Stardew Valley

Sabtu, 12 Oktober 2019

 Review Game Stardew Valley

·         Title: Stardew Valley
·         Publisher: Chucklefish
·         Developer: ConcernedApe
·         Genre: Simulation, Role-Playing Game
·         Theme: Fantasy, Countryside
·         Modes: Single-Player, Multiplayer
·         Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4, Wii U, Nintendo Switch, PlayStation Vita, iOS, Android
·         Release Date: 26 February, 2016
·         Rating: EVERYONE 10+
·         Site: Official Site, Steam, GooglePlay, AppStore

Deskripsi & Gameplay
Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang mirip dengan Harvest Moon dan Rune Factory. Jika dilihat sekilas dari jalan cerita dan gameplay-nya, Stardew Valley terlihat sangat mirip dengan Harvest Moon yang ditambahkan unsur bertarung dengan monster yang ada pada Rune Factory. Meskipun Stardew Valley hanya merupakan 2D – Pixel Graphic Games, tetapi alunan musik dan sprite yang digunakan sangatlah detail sehingga dapat membuat pemainnya betah berlama-lama dalam game.
Gameplay dari Stardew Valley cukup sederhana, player hanya perlu memperbaiki dan mendekorasi sawahnya sebaik mungkin serta menjalin hubungan yang baik dengan seluruh penduduk Pelican Town. Player dapat menanam tanaman/ pohon kemudian memanen hasilnya yang kemudian dapat dijual untuk mendapat uang. Player juga dapat membangun peternakan, kemudian memelihara hewan-hewan ternak untuk dijual hasil ternaknya. Player dapat pergi bertarung melawan monster di pertambangan, untuk mendapatkan material-material untuk upgrade perlengkapan. Selain itu Player juga dapat melakukan crafting untuk membuat benda-benda yang berguna. Keseluruha aktifitas dari Player dibatasi oleh energy/ stamina yang dapat ditingkatkan kapasitasnya dengan mengkonsumsi item tertentu. 

Alasan Game Terbaik
       Beberapa kelebihan dari Stardew Valley yang membuat saya menyukainya adalah :
1.       Jalan Cerita yang mirip dengan Harvest Moon
Ketika kita memulai game baru pada Stardew Valley, kita akan disuguhkan cerita mengenai karakter utama yang diberi warisan oleh kakeknya berupa sawah yang berada di kota bernama Pelican Town yang berada di Stardew Valley. Sawah warisan tersebut sangatlah tidak terawat, sehingga kita diminta untuk membuat sawah tersebut kembali hidup seperti saat kakeknya masih merawatnya. Selain itu kita juga dapat bersosialisasi dengan para penduduk Stardew Valley serta dapat menikah & memiliki anak persis seperti Harvest Moon.


2.       Kebebasan dalam bermain
Stardew Valley memiliki kebebasan yang cukup luas dibandingkan dengan Harvest Moon. Kita dapat menentukan sendiri bagaimana gender & penampilan dari karakter utama. Kita dapat mengkustomisasi mulai dari rambut hingga sepatu dari karakter utama sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, kita juga bebas dalam menentukan bangunan apa saja yang akan kita bangun serta letak dari bangunan tersebut pada sawah kita. Kita juga dapat mengatur sendiri dekorasi dari rumah kita. Bahkan kita juga dapat meletakkan barang-barang tertentu diluar sawah seperti dirumah penduduk atau jalanan yang ada pada kota. Kita juga dapat bercerai dengan pasangan yang telah dinikahi menghapus keberadaan anak-anak hasil dari pernikahan, bergonta-ganti pasangan, bahkan kita juga dapat menikahi lagi pasangan yang telah diceraikan. Kita juga dapat memilih sendiri profesi-profesi khusus dari setiap skill yang dimiliki oleh player.


3.       Rare Events & Secrets dalam game
Stardew Valley memiliki banyak sekali event-event yang langka, seperti meteor yang tiba-tiba jatuh pada sawah, pohon yang terbakar oleh petir, penyihir yang terbang melewati sawah, ayam yang berwarna hitam/ biru, percakapan langka dari penduduk, dan masih banyak lagi. Selain Stardew Valley memiliki banyak rahasia-rahasia yang ada didalam game, seperti item-item rahasia, telur dinosaurus yang ternyata dapat ditetaskan di dalam kandang ayam, cara meningkatkan kualitas item, ikan-ikan legendaris yang hanya dapat ditangkap pada saat-saat tertentu, dan masih banyak lagi.

4.       Fitur Multiplayer hingga 4 Player dalam 1 Farm
Fitur Multiplayer memungkinkan kita bermain bersama dengan orang lain pada farm yang sama. Dengan membangun rumah baru di sawah, kita dapat mengundang orang lain untuk bermain bersama kita. Dengan bermain bersama orang lain, kita dapat berprogress lebih cepat dan permainan dapat menjadi lebih menyenangkan karena adanya orang-orang yang dapat memberikan pengalaman baru yang hanya bisa dicapai melalui fitur multiplayer.

5.       Komunitas yang Aktif
Stardew Valley memiliki komunitas yang cukup besar dan aktif. Komunitas ini selalu membahas mengenai tips & trik dalam bermain Stardew Valley, Rahasia-rahasia yang belum terungkap, teori-teori mengenai game, dan masih banyak lagi. Selain itu, komunitas ini juga aktif mengembangkan mod-mod yang dapat digunakan dalam game. Mod yang dibuat tidak hanya mengganti sprite/ tampilan dari game saja, tetapi juga terdapat mod yang dapat memudahkan player dalam memainkan game, mod yang dapat mengubah/menambah story/character penduduk dalam game, dan juga mod yang benar-benar mengubah gameplay dari Stardew Valley itu sendiri. Dengan adanya mod-mod tersebut player tidak akan mudah bosan karena hampir selalu ada hal baru yang dapat dicoba dalam game.

6.       Developer yang masih aktif mengembangkan game
ConcernedApe yang merupakan developer dari Stardew Valley, masih aktif mengembangkan game tersebut hingga sekarang. Melalui akun sosial medianya, ConcernedApe sering kali memberikan sneak peek mengenai upcoming update yang sedang dikerjakan. Dengan demikian player akan terus merasa penasaran dan tetap ingin menunggu dan memainkan Stardew Valley sampai update terbaru nya muncul.



Fun Factor
1.       Achiever
  • Memiliki berbagai macam achievment
  • Memiliki main quest
  • Terdapat evaluasi dari permainan tentang seberapa baik pemain memainkan Stardew Valley yang dapat dilihat melalui seberapa banyak lilin yang menyala pada kuil
  • Friendship heart tiap NPC yang dapat ditingkatkan sampai 13 heart 
  • Audio yang menenangkan
  • 2D pixel graphic yang lucu
2.       Explorer
  • Mengkoleksi resep-resep masak
  • Mengkoleksi resep-resep crafting
  • Berbagai macam kustomisasi karakter
  • Variasi skill-skill yang dapat dipilih
  • 4 Layout dari farm yang berbeda
  • 4 jenis senjata yang digunakan untuk melawan monster
  • Mengkoleksi artifact dalam museum
  • Mengkoleksi semua jenis ikan yang dapat dipancing
  • Banyak rare & secret event yang dapat dieksploarsi
  • Memiliki berbagai macam side quest
  • 12 macam NPC yang dapat dinikahi
  • Berbagai macam dialog berbeda tiap NPC berdasarkan friendship heart
  • Heart event dari tiap NPC yang dapat dilihat pada saat-saat tertentu
  • Memilih hewan apa yang akan dipelihara
  • Kebebasan dalam menata bangunan, peletakan barang, dan dekorasi interior rumah
3.       Socializer
  • Multiplayer mode
4.       Killer
  • Menembak penduduk dengan slingshot
  • Menghalangi pathway penduduk
  • Memerangkap monster dengan bom
  • Menjahili pemain lain (multiplayer mode)
  • Menjebak atau bahkan membunuh player lain dalam permainan
    (multiplayer mode)
Tralier
Gameplay


NRP     : 05211640000113
Nama   : Ahmad Naufal R.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger