CYTUS II

Kamis, 24 Oktober 2019



CYTUS II


Klasifikasi

genre
Rhythm game

theme
Science-Fiction, Fantasy, Futuristic, Drama

rating
Teen

Deskripsi

Cytus II merupakan rhythm game yang di develop oleh Rayark Inc.. Game ini merupakan sekuel dari game rhythm pertama Rayark yaitu Cytus. Game ini pertama kali diumumkan pada Rayark Con 2015, namun trailer lengkapnya baru dirilis dua tahun kemudian pada Rayark Con 2017.

Saat ini game Cytus II memiliki 218 lagu, dengan masing-masing lagu memiliki tiga tingkat kesulitan. Cytus II dirilis untuk iOS pada 18 Januari 2018 dan untuk Android pada 7 Maret 2018.

Story (Sinopsis)

Di masa depan, manusia telah menyempurnakan perkembangan dan koneksi internet. Kita dapat dengan mudah mensinkronisasi dunia nyata dan dunia internet, mengubah sistem kehidupan yang kita ketahui untuk ribuan tahun lamanya.

Pada mega virtual space di internet disebut cyTus, terdapat seorang DJ misterius yang legendaris bernama Æsir. Musik Æsir memiliki daya tarik tersendiri yang membuat orang dapat dengan mudah jatuh cinta pada musiknya. Rumornya, pada setiap note musik yang dihasilkan oleh Æsir memiliki kedalaman jiwa dan menampar audiens dengan keindahan.

Suatu hari, Æsir, yang belum pernah menunjukkan wajahnya sebelumnya, tiba-tiba mengumumkan bahwa dia menyelenggarakan mega virtual concert yang pertama kali, bernama Æsir-FEST dan akan mengundang penyanyi idol top serta DJ-DJ populer sebagai penampilan pembuka. Seperti yang diduga, tiket yang dijual segera ludes hanya dalam waktu sekejap. Semua orang menginginkan untuk melihat wajah asli Æsir.

Di hari Æsir-FEST diadakan, jutaan orang terhubung dengan event tersebut. Di akhir acara, mereka tidak sabar untuk melihat debut wajah asli sang legenda. Namun, Æsir tidak pernah muncul….

Cara dan Aturan Main


Untuk bermain Cytus II, gameplay utama tentunya saat memainkan musik. Subjek utama dalam bermain adalah notes yg direpresentasikan sebagai bubbles. Notes aktif akan muncul mengikuti scan line sistem sesuai dengan beats dari lagu dan pemain harus memasukkan input yg sesuai dengan notes yg diberikan.

Terdapat empat jenis input di game ini; menekan, menahan, drag, dan swipe. 

Lagu-lagu yang tersedia punya banyak genre; mulai dari pop hingga hard bass electronic. Tersedia tiga level kesulitan yang bisa kamu mainkan; easy, hard, dan chaos.

Objektif yang harus diraih dalam setiap lagu adalah scoring dan TP. Scoring dalam Cytus II bernilai maksimum 1000000 dan score minimum 0. Sedangkan TP adalah indikasi setepat apa pemain menekan notes. Berikut ini adalah tabel nilai score dan TP:


Review

Cytus merupakan satu dari sekian banyak game rhythm yang rilis di internet. Sebagai penikmat game rhythm yang telah mencoba berbagai karya, menurut saya, cytus memiliki perbedaan signifikan dari game rhythm lainnya karena game ini memiliki sangat banyak aspek yang bisa dinikmati selain musik dan gameplay-nya. Beberapa hal yang membedakan cytus dengan game rhythm lain adalah dari aspek alur cerita, ilustrasi, dan sistem bermain. 

Cytus II merupakan sekuel game Cytus dengan cerita yang merupakan kelanjutan dari cerita yang ada di game Cytus. Theme scheme dari Cytus II adalah futuristik dan neon. Dimana mulai dari ilustrasi, tampilan permainan, dan musiknya juga memiliki kesan futuristik di dalamnya.

Tak hanya itu, cerita yang disajikan oleh Cytus II juga sangat menarik dan membuat penasaran. Hal ini dikarenakan, alur cerita pada game ini diceritakan sepotong-sepotong seperti puzzle yang harus disusun oleh para pemain. Alur cerita bisa didapatkan dari potongan percakapan antar karakter, potongan klip, status-status karakter di iM (media sosial khusus), dan potongan-potongan cerita lainnya. Potongan- potongan cerita ini muncul setiap pemain berhasil menaikkan level pada sebuah karakter (bersistem seperti EXP). Semakin besar skor, semakin besar pula EXP yang didapatkan untuk menaikkan level karakter dan membuka potongan cerita baru.

Dari sisi ilustrasi dan animasi, game ini memiliki style yang mirip dengan game PS4 yaitu Persona 5. Meski demikian, ilustrasi pada game ini memiliki kualitas yang tinggi dengan banyak karakter yang berkontribusi di dalam cerita utamanya. Karakter-karakter dalam game ini dibagi menjadi dua, yaitu karakter utama dan karakter DLC, dimana cerita dari karakter DLC mendukung cerita utama, namun tanpa karakter DLC, cerita utama juga masih dapat tetap dinikmati.

Genre lagu dan musik yang disajikan oleh game inipun beragam. Setiap karakter memiliki karakteristik musik yang berbeda-beda. Mulai dari Pop, Dubstep, Jazz, Rock, dan lain-lain sebagainya. Composer-composer yang dipilih pun juga merupakan komposer indie berkualitas, sehingga menambah exposure dari para pemusik yang masih belum dikenal.

Player Personality

  • Achiever : Karena pemain dapat mendapatkan fun experience dari resolusi game tinggi, serta karya ilustrasi dan musik yang berkualitas.
  • Explorer : selain bermain dengan permainan utama, mereka memiliki cerita dengan sistem unlock dimana pemain harus melalui level tertentu untuk mendapatkan baik potongan cerita utama maupun cerita sampingan
  • Socializer : game ini memiliki leaderboards dan sistem highscore untuk scoring utama dan TP, pemain dapat membagikan screenshot high score di social media

Tampilan


Opening screen

Character menu

Chosen character menu

Songs menu

Gameplay 

Score screen

Virtual CYTUS social media menu

Inside the statuses

Additional story screen from DLC character

Black Market menu

Video Trailer


Gameplay Demo







Melati Salma
08311540000006

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger