Defend of the Ancient 2

Kamis, 17 Oktober 2019

DOTA 2




          Dota adalah salah satu permainan yang mempertemukan 2 tim berisikan 5 anggota untuk saling menghancurkan  Ancient. Permainan ini mengutamakan kerja tim dan kemampuan pemain untuk beradaptasi dengan kondisi apapun. Setiap kali permainan dimulai, setiap pemain harus memilih hero mereka masing masing. Dimana setiap hero yang mereka pilih mempunyai skill dan cara bermain yang unik. Selain itu juga terdapat item  yang sangat bervariasi sehingga setiap permainan berbeda dengan lainnya. Peta dari permainan ini juga besar, pemain dapat mengembangkan cara bermain dan  strategi masing masing untuk memenangkan pertandingan.

Aturan Main

              Setiap hero mempunyai skill yang unik dan bervariasi. Setiap skill mempunyai efek dan waktu nonaktif yang bervariasi. Karena itulah terkadang dalam 1 permainan terdapat beberapa peran. Peran pertama yaitu support, peran ini sering kali dianggap remeh dan jarang digemari oleh para pemain karena susah untuk memenangkan pertandingan jika timnya tidak jago. Peran ini sangatlah penting, karena mempunyai focus untuk membantu hero lain saat pertandingan. Dalam sebuah perang, peran ini sering dijadikan target utama karena lemah dan menjengkelkan jika tidak dibunuh terlebi dahulu. Peran kedua yaitu tanker, hero yang digunakan untuk menjalankan peran ini adalah hero yang mempunyai banyak darah. Peran ini berusaha untuk mengalihkan perhatian lawan agar timnya tidak terkena serangan. Banyak skill dari hero tanker yang membuat lawan berganti target, membuat lawan pusing, dan memelankan jalan lawan. Peran yang terakhir adalah damage dealer, peran ini sangat digemari oleh pemain karena sangat cepat dalam hal membunuh. Peran ini masih dapat memenangkan pertandingan walaupun timnya tidak terlalu jago.Tetapi jika dibandingkan dengan tim yang solid dan sempurna, tim terbaiklah yang pasti menang.
              Peraturan dalam permainan in sangat sederhana. Jika ingin menang, maka tim harus menghancurkan ancient lawan. Cara untuk mnghancurkan ancient  haruslah menghancurkan tower tower sebelumnya. Setiap tower di Dota mempunyai kegunaannya masing masing. Tower yang harus dihancurkan jika ingin menghancurkan ancient adalah tower yang bisa menembak. Didalam permainan ini,  ada 11 tower yang bisa menembak. Setiap tower diberi tier bergantung pada posisinya. Tower tier 1 berada pada posisi terluar, tier 2 adalah tower setelah tier 1 disetiap jalur, tier 3 ketika tim harus naik ke base lawan, dan tier 4 adalah tower didepan ancient. Setiap tower dapat dipukul jika tower didepannya telah hancur.
              Dalam permainan ini juga memperkenalkan Roshan, monter besar yang bermuara di sungai. Jika monster ini dikalahkan, maka monter ini akan menjatuhkan barang yang dapat menghidupkan kembali salah satu pemain. Untuk kematian kedua, dia juga akan menjatuhkan barang yang dapat memulihkan mana dan darah dalam jumlah besar secara instan. Pada kematian ketiga dan selanjutnya, monster ini menjatuhkan barang yang dapat mengaktifkan semua skill yang sedang nonaktif atau menjatuhkan barang yang dapat menambah efek skill secara permanen.

Rating

            Rating dari permainan ini adalah remaja, karena permainan ini dapat membuat anak kecil kecanduan. Permainan ini selalu berulang setiap kali dimulai, sehingga kemungkinan seseorang terobsesi dan berada didepan computer memainkan permanan ini sangatlah besar. Permainan ini juga menampilkan sedikit tumpah darah dan kekerasan walaupun tidak ekstrim seperti  permainan permainan yang lain.
Genre dan Tema
              Genre dari permainan ini adalah action, strategi, RPG. Permainan ini membutuhkan seseorang untuk menggunakan kelincahan merepa dalam menggunakan barang dan skill. Dalam permainan ini 0,1 detik sangatlah berharga sehingga jika seseorang tidak memanfaatkan dengan baik, maka mereka akan berada dalam posisi buruk. Permainan ini juga menentukan sendiri poin keunikan hero mereka. Setiap kali hero naik level, akan diberikan skill poin yang dapat digunakan untuk menguatkan hero mereka. Hal yang membuat permainan ini menarik adalah selain kelincahan permainan ini juga haurs menggunakan strategi agar menang. Memilih barang dan skill yang tepat dalam kondisi tertentu dapat memenangkan perang. Selain barang san skill, tindakan tim yang dilakukan juga diperhitungkan dalam sebuah permainan. Ada banyak strategi yang diterapkan di permainan ini. Contohnya yaitu strategi rat, dimana sebuah tim tidak memperdulikan apa yang terjadi pada tim mereka dan tujuan mereka hanya menghancurkan tower. Tema ayng dipakai oleh permainan ini adalah fantasi, war. Dimana seorang pemain dapat merasakan suasana medan perang.
Mengapa permainan ini terbaik?
             Permainan ini bisa dibilang sangatlah menarik, karena menggunakan kelincahan tangan dan membutuhkan pemikiran strategi agar dapat mengalahkan lawan. Permainan ini juga membutuhkan kerja sama tim dan komunikasi yang sangat baik. Tim yang mempunyaikombinasi strategi dan kerja sama yang paling hebat yang akan memenangkan permainan ini. Pemilihan kombinasi antara hero skill dan itemnya sangatlah banyak sehingga permainan ini sangatlah dimungkinkan dimaikan berulang ulang. Seorang pemain dota dapat mengajak temannya hingga 10 orang dalam satu permainan yang membuat permainan ini semakin seru.

Fun Factor:
1.       Achiever : Permainan mempunyai sistem setiap permainan berakhir, setiap pemain berhak untuk memilih  Most Valuable  Player (MVP) dari permainan tersebut. Selain itu jika merasa pemain itu selalu bersikap positif dari segata tantangan dan bermain sangat baik pemain tersebut dapat diberikan commend yang dapat ditampilkan di profil ayar mereka. Dota juga memberikan beberapa Acievement yang didapatkan jika menjalakan misi mereka.
2.       Explorer : Setiap permainan mempunyai berbagai macam kombinasi Hero dan item, sehingga setiap permainan akan berasa berbeda. Peta yang sangat besar membantu pemain untuk menentukan cara bermain mereka yang berbagai macam. Dari kombinasi kombinasi diatas dapat ditunjuka bahwa permainan ini mempunyai sangat banyak strategi untuk dimainkan. Selain itu permainan ini selalu berubah setiap waktunya. Sehingga permainkan yang dimaikan sebelumnya dijamin berbeda dengan permainan sebeumnya.
3.       Killer : Permainan ini memungkinkan terjadinya pembunuhan antara pemain, lawan ataupun kawan. Sangat dimungkinkan skenario dimana seorang pemain lebih suka unutk membunuh pemain lain daripada memenangkan permainan ini. Permainan ini juga mendukung para pemain untuk saling membunuh dengan cara memberikan uang jika pemain dapat membunuh pemain lawan.
4.       Socializer : Permainan ini juga menyediakan sistem chat bersama lawan dan kawan, sehingga terjadinya pertukaran percakapan pada saat permainan berlangsung. Percakapan ini digunakan untuk memeungkinkan para pemain untuk mengungkapkan strategi mereka pada lawan. Sebagai tambahan, Dota juga menyediakan voice chat, sehingga bagi para pemain yang malas mengetik dapat berbicara secara langsung. Sistem ini sering digunakan para pemain untuk saling bertukar kata atau kalimat dengan temannya
5.       Not Fun : Dunia yang kita hidupi adlaah dunai yang lebih membosankan dimana kita tidak bisa memilih kemampuan dan keunggulan kita sendiri. Dota mewujudkan imajinasi ini untuk membuat para pemain berfikir bahwa mereka sangat kuat dan mengalahkan orang lain.  Disinilah terjadi imajinasi yang tercapai sehingga banyak pemain ingin memainkan permainan ini.

Screen shot




Video Gameplay
https://www.youtube.com/watch?v=59KnNcU9iKc
Video Trailer
https://youtu.be/SmnqsdeHFT0

Link Download Steam (PC): https://store.steampowered.com/about/
Link Download Dota2 (PC): https://store.steampowered.com/app/570/Dota_2/

Nama : Renjiro Owen
NRP : 06111640000067





Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger