Skyrim: Delapan tahun setelah rilis

Kamis, 17 Oktober 2019



Selama hampir 10 tahun penulis “serius” bermain game di komputer rakit pas-pasan, ada satu game yang menjadi ritual untuk ditamatkan setidaknya sekali dalam setahun semenjak game tersebut rilis. The Elder Scrolls V: Skyrim merupakan game Elder Scrolls seri kelima dari Bethesda Game Studio yang memiliki genre Role Playing Game. Tema dari Elder Scrolls adalah medieval fantasy dimana setiap serinya berlatar di benua bernama Tamriel. Elder Scrolls V berlatar pada salah satu daerah kepulauan Skyrim yang dikenal dengan naga dan “keturunan naga” bernama dragonborn. Dragonborn memiliki peran krusial di Skyrim selain karena memilki kekuatan untuk menggunakan bahasa naga untuk menaklukan naga tersebut. Disini kita berperan sebagai Dragonborn yang tiba-tiba muncul ditengah perang saudara dan kemarahan naga-naga di Skyrim.



Walaupun Skyrim sendiri dirilis pada tahun 2011. Selalu ada keterbaharuan/updates yang membuat kita mau mencoba lagi. Skyrim merilis sampai tiga expansion pack sampai merilis terakhir versi Game of The Year Edition pada tahun 2013. Selain itu, terdapat satu poin plus yang membuat Skyrim game single player yang tidak membosankan: modding. Dengan sistem ini, kita dapat leluasa memodifikasi, memanipulasi, ataupun menambah konten-konten yang ada di game secara gratis. Inilah yang membuat memainkannya membuat rasa bebas dan tiada akhir. Memberikan efek player personality explorer dimana pemain selalu ingin menyelesaikan dan menambah konten-konten yang ada sampai habis.



Tentu saja selain lingkungan yang dengan mudah diubah sesuai keinginan, seperti game RPG pada umumnya Skyrim memberi keleluasaan untuk membunuh. Hampir 80% NPCs di Skyrim dapat dibunuh dan memberikan konsekuensi terhadap cerita di dalam game. Memberikan efek fun bagi para killer.

Skyrim juga merupakan game yang kaya akan lore (cerita) sehingga memiliki misi yang banyak dan memberikan reward yang memuaskan dalam menyelesaikan misi tersebut baik senjata, uang, ataupun kemampuan/skills baru. Selain hadiah in-game, bagi pemilik steam, terdapat pula 75 achievements yang bisa diraih pemain. Membuat game ini tetap seru untuk para achievers.

Game buatan Todd Howard yang merupakan sarjana teknik mesin ini sendiri masuk dalam nominasi Game of The Year (2011) sehingga memiliki rating yang cukup tinggi (mencapai 9). Pada akhirnya untuk menghormati game yang setiap tahun penulis mainkan, penulis memutuskan untuk membeli versi orisinil Skyrim pada tahun 2015 lengkap dengan seluruh expansion packnya.

Trailer : https://www.youtube.com/watch?v=JSRtYpNRoN0
Gameplay : https://www.youtube.com/watch?v=RrjJtYpOawU
Laman Steam : https://store.steampowered.com/agecheck/app/72850/

Muhammad Vito Hamza
07111640000154

Share this article :

4 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger