termasuk benih dan alat. Melengkapi banyak bundel memberi pemain akses ke area baru dan mekanisme permainan, seperti pertanian gurun dan rumah kaca. Semua aktivitas ini harus diukur berdasarkan kesehatan karakter saat ini, tingkat kelelahan, dan jam internal gim. Jika pemain menjadi terlalu lelah di mana saja di luar rumah mereka, mereka akan dipaksa untuk membayar 10% dari emas mereka hingga 1.000 g dan akan dikembalikan ke rumah mereka dan dipulihkan dengan energi pada pagi hari berikutnya, tetapi telah melupakan peluang untuk melanjutkan kegiatan dari hari sebelumnya. Jika pemain kehilangan terlalu banyak kesehatan, mereka akan kehilangan sebagian besar energi mereka dan sejumlah uang dan barang secara acak.
Berkuda bersama player lain

Memancing di game

 Permainan ini menggunakan kalender yang disederhanakan, setiap tahun hanya memiliki empat bulan 28 hari yang mewakili setiap musim, yang menentukan tanaman mana yang dapat ditanam dan kegiatan apa yang dapat bermanfaat. Karakter dievaluasi pada hari pertama tahun ketiga. Tidak ada batas waktu untuk menyelesaikan permainan, dan mulai 1.1 pemain dapat dievaluasi kembali.
Permainan ini bersifat terbuka, memungkinkan pemain untuk melakukan kegiatan sesuai keinginan mereka. Permainan ini juga dilengkapi mode multiplayer kooperatif empat pemain. Banyak hal yang dapat dilakukan di Stardew valley dan tidak terlepas dari satu gaya bermain saja, pemain dapat menentukan sendiri gaya bermain sesuai dengan keinginan mereka, sehingga dapat dieksplor dari berbagai sudut pandang yang membuat pemain ketagihan untuk bermain game ini dalam jangka waktu yang lama.

Story
Terlepas dari berbagai cara bermain , Stardew Valley berpusat pada satu jalan cerita secara garis besarnya. Game diawali dengan kakek dari pemain yang menjelang akhir hidupnya akan memberikan sepucuk surat yang mana hanya boleh dibuka jika si karakter utama merasa “dihancurkan” oleh beban kehidupan modern dan semangat hidupnya mulai memudar. Beberapa tahun kemudian, pemain/ karakter utama yang sebelumnya merupakan seorang pegawai kantoran di Joja Company yang setiap hari disibukkan dengan hiruk pikuk perkotaan dan kesibukkan yang sama dan tiada akhir. Suatu saat si karakter utama membuka laci meja kerjanya dan melihat sepucuk surat yang diberikan kakeknya beberapa tahun yang lalu. Si karakter utama teringat dengan pesan kakeknya dan merasa sekarang saat yang tepat untuk membuka surat tersebut. Surat tersebut ternyata berisi cerita tentang bagaimana kakeknya juga berada di kondisi yang sama dengan karakter utama, dimana kakeknya merasa telah kehilangan koneksi yang sebenarnya dengan alam dan orang-orang disekitarnya serta membutuhkan sebuah perubahan dalam hidupnya. Pada akhirnya kakek dari karakter utama memutuskan untuk berpindah ke tempat yang semestinya dia berada, yaitu di sebuah peternakan di Stardew Valley. Menurutnya itu adalah hadiah yang paling berharga untuknya, dan sekarang saat yang tepat untuk mewariskannya ke karakter utama atau si pemain itu sendiri. Si karakter utama akhirnya memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut dan memulai kehidupan yang baru di Stardew Valley dimana kakekny sebelumnya menghabiskan hidupnya.
Kakek dari pemain sebelum memberikan surat wasiat

Tempat bekerja pemain sebelumnya 


 Saat pemain tiba di Stardew Valley, pemain disambut oleh Robin, tukang kayu setempat. Robin kemudian mengantarkan pemain ke peternakan kakeknya, lalu setibanya di peternakan , pemain terkejut dengan kondisi tanah di peternakan kakeknya yang penuh dengan rumput liar, batu , dan ranting-ranting yang berserakan. Kemudian pemain disambut oleh walikota Lewis yang muncul dari dalam rumah lama kakek karakter utama, yang akan memperkenalkan daerah sekitar Stardew Valley  kepada pemain. Kemudian keesokan harinya , cerita utama di game Stardew Valley  dimulai, semua tergantung pada pemain untuk mengembalikan peternakan kakeknya ke kondisi yang sebaik mungkin, dimana tiap tahunnya akan dievaluasi dan setelah 3 tahun , arwah dari kakek pemain akan berkunjung untuk memberikan evaluasi akhir atas apa yang telah dilakukan pemain selama 3 tahun ,  penilaian bukan hanya dari kondisi peternakan, namun juga kondisi di sekitar peternakan pemain seperti kondisi sosial, keaktifan menlengkapi bundel komunitas, dan lain sebagainya. Apabila menurut arwah kakeknya kondisinya bagus, maka pemain diperbolehkan untuk melanjutkan peternakannya sesuka hatinnya, namun apabila kondisinya tidak sesuai yang diharapkan arwah dari kakeknya, maka arwah kakek pemain akan merasa kecewa dan game akan menjadi “Game Over” secara tidak langsung. Jadi inti dari 3 tahun pertama adalah mengembalikan kondisi peternakan ke masa kejayaannya dan berinteraksi dengan sekitar Stardew Valley.
Kondisi Awal Lahan Peternakan 



Alasan Mengapa Game Ini Terbaik
Beberapa alasan mengapa game Stardew Valley menarik menurut saya diantaranya adalah:
1.    Jalan cerita/ Storyline yang menarik
Game Stardew Valley memiliki cerita yang menarik meskipun dengan grafik yag sederhana. Sekilas game ini mengingatkan kita dengan game Harvest Moon, namun ternyata game ini lebih dari sekedar bercocok tanam dan mengembangkan peternakan saja. Banyak aspek yang bisa dilakukan seperti melakukan quest dari penduduk , bertarung melawan monster, dan lain sebagainya. Game ini memiliki intro cerita yang kuat dan sangat menyentuh membuat pemain benar-benar masuk ke dalam cerita tersebut dan rasanya ingin benar-benar mendedikasikan diri untuk mengembalikan peternakan tua menjadi peternakan ideal sesuai dengan keinginan kita. Selain jalan cerita utama, apabila kita menjelajah penduduk Stardew Valley kita akan menjumpai bahwa tiap karakter memiliki latar belakang serta mini-storyline sendiri. Hal itu membuat game ini sangat menarik untuk dieksplor dari sisi storyline.

Salah satu story dari penduduk di Stardew Valley



2.    Kebebasan Bereksplorasi dalam Bermain
Game Stardew Valley  memiliki beberapa aspek dari game RPG saah satunya adalah kebebasan untuk menentukan cara bermain kita. Pada awal permainan kita dibebaskan untuk membuat dan mengkostumisasi karakter  kita. Selain itu kita juga dibebaskan untuk menentukan template dari lahan peternakan kita sebelum memulai game. Template tersebut menentukan apa lahan kita akan lebih banyak lahan pertaniannya, lebih banyak kolamnya, atau lebih banyak lahan mineralnya. Hal itu akan mempengaruhi gaya bermain kita nanti. Kita juga bebas memodifikasi nama dari hewan ternak kita , membuat kita merasa semakin “dekat” dengan hewan-hewan ternak atau peliharaan kita. Kita juga bebas memodifikasi lahan di peternakan maupun di luar Stardew Valley. Kita juga bebas mengisi lahan kita dengan apapun yang kita buat, apakah itu akan diisi oleh tanaman, atau mesin-mesin penghasil kerajinan dan lain-lain. Kita juga dapat berburu monster di tambang dengan tingkat kesulitan yang bertambah semakin kita turun ke lantai berikutnya. Terdapat banyak rahasia dalam game yang bisa dieksplorasi yang bisa membuat kita merasakan sense of reward ketika menemukannya. Banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti memancing, memasak, menikah, mengikuti perlombaan, dan lain sebagainya yang akan menambah jam terbang kita dalam memainkan game ini.




Sebagian dari banyak aktivitas yang bisa dilakukan di StardewValley




3.    Selalu Update dan Komunitas yang Aktif

Game Stardew Valley dikembangkan oleh ConcernedApes Studio dan hingga saat ini masih terus mengupdate dan mengembangkan gamenya menjadi lebih baik. Banyak fitur yang ditambahkan sejak game ini pertama kali dirilis, salah satunya adalah fitur multiplayer yang terkenal. Mode multiplayer membuat pemain bisa membangun peternakan bersama dengan pemain lainnya. Mode multiplayer juga meningkatkan aspek sosial pada game karena yang pada awalnya mengembangkan peternakan sendiri sekarang menjadi lebih seru dengan multiplayer sampai dengan 4 orang per peternakannya.
Multiplayer mode, membangun peternakan bersama


          Komunitas Stardew Valley juga semakin berkembang seiring waktu berjalan. Dengan elemen game dan aspek-aspek yang tidak sedikit membuat komunitas game ini mengembangkan sebuah wiki atau panduan terkait elemen dan aspek pada game Stardew Valley yang memudahkan pemain bermain dengan lebih efisien. Developer game Stardew Valley juga memiliki media sosial untuk berkomunikasi dengan para penggemar/pemain serta memberikan info tentang update-update terkini terkait game buatannya.
Website Wiki resmi dari Stardew Valley

Halaman Twitter dari ConcernedApe, developer dari Stardew Valley



4.    Aksesibilitas yang mudah dan Portable
Aksesibilitas disini adalah game ini sangat mudah diakses karena telah tersedia untuk berbagai platform game seperti PS4, Xbox One, Wii U, PC , serta platform portable seperti Nintendo Switch, PSVita, iOS ,dan Android. Game ini juga tidak memerlukan perangkat yang kuat karena dari spesifikasi tidak berat. Game ini juga tidak memerlukan penyimpanan  yang besar di perangkat kita, tidak sampai 1 GB kita sudah dapat  memainkan game ini.
Spesifikasi minimum Stardew Valley untuk PC

Platform yang didukung Stardew Valley


Meskipun dengan ukuran yang sederhana, game Stardew Valley  sudah dapat memberikan pengalaman bermain yang sangat baik dari berbagai aspek. Game Stardew Valley  juga pernah memenangkan Breakthrough Award  pada  Golden Joystick Awards dan pada NAVGTR Awards untuk kategori game simulasi, serta dinominasikan dalam banyak kategori pada tahun 2016. Hal ini membuktikan bahwa game yang bagus tidak harus berupa game dengan grafis fantastis ber-budget jutaan dollar.

Faktor FUN dari Game Ini
1.    Achiever
·        Terdapat target 3 tahun untuk memperbaiki peternakan sebelum akhirnya di evaluasi di akhir tahun ketiga
·        Sistem level up dengan hadiah yang berbeda-beda dan menarik
·        Fitur Achievements
·        Terdapat Main Quest dan Side quest dari penduduk sekitar
·        Terdapat Community bundle yang bias dilengkapi untuk mendapat hadiah menarik
·        Sistem character progression dimana skill tertentu kita akan meningkat semakin sering skill tersebut digunakan.
·        Sistem kualitas hasil panen dan hasil ternak yang akan semakin mahal semakin tinggi kualitas barangnya.
·        Peralatan yang dapat diupgrade atau dibeli dalam game untuk memudahkan bermain game.

2.    Explorer
·        Terdapat system crafting untuk membuat berbagai macam alat atau barang yang akan membantu di peternakan
·        Terdapat Easter Egg yang muncul pada saat tertentu atau di tempat tertentu
·        Terdapat banyak tanaman untuk ditanam dan dicoba dengan harga jual yang berbeda-beda
·        Terdapat tambang dengan system dungeon yang menyimpan berbagai rahasia dan hadiah semakin dalam kita menjelajahinya
·        Story dari berbagai karakter di stardew valley yang menarik untuk disimak
·        Tanaman/buah-buahan liar yang dapat dikumpulkan di sekitar Stardew Valley yang berbeda jenis tiap musimnya
·        Banyak hal yang bias dikoleksi seperti resep masakan, furniture unik, pakaian , dan lain sebagainya yang bisa didapat dengan cara yang berbeda-beda
·        Peta yang cukup luas
·        Terdapat event-event tertentu yang menarik pada tanggal terentu di game
·        Sistem kustomisasi karakter
·        System pemilihan layout peternakan pada awal game
·        System pemilihan skill ketika level up
3.    Socializer
·        Fitur Multiplayer yang membuat kita dapat berinteraksi dengan teman dan membangun peternakan bersama
4.    Killer
·        Terdapat monster yang dapat dibantai untuk mendapatkan XP dan material yang bisa digunakan ataupun dijual
·        Terdapat event lomba dalam game dimana kita harus mengalahkan semua peserta yang lain untuk bisa menang
Trailer


Gameplay Video


NRP: 07211440000014
Nama: Muhammad Ilmawan Riandoko


Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger