Clash of Clans

Kamis, 17 Oktober 2019

Review Game: Clash of Clans


Klasifikasi Game


Platform: Smartphone (Android & iOS)

Publisher: Supercell

Genre: Strategy
Theme: Combat
Rating ESRB: Teen 
Rating User4.6 / 5.0

Deskripsi

Clash of Clans (CoC) adalah permainan video game freemium pada perangkat smartphone yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia. Clash of Clans merupakan Game Strategi di mana pemain membangun Clan, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan Gold, Elixir, Dark Elixir dan Trophy. Selain itu juga membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain. Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik goblin dalam Single-Player Mode.

Gameplay

Secara Umum, berikut adalah Aturan Main terbagi atas 3 yang merupakan Core dari Permainan Clash of Clans itu sendiri, yakni Attack, Defense dan Upgrade Assets

Attack

Salah satu alasan game strategi ini cukup seru adalah Pemain bisa mengumpulkan resource ataupun berlatih dengan banyaknya mode Attack yang disediakan, secara umum Attack dalam mode individu terbagi menjadi tiga, diluar itu terdapat mode attack lain dimana hal tersebut dilakukan saat Clan War (hanya bila pemain memiliki clan). Secara umum Pemain akan mendapatkan bintang 1 bila membuat damage setidaknya 50% atau menghancurkan Town Hall, mendapatkan bintang 2 bila melakukan keduanya, dan mendapatkan bintang 3 bila melakukan kerusakan total terhadap Base Lawan.
Practice Mode: Disini player dilatih untuk melakukan Attack terhadap Base yang telah ditentukan menggunakan Kombinasi Army yang telah ditentukan. Hal ini berguna untuk mengetahui Karakter Kombinasi Army yang cocok untuk Karakter Base tertentu. Ini bisa menjadi ajang latihan untuk pemain sebelum melakukan Attack di Single Player, Multiplayer ataupun War Clan Mode.
Single Player Mode: Single Player Mode menantang para Player untuk menyerang Desa milik Goblin dimana terdapat sekian banyak Seri Base untuk ditaklukan, namun kombinasi Army dari Player dapat ditentukan sendiri.
Multiplayer Mode: Salah satu yang membuat Clash of Clans terasa seru adalah Multiplayer mode dimana kita melakukan Attack terhadap Base milik orang lain yang level trophy miliknya setara dengan level trophy kita. Apabila beruntung dan baik dalam melakukan Attack, pemain akan mendapat Loot (Gold, Elixir, Dark Elixir) yang banyak meski hanya dengan kombinasi Army yang membutuhkan sedikit Loot untuk di Training.

Defense

Secara Umum yang dimaksud defense disini adalah bagaimana pemain membangun Village dan War Base agar kokoh terhadap gempuran musuh. Umumnya dalam defense Village dilakukan untuk melindungi Resource yang dimiliki untuk mempercepat pembangunan Village, sementara defense War base dilakukan untuk kepentingan kemenangan Clan sehingga akan semakin baik bila lawan hanya mendapatkan sedikit bintang dalam mode Attack.

Upgrade Assets

Maksdudnya dalam berkembangnya permainan pemain, Pemain juga memiliki Aset untuk dikembangkan. Hal ini cukup fundamental untuk Attack dan Defense pemain yakni dengan Upgrade Defense Building, Army Building, Resource Building. Selain itu untuk Tujuan Menyerang, Pemain juga dapat mengupgrade Troops dan Poison.

Kenapa ini terbaik

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya merasa Clash of Clans merupakan Game terbaik yang pernah saya mainkan:
  • Rasa Kompetitif dan Kolaboratif: Dengan adanya Trophy Leaderboard baik untuk Player maupun Clan maka akan membuat game ini terasa kompetitif. Selain itu Game ini juga melatih kerjasama pemain dalam Clan yang sama untuk berempati membantu teman Clan. 
  • Mode bermain Banyak: Hal ini yang membuat Clash of Clans tetap eksis hingga sekarang, Supercell terus mengembangkan game ini agar tetap Atraktif. Terdapat 3 Mode Bermain Individu, Serta terdapat Mode War adalah yang paling utama. Practice Mode sendiri adalah salah satu yang paling baru namun cukup menantang untuk dicoba para pemain.
  • Karakter Banyak dan terus Berkembang: Kurang lebih terdapat 10 Karakter Utama dalam Clash of Clans, belum termasuk Karakter yang menggunakan Resource dari Dark Elixir. Tiap karakter memiliki Kelebihan dan Kekurangan masing-masing membuat Pemain terasah instingnya dalam mode Attack.
  • Manajemen Waktu dan Strategi: Game bergenre strategi tentu saja mengasah insting pemain untuk menyusun strategi baik dalam kondisi Attack maupun Defense. Terpenting, untuk membangun Base yang baik diperlukan manajemen waktu yang baik.
  • Bisa Mendapatkan Teman: Sewajarnya Game Online, Game ini bisa membuat kita mendapatkan teman. Terutama bila masuk kedalam Clan yang anggotanya tersebar dari berbagai Wilayah.
  • Komunitas, Forum dan Wiki: Terdapat komunitas dan forum seperti https://forum.supercell.com membuat game ini tetap bertahan hingga sekarang. Game yang memiliki forum dan komunitas tersendiri adalah wujud dari game yang cukup laku di pasaran. Serta adanya Wiki membuat Pengarsipan informasi dalam Game cukup terorganisir meskipun untuk Pemain baru sekalipun.
  • Update Berkelanjutan: Saya memainkan Game ini sejatinya dari tahun 2014, Hingga saya memutuskan bermain lagi pada tahun 2019 dengan akun kedua saya. Hal ini membuktikan Clash of Clans berhasil untuk tetap Sustain di Market yang telah di Segmentasikan.

Player Personality

Achiever
Secara Umum Achiever adalah ketika Player mencari kepuasan dalam bermain game dengan mendapatkan sesuatu yang ia Targetkan. Dalam Clash of Clans, Sisi Fun ini sangat sering dijumpai. Berikut adalah beberapa contohnya: Saat Player melakukan Looting, Berburu resource sebanyak-banyaknya, Saat Player mentargetkan 3 Bintang dalam Mode Attacking dan Saat Player mencari trofi sebanyak-banyaknya untuk Level Up Stage

Killer
Secara Umum Killer adalah ketika Player mencari kepuasan dalam bermain game dengan melampiaskan sesuatu. Dalam Clash of Clans contoh yang paling umum adalah mode Attack dengan menggunakan Revenge saat Defense Mode.
Socializer
Secara Umum Socializer adalah ketika Player mencari kepuasan dalam bermain game dengan membuktikan sesuatu kepada yang lain. Dalam Clash of Clans contoh yang paling umum adalah mode dengan adanya Leaderboard dan Fitur Chat, disitu para pemain bisa saling menunjukkan kebolehannya dan aksi saling membantu sesama pemain.

Explorer
Secara Umum Socializer adalah ketika Player mencari kepuasan dalam bermain game dengan mencari dan mengeksplor sesuatu yang baru. Dalam Clash of Clans saya rasa cukup sedikit Sisi Fun dari Perspektif ini mengingat banyaknya aturan dan Batasan yang telah dibuat. Game ini juga bukan tipe Game Open World.

Video

Video Trailer

Berikut adalah Trailer Clash of Clans

Video Play Demo

Berikut adalah Gameplay Clash of Clans untuk Update terbaru

Link ke Game untuk Mendapatkan:

Game Clash of Clans dapat diunduh di Play Store Android
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.supercell.clashofclans

Muslikh Annur Meiviananda05211640000092



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger