Yakuza 0

Selasa, 01 Oktober 2019


Deskripsi
Yakuza 0 adalah game action-adventure yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 oleh Sega. Game ini dapat dimainkan pada platform PS3, PS4, dan PC. Yakuza 0 merupakan entri keenam dan prequel dari franchise game Yakuza. Plot dari game ini terjadi pada tahun 1988 di Kamurocho, Tokyo dan Sotenbori, Osaka (versi fiktif dari Kabukicho dan Dotonbori) dan bercerita tentang latar belakang dari dua karakter utama franchise Yakuza, yaitu Kazuma Kiryu dan Goro Majima.

Story
Pada bulan Desember 1988, Kazuma Kiryu mengalami masalah ketika setelah orang yang ia tagih hutangnya dibunuh, dan dia mendapati dirinya dicurigai melakukan pembunuhan. Ketika dia melapor ke letnan Keluarga Dojima, dia menemukan bahwa dia telah dijebak, dan berangkat untuk menemukan pelakunya dan membuktikan bahwa dia tidak bersalah.

Sementara itu, Goro Majima, seorang mantan yakuza yang mencoba untuk kembali ke Keluarga Shimano, terjebak di Sotenbori dan bekerja di sebuah klub kabaret sebagai manajernya. Dia diberitahu bahwa melunasi utangnya akan memberi dia tempat di Keluarga Shimano, tetapi atasannya, Tsukasa Sagawa, selalu menambah jumlah uang yang harus dibayar. Sagawa menawarkannya alternatif; dia akan diberikan tempat dalam Keluarga Shimano sekali lagi jika dia dapat membunuh target tertentu, atas perintah Futoshi Shimano, kepala Keluarga Shimano.

Game ini dimainkan dengan perspektif antara dua protagonis, dan ceritanya berputar di sekitar sebidang tanah kecil di Kamurocho yang dikenal sebagai The Empty Lot, wilayah krusial dalam kesepakatan bisnis besar yang akan menentukan siapa yang akan menjadi ketua berikutnya dari Klan Tojo.

Aturan Main
General
Yakuza 0 adalah game action-adventure yang memiliki setting open-world dan dimainkan dari sudut pandang orang ketiga. Game ini berlangsung di Kamurocho dan Sōtenbori, dan pemain mengontrol Kazuma Kiryu dan Goro Majima, bergantian antara keduanya pada titik yang telah ditentukan selama cerita (atau kapan pun ketika sudah mencapai end-game).

Pemain dapat dengan bebas berjalan di sekitar Kamurocho dan Sotenbori, berinteraksi dengan orang-orang yang mereka temui untuk memicu substory, melawan musuh yang menyerang mereka di jalan, atau memainkan salah satu dari beberapa mini-game. Terdapat juga completion list untuk kedua protagonis (contohnya seperti makan setiap hidangan di restoran atau mencapai skor target dalam mini-game), yang jika diselesaikan akan memberikan currency Completion Points untuk pemain; Completion Points ini dapat dihabiskan di kuil untuk meng-unlock bonus tambahan, seperti item khusus atau upgrade karakter.

Combat

Pada game ini, perkelahian terjadi ketika pemain berpapasan dengan musuh di jalan atau terjadi ketika memang ada scripted fight. Pemain bisa memilih untuk tidak berkelahi (tidak berlaku untuk scripted fight) dengan cara kabur dari musuh atau bisa menggunakan equipment yang memberi tahu lokasi musuh di peta sehingga bisa menghindari musuh.


Terdapat masing-masing empat fighting style untuk Kiryu dan Majima yang dapat diaktifkan di tengah perkelahian. Kiryu menggunakan gaya Brawler yang all-around dan seimbang; gaya Beast yang kuat namun lambat, yang memungkinkannya menggunakan senjata berat dan benda-benda di sekitarnya; dan gaya Rush yang sangat cepat dan berbasis tinju, yang menekankan mobilitas. Sementara itu, Majima menggunakan gaya Thug yang all-around dan seimbang; gaya Slugger yang berorientasi pada senjata; dan gaya Breaker yang seperti tarian breakdance dan berfokus untuk mengalahkan beberapa musuh sekaligus. Melengkapi bisnis sampingan Kiryu dan Majima akan membuka fighting style "Legendary" tambahan untuk karakter, yaitu gaya "The Dragon of Dojima" untuk Kiryu dan "Mad Dog of Shimano" untuk Majima.


Skill dapat diperoleh dengan membelinya dari skill tree yang secara bertahap dibuka selama permainan. Tidak seperti pada game lain di mana semakin pemain mengumpulkan experience point, maka semakin banyak skill yang dimiliki, di sini pemain menggunakan uang yang diperoleh dari perkelahian atau melalui bisnis sampingan untuk meng-unlock skill. Meski demikian, pada game ini uang tidak begitu sulit dicari. Progres dalam bisnis sampingan atau pelatihan dengan master dari fighting style dapat juga meng-unlock skill tree karakter.


Pemain dapat kehilangan uang mereka jika mereka bertemu musuh khusus bernama Mr. Shakedown. Jika pemain dikalahkan, mereka akan kehilangan semua uang mereka, tetapi dapat mengalahkan Mr. Shakedown lagi untuk mendapatkan kembali uang mereka dan juga sedikit tambahan.


Kamurocho Real Estate dan Sotenbori Cabaret Czar
Kiryu dan Majima juga memiliki bisnis sampingan yang mereka jalankan selama pertandingan untuk mendapatkan uang: Kiryu berinvestasi real estate di Kamurocho, sementara Majima mengelola klub kabaret di Sotenbori.


Pada Kamurocho Real Estate, Kiryu harus mengalahkan The Five Millionaires of Kamurocho dengan cara membeli properti dan kemudian menyalurkan dana yang didapatkan dari properti-properti tersebut untuk membeli lebih banyak properti sampai pemain memonopoli seluruh bisnis yang berada di Kamurocho.

Ide dasar dari bisnis ini adalah membeli properti, menggunakan uang untuk meng-upgrade properti, mengumpulkan uang dari properti, kemudian menyalurkan uang itu kembali untuk meng-upgrade properti dan membeli properti yang lain. Properti memiliki grade F sampai dengan S. Semakin tinggi level properti, semakin banyak uang yang dihasilkan. Untuk menghasilkan uang, player tinggal meng-assign manajer dan security lalu memencet tombol sendout dan menunggu beberapa menit sampai uangnya bisa didapatkan. Terkadang akan terjadi Money Battle di mana salah satu dari Five Millionaires akan mencoba untuk merebut salah satu properti yang sudah dimiliki pemain. Properti akan berhasil direbut jika “health point” (yang ditentukan berdasarkan jumlah bintang manajer yang telah di-assign) habis. Untuk mencegah hal itu, pemain harus terus menerus memberikan uang ke properti yang diserang untuk meregenerasi “health point” sampai Money Battle berhenti.

Pemain dapat meng-assign manajer dan security untuk masing-masing distrik; orang-orang yang dapat dijadikan manajer dan security bisa didapatkan dari plot progression atau substory. Masing-masing manajer dan security memiliki tingkat kualitas dan gaji yang berbeda-beda dan harus sering di-cycle agar tidak mengalami fatigue. Jika mengalami fatigue, keamanan dan uang yang dihasilkan dari properti akan berkurang. Jika pemain telah mencapai 60% saham dari salah satu distrik, bos distrik tersebut akan menantang pemain dalam sebuah mini-game. Pemain akan kehilangan 10% saham jika kalah dan mendapatkan 10% saham jika menang. Jika pemain sudah mencapai 90% saham, akan terjadi boss battle dengan bos yang menguasai distrik tersebut. Pendapatan diberhentikan sampai pemain mengalahkan bos tersebut.


Pada Sotenbori Cabaret Czar, pemain ditugaskan untuk mengelola klub kabaret. Di sini, pemain dapat melihat status dari klub, melihat daftar hostess, meng-upgrade hostess, mengganti penampilan hostess, dan menentukan hostess mana saja yang akan di-assign untuk setiap shift.

Masing-masing hostess memiliki grade sendiri, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Semakin tinggi grade-nya, semakin tinggi statnya (HP, Talk, Party, Love, dan Skill). Hostess juga mendapatkan experience points untuk setiap shift yang dijalankan, dan bisa level up sampai level 40. Mereka juga memiliki mood sendiri dan masing-masing hostess memiliki gaji yang berbeda-beda. Terdapat pula empat jenis karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing hostess, yaitu “Looks”, yaitu Sexy, Beauty, Cute, dan Funny. Masing-masing pelanggan memiliki selera yang berbeda. Semakin tinggi kepuasan pelanggan, semakin banyak uang yang akan didapatkan.

Gameplay utama dari bisnis sampingan ini adalah mini-game manajemen waktu dan resource klub kabaret, di mana kita harus meng-assign hostess yang tepat untuk masing-masing pelanggan secara cepat dan juga membantu hostess ketika sedang melayani pelanggan. Untuk melengkapi bisnis sampingan ini, pemain harus mengalahkan lima pemilik klub cabaret lainnya dan mengambil alih bisnis mereka.

Substory
Substory merupakan sesuatu yang sudah menjadi tradisi dalam game Yakuza. Substory adalah semacam mini-drama antara Kiryu/Majima dan orang-orang yang mereka temui yang biasanya ceritanya tidak terlalu serius dan mengangkat mood dari game ini. Substory opsional untuk dilakukan, tetapi menyelesaikan substory seringkali meg-unlock karakter yang bisa digunakan untuk membantu bisnis sampingan, sehingga bisnis-bisnis tersebut menjadi lebih mudah dan cepat berkembang. Selain itu, menyelesaikan substory juga dapat memberikan pemain item-item yang hanya bisa didapatkan melalui substory. Pada game ini, terdapat 100 substory yang dapat diselesaikan.

Mini-game
Terdapat berbagai mini-game, baik di Kamurocho, maupun Sotenbori. Game arcade klasik Sega dari tahun 1980 pun disertakan dan dapat dimainkan di Club SEGA, bersama dengan mini-game klasik seperti bowling dan karaoke. Berikut adalah daftar dari mini-game yang tersedia:
·        Outrun
·        Super Hang-On
·        Space Harrier
·        Fantasy Zone
·        Pool
·        Darts
·        Disco
·        Bowling
·        Fishing
·        Pocket Racing
·        Batting Center
·        Karaoke
·        Cabaret Club Management
·        Shogi
·        Mahjong
·        Koi-koi
·        Telephone Club
·        Catfights
·        Blackjack
·        Cee-lo
·        Oicho-kabu
·        Cho-han
·        Roulette
·        Poker
Klasifikasi
Genre: action-adventure
Tema: Yakuza crime drama
Rating: M

Kenapa Ini Terbaik
  1. Memiliki cerita yang kompleks dan unik. Benar-benar terlihat bahwa penulis cerita dari game ini memikirkan betul ceritanya agar tidak ada plot hole dan membentuk alur cerita yang koheren.
  2. Memiliki sense of humor yang sangat saya sukai. Tidak jarang saya betul-betul tertawa ketika main game ini. Walaupun game ini memiliki tema yakuza crime drama, game ini tidak terlalu menganggap dirinya seserius itu.
  3. Voice acting masing-masing karakternya sangat bagus sehingga terasa lebih real. Game ini juga memiliki graphics yang sangat indah dan transisi dari cutscene ke gameplay seringkali seamless. Soundtrack-nya pun menurut saya catchy.
  4. Terdapat banyak sekali konten yang bervariasi di game ini, dan konten tersebut menarik untuk dimainkan, tidak terasa seperti chore untuk diselesaikan. Contohnya seperti bisnis sampingan, substory, mini-game, dan lain-lain. Saya sudah menghabiskan lebih dari 100 jam di game ini dan masih belum mencapai 100% juga.
Fun-nya di Mana (Player Personality)
  • Achiever: pemain akan mendapatkan satisfaction dari melengkapi achievement, mendapatkan uang, dan meng-unlock skill.
  • Explorer: pemain dapat mengeksplorasi dunia Yakuza 0, menemukan substory dan easter egg.
  • Killer: pemain dapat melampiaskan emosi melalui combat.
Screenshot












Video Trailer

Video Play Demo
Free roam sebagai Kiryu di Kamurocho

Combat

Kamurocho Real Estate Royale

Sotenbori Cabaret Club Czar

Link ke Game
Steam: https://store.steampowered.com/app/638970/Yakuza_0/

NRP/Nama
05111640000090/Putri Nurul Aprilliandini
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger