FIFA 19

Kamis, 17 Oktober 2019




      Deskripsi

Didukung oleh Frostbite ™, EA SPORTS ™ FIFA 19 menghadirkan pengalaman kaliber juara di dalam dan di luar lapangan. Dipimpin oleh Liga Champions UEFA yang bergengsi, FIFA 19 menawarkan fitur gameplay yang disempurnakan yang memungkinkan Anda untuk mengontrol pitch di setiap momen. Ada cara baru dan tak tertandingi untuk bermain, termasuk penutup dramatis untuk kisah Alex Hunter di The Journey: Champions, mode baru di FIFA Ultimate Team ™ yang selalu populer, dan banyak lagi. Champions Bangkit di FIFA 19.

      
      Story
-          Career Mode
o   Manager
Simulasi layaknya menjadi manajer professional yang menangani klub sepakbola. Kita dapat memilih klub mana saja yang ingin dimainkan. Pada mode ini kita akan berfokus bagaimana membangun klub sepakbola agar menjadi klub yang tangguh.
o   Player
Simulasi layaknya menjadi pemain sepakbola proffesional dimana kita dapat memilih menjadi pemain pemula atau menjadi pemain proffesional yang tersedia dalam game.

-          The Journey
Mode permainan yang membedakan FIFA dengan kompetitornya, PES. Mode ini kita akan memainkan karakter bernama Alex Hunter yang bercita-cita menjadi pemain sepakbola terkenal. Mode yang sudah ada sejak FIFA 17 ini memasuki tahap akhir dari jalan cerita The Journey. Jika di FIFA17 Alex Hunter masih menjadi pesepakbola amatir, di FIFA19 kali ini dia akan bermain di UEFA Champions League.

        Aturan Main
-          Career Mode
Ini merupakan mode yang sering saya mainkan karena dalam Career Mode, kita bisa menjadi manajer atau pemain sepakbola dan kita akan membahas bagian manajer. Jika menjadi manajer, kita akan memilih pengaturan-pengaturan seperti tingkat kesulitan, mata uang untuk transfer pemain, bermain di kompetisi UEFA atau tidak (jika memilih klub Eropa), dan update pemain terbaru jika melakukan update dalam game. Setelah itu kita memilih klub mana yang ingin dimainkan. 
Terdapat juga informasi mengenai klub tersebut seperti kondisi keuangan, kapasitas stadion, dan target yang ingin dicapai klub tersebut. Setiap klub memiliki jumlah uang yang berbeda-beda untuk melakukan transfer dan gaji pemain. Jika uang klub kita sampai minus, maka kita tidak bisa melakukan transfer dan menggaji pemain yang berdampak pada pemain bisa pergi dari klub jika kontraknya habis. Kita bebas mengelola sendiri keluar-masuknya pemain seperti mengurus gaji, durasi kontrak, peran pemain dalam klub, dan biaya tambahan lain.
 

-          The Journey
Untuk mode ini kita memainkan karakter Alex Hunter. Layaknya sebuah film, mode ini memiliki alur cerita. Namun alur dari cerita ini tidak serta merta mudah ditebak. Bagaimana alur cerita ini tergantung dari kita sendiri. Mulai dari sikap saat berbicara, performa di lapangan hingga pemilihan jalan karir klub yang dipilih. Di sini kita juga menjalankan karakter lain seperti Danny dan saudara wanita Alex Hunter yang saya lupa namanya. Ketiga karakter tersebut bisa saja berbeda nasib karir sepakbolanya tergantung dari bagaimana kita memilih bersikap dalam kondisi tertentu. Karakter ketiga karakter tersebut tergantung dari kita sendiri. Layaknya mengambil pilihan dalam kehidupan, kita tidak bisa melakukan undo agar mengubah nasib dari karakter dalam mode The Journey. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih.

 
         
      Klasifikasi: genre, tema, rating
Genre              : Action
Tema               : Olahraga
Rating  ESRB : Everyone

      Kenapa ini terbaik
Bagi penggemar game ber-genre sport khususnya sepakbola, tidak ada yang tidak tahu game FIFA yang diproduksi oleh EA Sports. Walaupun tidak memiliki basis penggemar sebesar Pro Evolution Soccer (PES) yang diproduksi Konami, FIFA tetap memiliki keunggulan tersendiri yang sulit dimiliki oleh Pro Evolution Soccer sejak lama. Sembari menunggu rilis FIFA20, mari kita ulas game FIFA19 dimana membawa sejumlah fitur baru dari FIFA18.
-          Lisensi
Inilah yang membuat FIFA selalu lebih unggul daripada kompetitornya, PES. Game FIFA selalu menawarkan lisensi yang sangat lengkap. Mulai dari lisensi klub, kompetisi, jersey club, hingga pemain. Di FIFA19, terdapat penambahan lisensi baru yang bisa dibilang fitur kunci di rilis kali ini yaitu lisensi kompetisi UEFA seperti UEFA Champions League, UEFA Europa League, dan UEFA Super Cup. Dari lisensi tersebut pengguna dapat memainkan mode kompetisi tersebut layaknya kompetisi UEFA melalui game. FIFA19 juga masih menawarkan lisensi untuk sepakbola wanita agar pengguna dapat memainkan mode permainan sepakbola wanita.

-          Gameplay
Harus diakui kalau di sisi ini, FIFA19 masih kalah dibandingkan PES2019 yang terlihat lebih menyenangkan. Sebagai contohnya ketika kita melakukan umpan lambung di PES2019, akan lebih mudah akurat kepada pemain yang dituju. Sedangkan pada FIFA2019 lebih susah karena gameplay yang ditawarkan berbeda. FIFA2019 lebih berfokus pada  mengarahkan pemain pada posisi yang lebih teratur. Namun kembali lagi ke selera masing-masing orang, yaitu lebih menyukai permainan sepakbola yang lebih mudah atau permainan yang realistis mendekati aslinya.




-          Mode Permainan
Sejak di FIFA17, EA menghadirkan mode permainan The Journey dimana menceritakan perjalanan karir sepakbola Alex Hunter. Di mode permainan tersebut kita akan memainkan karakter tersebut untuk menggapai impiannya menjadi pemain sepakbola profesional. Yang menarik dari mode ini, setiap pilihan percakapan yang kita pilih dapat mempengaruhi karakter di The Journey. Begitu pun dengan pilihan karir atau dalam hal ini pemilihan klub. Jika performa permainan kita jelek, maka akan berpengaruh pada jalan cerita. Di FIFA19 menawarkan beberapa mode permainan lain seperti Career Mode dan mode permainan lainnya seperti jika tim kita mencetak gol, maka pemain kita akan berkurang atau melakukan pengaturan pertandingan jika hanya bisa mencetak gol hanya melalui kepala.



Jika kita menarik kesimpulan, FIFA19 bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan PES2019 dan membawa membawa beberapa pembaruan dibandingkan FIFA18 khususnya adanya lisensi UEFA Champions League, UEFA Europa League, dan UEFA Super Cup. Namun masih ada beberapa fitur yang harus dibenahi untuk FIFA20 seperti mode permainan Career Mode yang tidak membawa perubahan dari FIFA18 serta perbaikan bug seperti jadwal yang agak berantakan di Career Mode.  Menarik kita tunggu seperti apa di FIFA20 nanti yang akan membawa beberapa fitur baru seperti sepakbola jalanan, pembaruan Career Mode, The Journey dan hilangnya lisensi tim Juventus yang dikabarkan menyebabkan saham EA Sports menurun dan membuat penggemar FIFA kecewa.
7.       
    Fun Factor

-          Achiever
Pemain mencari kepuasan dalam bermain game sesuai yang ia inginkan. Di game FIFA19 kita dapat dengan mudah menemui hal ini seperti kita menyusun pemain apa saja agar tim kita di mode Career Mode dapat meraih kemenangan atau bahkan trofi. Begitu juga dalam mode The Journey, kita ingin si karakter Alex Hunter ini menjadi pemain sepakbola profesional terkenal.
-          Eksplorer
Faktor ini dapat kita temukan dalam mode The Journey. Kita dapat mencoba-coba ingin menjadi apa sifat dari karakter dalam mode The Journey ini melalui pemilihan ketika berkomunikasi dengan karakter lain.


Video Trailer





 Video Demo



Link Pembelian
https://www.origin.com/sgp/en-us/store/fifa/fifa-19

Nama : Muhammad Reza Pahlawan
NRP   : 0521164000080

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger