Dead by Daylight

Selasa, 01 Oktober 2019

Dead By Daylight merupakan game bertemakan horror yang dikembangkan oleh Behaviour Interactive. Game ini merupakan game multiplayer yang dimainkan secara online. Dead By Daylight menyajikan nuansa horror yang menegangkan dan cukup kompetitif untuk dimainkan sendiri dan juga sangat menghibur saat dimainkan bersama teman-teman.

Gameplay

Konsep dari game Dead By Daylight cukup mirip dengan permainan petak umpet, dimana di game ini memiliki 2 role yang player dapat mainkan yaitu Survivor dan Killer. Untuk survivor, mereka bertugas untuk menyalakan generator yang tersebar di map. Ada 5 generator yang harus dinyalakan oleh para survivor agar mereka dapat membuka pintu keluar dan menyelamatkan diri mereka. Dan Killer yang bertugas mencegah para survivor untuk menyalakan generator, menangkap survivor dan menggantungnya di hook untuk dikorbankan kepada Entity.

Mungkin dilihat dari konsep game nya cukup simple namun yang membuat game ini seru dan menegangkan adalah dalam proses pembangkitan generator sendiri memakan waktu sehingga memberi Killer kesempatan untuk menemukan kita. Setiap survivor menyalakan generator ada rotating bar yang harus survivor tekan di zona yang ditentukan. Jika gagal, maka generator akan menghasilkan bunyi berisik yang akan memberikan visual notification kepada killer sehingga killer bisa tahu lokasi survivor. Dead By Daylight juga menyediakan item-item yang bisa membantu para survivor  bertahan hidup misalnya saja med kit (karena ada kondisi injury state dimana survivor akan berjalan pincang dan tentunya membuat mereka lebih mudah ditemukan oleh survivor) tool kit yang membantu survivor untuk mempercepat proses pembangkitan generator dan juga flashlight yang dapat membutakan killer sehingga survivor bisa kabur  dari kejaran killer.

Masing-masing character sendiri memiliki ability yang berbeda satu sama lain, survivor maupun killer dibekali oleh perk yang memberikan kemampuan unik. Masing-masing player bisa menggunakan 4 perk saat level dari character sudah mencapai 15. Untuk mendapatkan perk player bisa mengakses bloodweb yang merupakan bentuk experience point. Player bisa mendapatkan berbagai macam item, offering(boost up untuk map) dan juga perk. Bloodweb didapat saat game telah selesai dan jumlahnya sendiri tergantung dari bagaimana kita bermain saat di suatu match. Misal saja jika survivor sering di buru oleh killer dan berhasil lolos maka akan mendapatkan score tinggi di kategori Boldness, atau jika player sering menyelamatkan survivor lain yang sedang di hook maka mereka akan mendapatkan score tinggi di kategori Altruism jika player berhasil membangkitkan  banyak generator maka akan mendapat score tinggi di kategori Objectives, dan yang terakhir jika survivor berhasil menyalamatkan diri maka akan mendapat score di kategori Survival, sebaliknya Killer pun memiliki 4 kategori juga yaitu Brutality, Deviousness, Hunter, dan Sacrifice. Semakin tinggi score yang didapat maka semakin cepat juga character level up.

Dan untuk perk yang disajikan juga memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya saja ada perk yang akan memberikan vision dari killer ketika killer melakukan break action, ada juga yang memberikan vision ketika ada 1 generator yang berhasil dibangkitkan dan vision hanya akan terlihat selama berberapa detik. Ada juga perk yang membuat survivor dapat menyelamatkan dirinya sendiri ketika sedang tergantung di Hook. Killer juga memiliki perk, misalnya saja yang bisa membuat terror radius mereka mengecil sehingga survivor akan lebih sulit menyadari keberadaan killer, ada juga yang membantu killer untuk mempermudah menemukan para survivor, dan masih banyak lagi perk-perk yang disediakan.

Genre, Tema, dan Rating

  • Genre : Survival
  • Tema : Horror
  • Rating : Mature, karena game menyajikan visual yang cukup gore saat dimainkan(blood,violence)
Personality

  • Achiever : Berhasil lolos dalam match, mengunlock achievement steam, membuka unique perk dari masing-masing character
  • Explorer : mencoba setiap character, mengexplore map untuk mencari generator
  • Socializer : Bisa bermain dengan teman-teman / online
  • Killer : Jika menjadi killer yaitu berhasil membunuh survivor dan tidak membiarkan satupun survivor yang lolos

Mengapa Game Ini Menyenangkan untuk Dimainkan

Secara garis besar, game ini menurut saya berhasil menghibur dan memberikan suatu suasana yang menegangkan. Karena menampilkan map yang menyeramkan untuk menjadi lokasi match dan tentunya lokasi generator pun berbeda-beda di setiap match. Menyelamatkan teman atau focus terhadap generator, itu pilihan yang diberikan survivor. Dan menjadi killer sendiri merupakan tantangan yang menarik karena untuk mengejar 4 survivor sendiri cukup sulit jika teamwork para survivor cukup solid. Game ini berhasil menyajikan suasana horror yang kompetitif dan asyik untuk dimainkan bersama teman-teman maupun sendiri  





Trailer

Gameplay

Survivor Gameplay



Killer Gameplay




Mohammad Haekal Alawy
05111640000141
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger