Mobile Legends : Bang Bang

Kamis, 17 Oktober 2019



Review Game
Mobile Legends : Bang Bang 
Publisher : Moontoon
Developer : Moontoon
Engine : Unity
Genre : Action, MOBA, RPG, Strategy
Themes : Fantasy, War
Platform(s) : iOS, Android
Release Date : 11 July 2016
Rating : 4,1/5 on Android; 4,5/5 on iOS 

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah permainan MOBA yang mirip dengan Defense of the Ancient 1 or 2, League of Legends dan Vainglory tetapi dirancang sedemikian rupa untuk smartphone. Di mainkan pada smartphone? Mungkin sebagian orang lebih suka dan nyaman ketika memainkan MOBA pada PC daripada memainkannya pada smartphone. Dilihat dari sisi manapun tentunya game smartphone memiliki beberapa keterbatasan akan tetapi disisi lain juga memiliki kelebihan dibandingkan game PC. Kok bisa? Game PC tentunya memerlukan alat permainan yang disebut komputer/laptop dan terbilang memerlukan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan spesifikasi yang dibutuhkan game PC seperti Dota, LoL, dan VG. Oleh karena itu, MLBB hadir memberikan pengalaman bermain seperti memainkan MOBA PC hanya dengan spesifikasi minimum smartphone RAM 2GB, Processor Dual Core, Internal Storage 8 GB, dan mendukung jaringan 4G. Yah, kalau spek seperti itu mungkin kurang bisa menikmati game MLBB itu sendiri akan tetapi jika di compare dengan game PC dalam hal budget, it’s okay and worth it. 
Berikut adalah tampilan awal sebelum memulai pertandingan :
Sekilas tampilan yang diberikan cukup menarik apalagi kalau sudah berganti ke versi 2.0 rasanya terlihat lebih wow. Versi tersebut sekarang dapat di nikmati dengan mengunduh engine yang disediakan oleh Unity tanpa perlu menghapus data dan download ulang lagi. 
Pada gambar ini banyak pilihan mode permainan yang dapat dipilih dan dimainkan :
Tampilan sebelum memasuki pertandingan
Ketika memasuki pertandingan Ranked, kita dapat mengetahui Rank teman se tim kita hanya dengan melihat border tiap hero.
Berikut adalah tampilan Jungle Creeps yang ada di game :
Aturan Main
Untuk aturan mainnya sendiri mudah asalkan kita dapat menghancurkan base lawan dan tetap mempertahankan base kita maka dipastikan kita memenangkan pertandingan. Untuk dapat sampai ke base lawan terdapat 3 jalur yaitu "top", "middle" dan "bottom” jalur-jalur inilah yang menghubungkan base kita dengan base lawan. Di masing-masing tim, ada lima pemain yang masing-masing pemain mengendalikan avatar, yang dikenal sebagai "hero", dari smartphone mereka sendiri. Adapun karakter yang dikontrol otomatis oleh sistem yang tergolong lemah disebut "minions", yang memulai perjalanan di basis tim dan mengikuti tiga jalur ke basis tim lawan dan karakter yang tergolong menengah seperti Creeps.
ketika berhasil menghancrukan base lawan
Genre dan Tema
Genre yang membuat permainan ini menarik adalah MOBA, RPG, dan Strategy. Model permainan yang tercipta dari genre-genre tersebut menciptakan berbagai situasi yang menarik ketika memainkan game ini. Ketika memainkan game ini kita harus mengupgrade emblem, memilih peran yang akan dimainkan, menyusun strategy yang tepat, mengatur timing dan pola permainan, dan masih banyak hal lainnya. Tema yang di usung yaitu fantasy dan war, dari tema tersebut dapat menciptakan suasana yang dapat di imajinasikan atau suatu khayalan maupun menciptakan suasan ketika berperang melawan monster. 

Fitur yang disajikan
Mempersiapkan item yang ingin digunakan sebelum memulai pertandingan agar tidak perlu repot-report ketika mengalami musuh yang berbeda.
Pengetahuan tentang detail item untuk setiap tipe serangan yang digunakan atau peralatan yang digunakan ketika bertanding. Fitur ini memberikan kemudahan bagi para pemula agar mengetahui dasar dari penggunaan item and equipment.
Fitur emoji untuk mengekspresikan sesuatu ketika menghadapi suatu moment.
Fitur Quick Chat ini memudahkan bagi para pemain untuk mengkoordinasikan apa yang harus dilakukan jika pemain lain tidak menggunakan fitur voice chat.
Fitur Reposisi Skill ini cukup berguna untuk memudahkan tangan pengguna ketika menggunakan skill.
Fitur selanjutnya yang sudah banyak pada banyak permainan yaitu Backpack, yang sudah pasti untuk menyimpan item-item yang diperoleh :)
Fitur Mail ini memberikan informasi berupa patch update, laporan perilaku buruk, survei hero dan tempat menerima hadiah dari server.
Fitur pengaturan ini berisi dasar, yang digunakan untuk mengatur kualitas gambar yang akan ditampilkan juga mengatur HFR. Selanjutnya control, seperti lock hero, penargetan attack dan pengaturan kecepatan internet.

Alasan menjadi Game Terbaik
Game ini memberikan saya pengalaman bermain seperti ketika bermain Dota 1 dan 2 yang pernah saya mainkan, walaupun tidak semua strategi dapat saya praktekan dalam game ini. Dan tentunya yang membuat saya terus bermain game ini yaitu HERO yang tersedia, tidak seperti Dota yang karakternya sudah ada dari awal dan saya tidak harus membelinya untuk memilikinya membuat saya bosan, rasa perjuangan yang saya rasakan ketika memperoleh sesuatu. Untuk event dan hadiah lainnya bagi saya itu hal wajar sebagai bentuk kompensasi selama memainkan game MLBB itu sendiri.

Fun Factor
Achiever
Sebagai pemain yang memiliki sifat achiever, game ini mengatur setiap kemampuan seseorang berdasarkan Rank, mulai dari Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic, dan Mythical Glory yang baru-baru ini dibuatkan divisi khusus. Ada juga rank tiap hero berdasarkan wilayah mulai dari kecamatan, kota, provinsi dan seluruh Indonesia. Dan tentu saja achievement berdasarkan Kill, MVP dan lain-lain memicu saya untuk mendapatkan achievement itu.
Explorer
Dalam waktu 1 bulan atau kurang game ini selalu mengeluarkan hero baru yang dimana patut untuk dicoba dan hero tersebut sebenarnya sudah di rilis di advance server. Di server tersebut kita boleh bermain menggunakan hero baru tersebut tanpa harus membelinya dulu sehingga tanpa membeli dahulu saya dapat mencobanya agar dapat menemukan berbagai kelebihan dan kekurangan maupun bug pada hero tersebut.
Killer
Sebagai seorang achiever tentunya saya juga memiliki sifat ini, pencapaian atas K/D/A dalam satu pertandingan membuat rasa puas tersendiri terlebih ketika membunuh 4 sampai 5 hero lawan sekaligus untuk mendapatkan Maniac atau Savage seperti yang sudah sering saya dapatkan di Dota 2.

NAMA : Samuel Allessandri Mahesa Chryssallie Wijaya
NRP    : 09111540000081
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger