A Hat In Time Review : Cute and Charming Platformer

Rabu, 18 November 2020

 A HAT IN TIME REVIEW

A Hat in Time Review | Switch Player

 

Developer        : Gears for Breakfast

Publisher          : Humble Bundle

Genre               : Action-adventure, Collectathon, Comedy, Cute, Open World, 3D Platformer

Tema                : Universe

Rating              : Teen (ESRB)

Platform           : Windows, PS 4, Nintendo Switch, Xbox One, macOS

 

Tentang A Hat In Time

            A Hat in Time adalah game platformer 3D Action-adventure yang dikembangkan oleh Gears for Breakfast dan dipublikasikan oleh Humble Bundle. Gamenya sendiri dikembangkan menggunakan Unreal Engine dan dipublikasikan pada Oktober 2017 untuk Windows dan macOS, Desember 2017 untuk PS 4 dan Xbox One dan Oktober 2019 untuk Nintendo Switch.

 

Story 

            A Hat in Time menceritakan hat kid yang berusaha untuk pulang ke rumahnya dengan pesawat luar angkasanya. Dalam perjalanannya ke rumah ada anggota mafia dari planet mafia mencoba untuk memalak hat kid. Karena menolak untuk membayar akhirnya anggota mafia tersebut menabrak kapal si hat kid membuat kaca kapalnya pecah dan membuat Time Pieces, alat untuk bahan bakar kapal luar angkasanya berjatuhan ke planet-planet didekatnya membuat kapal luar angkasanya tidak bisa bergerak lagi. Untuk bisa kembali ke rumahnya lagi hat kid berpetualang ke planet-planet untuk mendapatkan Time Pieces yang jatuh.


Gameplay

A Hat in Time Review | Switch Player

            A Hat in Time merupakan game 3D platformer action-adventure dimana pemain akan bermain sebagai hat kid yang berusaha untuk mendapatkan Time Piecesnya kembali agar bisa kembali ke rumahnya di dunia semi open world. Selain berjalan hat kid dapat menyerang, melakukan dash, melakukan double jump, dan menggunakan topinya untuk mengeksplorasi levelnya. Hat kid dapat mengoleksi bola benang atau stiches agar dapat merajut topi baru. Setiap topi pada A Hat in Time memiliki kekuatannya tersendiri seperti dapat topi berlari cepat, melemparkan ramuan yang bisa meledak, membuat waktu berhenti dan lain-lain. Hat kid dapat menggunakan topinya untuk mendapatkan kekuatan baru yang nantinya dapat digunakan untuk mengeksplorasi level lebih dalam atau menyelesaikan cerita. Selain itu pemain juga dapat mengkustomisasi characternya maupun topinya dengan token yang didapatkan.

Pemain dapat mengeksplorasi 4 planet dengan tambahakn 2 planet pada dlcnya dimana planet-planet tersebut mempunyai cerita dan keunikannya tersendiri. Pada level tersebut pemain dapat mengksplorasi dunia sesukanya, melawan musuh, mengoleksi item seperti koin untuk membeli power up ataupun memecahkan puzzle pada dunia tersebut. Pada dunia tersebut pemain harus mengoleksi setidaknya 40 Time Pieces agar bisa melanjutkan perjalanannya ke rumahnya. Pemain juga dapat mencari relic di setiap level dimana dapat membuka bonus level Time Rift dimana memiliki tantangannya tersendiri. Pemain dapat bermain sendiri ataupun bermain sama teman di mode coop untuk menyelesaikan gamenya.

Selain open word ada juga challenge mode bernama Death Wish dimana dirilis berbarengan dengan dlc Seal the deal pada September 2018 dimana pemain menyelesaikan kontrak dengan Snatcher, hantu yang tampil pada planet subcon forest. Pada mode Death Wish ini berisi berbagai macam tantangan pada level yang sudah ada tapi membuatnya lebih sulit daripada mode biasa. Jika berhasil menyelesaikan tantangan tersebut hat kid mendapatkan hadiah berupa kostum baru dan item lainnya.

 

Skenario

Story Mode                 : Mode dimana player dapat mengeksplorasi level-level dan menyelesaikan certia.

Coop Mode                 : Mode dimana pemain dapat menyelesaikan story mode bersama-sama.

Death Wish                 : Mode dimana pemain dapat menyelesaikan tantangan yang diberikan.

Community Mode       : Mode dimana pemain dapat menyelesaikan level yang dibuat oleh komunitas.

 

A Hat in Time — Accolades Trailer - IGN

 

 

Alasan A Hat In Time Merupakan Game Terbaik

1. Mekanik dan kontrol yang menarik

2. Cerita dan setting yang unik

3. Kebebasan pada setiap levelnya

4. Lucu dan seru untuk dimainkan

5. Didukung oleh komunitas

 

Fun Factor

Achiever

            Di A Hat in Time pemain dapat mengoleksi beberapa hal dari Time Pieces yang merupakan objektif utama game, stiches yang dapat digunakan untuk membuat topi, koin yang dapat digunakan untuk membeli power up, dan token yang digunakan untuk mendapatkan kostum hat kid.

Explorer

            A Hat in Time merupakan game open world yang menyediakan dunia yang cukup luas, pemain dapat mengeksplorasi 6 macam planet dimana dunia-dunia tersebut memiliki keunikannya tersendiri.

Socializer

            Interaksi sosial pada A Hat in Time bisa dikatakan cukup unik karena interaksi yang dilakukan pada hat kid memiliki pesona sendiri dimana interaksinya terdapat cerita yang unik dan komedi yang menarik.

Killer

            A Hat in Time juga memberikan pemain gerakan memukul dengan payungnya yang digunakan untuk membunuh mengalahkan berbagai macam musuhnya dari musuh yang kecil maupun boss musuhnya.

 

Screenshot

A Hat in Time Screenshots - Image #21964 | New Game Network

A Hat in Time Screenshots

A Hat in Time - Gears for Breakfast

Watch Clip: A Hat in Time Gameplay - Zebra Gamer | Prime Video


 

Video Trailer



 

Video Gameplay




Official Download Site 

Steam

Play Station 4

Nintendo Switch

 


Review Oleh :

Farrel Muhammad Taqi (05111840000071)

Departemen Informatika ITS

 

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger