Review Game: Grand Theft Auto V, Game Open World terbaik berkat RAGE Engine!

Selasa, 17 November 2020



  • Judul                                     : Grand Theft Auto V
  • Genre                                     : Action Adventure, Open World
  • Tema                                      : Heist, Real Life Simulation
  • Overall Review on Steam    : Very Positive (856,284 reviews)
  • Rating Kategori                    : Mature 17+ (ESRB)
Link to Games                                  https://store.steampowered.com/app/271590/Grand_Theft_Auto_V/
https://www.rockstargames.com/V/

TENTANG GTA V

Grand Theft Auto V adalah permainan aksi-petualangan bebas yang muncul pada tahun 2013 dengan dikembangkan oleh Rockstar North dan diterbitkan oleh Rockstar Games. GTA V merupakan bagian dari serangkaian besar seri Grand Theft auto sejak 2008, terdapat Grand Theft Auto (London Mission Packs) · Grand Theft Auto 2 · Grand Theft Auto III · Vice City · San Andreas · Advance · Liberty City Stories · Vice City Stories · Grand Theft Auto IV (The Lost and Damned · The Ballad of Gay Tony) · Chinatown Wars · Grand Theft Auto V. Berlatar di dalam negara bagian fiksi San Andreas, yang berbasisi di California Selatan, kisah pemain tunggal mengikuti tiga criminal dan upaya mereka untuk melakukan pencurian (heist) sementara di bawah tekanan dari agen pemerintah dan tokoh-tokoh kejahatan yang kuat. Desain dunia terbuka (open world) memungkinkan para pemain dapat bebas melakukan eksplorasi di pedesaan terbuka San Andreas dan kota fiksi Los Santos, yang berbasis di Los Angeles.

Permainan ini dimainkan dari sudut pandang orang ketiga atau orang pertama, dan dunianya dinavigasi dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Pemain mengontrol tiga protagonis utama di seluruh pemain tunggal dan beralih di antara mereka, baik selama dan di luar misi. Kisah ini berpusat pada urutan pencurian, dan banyak misi melibatkan penembakan dan mengemudi gameplay. Sistem "buronan" mengatur agresi tanggapan penegakan hukum terhadap pemain yang melakukan kejahatan. Grand Theft Auto Online, mode multipemain online permainan ini, memungkinkan hingga 30 pemain dapat bermain dalam berbagai mode kooperatif dan kompetitif yang berbeda.

ALUR CERITA


Awal cerita bermula dari aksi perampokan sembilan tahun lalu di North Yankton yang dilakukan oleh Michael dan Trevor Bersama dengan dua kru lainnya berakhir bencana. Mereka disergap dengan kekuatan polisi yang massif, Michael yang tengah terluka akhirnya meminta Trevor untuk menyelamatkan diri dan akhirnya menghilang dalam kabut. Sembilan tahun setelahnya, kedua “sejoli” ini hadir dengan kesimpulan yang sama – bahwa masing-masing dari teman mereka telah tewas dalam tragedy tersebut.

Namun siapa yang menyangka bahwa Michael ternyata berhasil menyelamatkan diri, berlindung sebagai saksi di bawah FIB, dan meraih kekayaan. Sementara di sudut kota yang lain, Trevor yang tidak pernah mengetahui nashi Michael, harus berjuang dan memulai bisnis narkotikanya dari awal. Upaya perampokan di North Yankton yang gagal akhirnya memisahkan keduanya, dengan masing-masing mengira yang lainnya tewas.

Sembilan tahun setelahnya, ketika Michael mulai mapan berkat sokongan dana dari FIB, sosok kriminal kelas bawah lainnya, Franklin Clinton mulai masuk ke dalam pusaran ini. Di tengah benang merah antara dua karakter ini, hidup Franklin Clinton, seorang gangster muda yang baru hendak memulai kehidupan kriminalnya. Bekerja sebagai repo di sebuah dealer mobil, Franklin akhirnya bertemu dengan Michael yang sempat menjadi salah satu target kriminalnya. Pertemuan pertama yang berkesan antara kedua karakter ini akhirnya membangun hubungan kerjasama khusus, sebuah awal lebih banyak kegiatan criminal.

Dibantu oleh sang otak jenius Lester, Michael dan Franklin akhirnya memutuskan untuk merampok sebuah toko perhiasan untuk memperkuat keuangan mereka. Perampokan yang membawa Michael kembali ke dunia kriminal, Franklin ke level yang lebih tinggi, dan Trevor untuk mengetahui bahwa sahabat terdekatnya belum tewas. Perampokan yang disusun bersama Lester dan Franklin ternyata menyadarkan Trevor bahwa teman lama yang selama ini ia dukakan, ternyata selamat dan hidup enak di Los Santos.

Akhirnya Trevor berusaha menemukan Michael ke Los Santos. Usaha yang akhirnya berhasil berkat bantuan Dave. Dan akhirnya mereka membentuk kelompok untuk melakukan berbagai perampokan. Dan suatu saat mereka melakukan kerjasama dengan FIB. Setelah beberapa kali melakukan kerjasama dengan FIB, mereka ber 3 pun dihadapkan dengan 3 pilihan yang membingungkan, dan itu pun akhir dari misi.

GAMEPLAY & MEKANIK

Grand Theft Auto V mengembangkan hampir semua mekanik yang ada di game Grand Theft Auto sebelumnya. Sejauh mengemudi, kendaraan telah sangat ditingkatkan, dengan Rockstar menjalankan fisika yang lebih kompleks di atasnya, seperti membuat beberapa mobil menahan tanah sedikit lebih baik. Mekanika mengemudi terasa lebih seperti game balap, terutama seri Midnight Club, dibandingkan dengan sistem penanganan seperti perahu yang berbatu di Grand Theft Auto IV. Mekanika menembak lebih baik dalam hal nuansa mekanik dan lebih besar dibandingkan dengan mekanik jarak dekat dalam permainan, yang dikatakan, jarak dekat telah ditingkatkan dari judul sebelumnya juga. Pemilihan senjata sekarang juga telah diubah. Alih-alih cara lama memilih semua senjata secara berurutan, sekarang ada Weapon Wheel, yang mirip dengan yang ditampilkan di Red Dead Redemption, game lain yang dibuat oleh Rockstar Games. Grand Theft Auto V menarik inspirasi dari banyak judul Rockstar yang berbeda di masa lalu, termasuk Max Payne 3, Midnight Club, Manhunt, dan Red Dead Redemption.

Ada banyak fitur unik dalam gim ini; satu adalah bahwa ketika para pemain bermain sebagai salah satu dari tiga protagonis dalam permainan, dua lainnya menjalani kehidupan sehari-hari mereka sendiri, dan pemain mungkin terkejut dengan apa yang mereka temukan dilakukan oleh karakter-karakter tersebut ketika mereka beralih kembali ke mereka. Fitur unik lainnya adalah fitur pertukaran karakter dijalankan dengan gaya Google Earth dan ditampilkan selama demo Game Informer, yang terbukti berjalan dengan lancar dan tanpa lag. Versi PC, PlayStation 4, dan Xbox One menghadirkan fitur eksklusif, mode orang pertama, di mana keseluruhan game dapat dimainkan melalui mata sang protagonis. Mode gameplay ini menghadirkan cara baru untuk memainkan game. Mobil memiliki detail interior yang berbeda satu sama lain; penembakan itu seperti permainan FPS khusus.

Aktivitas baru telah ditambahkan, seperti yoga, triathlon, jet ski, terjun payung, tenis, golf, dan scuba diving. Peristiwa acak juga telah ditambahkan ke dalam game dan dapat muncul kapan saja saat pemain menjelajah di sekitar peta. Ponsel telah kembali dari Grand Theft Auto IV tetapi sekarang hanya digunakan untuk menelepon kontak pemain, menjelajahi web, dan menyimpan dengan cepat. Memberi orang jari tengah adalah fitur baru lainnya yang dapat digunakan pemain saat berada di dalam kendaraan. Rockstar merekomendasikan agar pemain melakukan ini di berbagai lokasi di sekitar Los Santos untuk melihat hasilnya; tergantung di mana pemain itu berada, mereka akan mendapatkan reaksi yang bervariasi dari pejalan kaki.

Rockstar juga melakukan perubahan pada mekanik pejalan kaki; beberapa pejalan kaki dapat dilihat di halte bus di Los Santos Timur, dan orang yang sama dapat muncul kembali di Rockford Hills bekerja di taman rumah-rumah mewah yang mewah. Beberapa mekanik kecil yang membantu menyampaikan lingkungan dan penampilan Los Santos terjadi pada waktu-waktu tertentu, seperti sistem penyiram yang dinyalakan di pagi hari di daerah kaya seperti Morningwood.

Peta Grand Theft Auto V lebih besar dari gabungan Grand Theft Auto: San Andreas, Grand Theft Auto IV, dan Red Dead Redemption.

GAME ENGINE



Rockstar Advanced Game Engine (RAGE) adalah game engine yang dikembangkan oleh RAGE Technology Group, sebuah divisi dari studio Rockstar San Diego milik Rockstar Games. Sejak game pertamanya, Rockstar Games Mempersembahkan Tenis Meja pada tahun 2006, mesin tersebut telah digunakan oleh studio internal Rockstar Games untuk mengembangkan game untuk macOS, Microsoft Windows, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation 5, Wii, Xbox 360 dan Xbox One, termasuk Grand Theft Auto IV, Red Dead Redemption, Max Payne 3, Grand Theft Auto V, dan Red Dead Redemption 2.

 

Kota Los Santos, seperti yang terlihat di Grand Theft Auto V: menggunakan banyak fitur grafis RAGE, seperti depth of field, high draw distance and detailed weather effects.

SKENARIO

Player diberikan kesempatan untuk menjalankan 3 tokoh protagonist, yakni Michael, Trevor, dan Franklin dengan tiap karakter memiliki keunikan dan latar yang berbeda dalam satu rangkaian cerita besar. Player diberikan kesempatan untuk melakukan eksplorasi dalam dunia Open-World dengan latar kota San Andreas dan Los Santos.

Dalam Story Mode, pemain diberikan kesempatan untuk memilih ending yang akan menghasilkan jalan cerita nya sendiri, Ketiga pilihan ini dilakukan oleh Franklin.

1.   Pilihan A: Membunuh Trevor

Disaat Franklin berkunjung ke rumah temannya, dia mendapat telepon dari Michael dan Michael memberitahukan karena dia diperintahkan oleh FIB untuk membunuh Trevor, Franklin menyetujui itu dan mereka membuat rencana untuk membunuh Trevor, setelah rencana sudah dibuat, mereka mempersiapkan diri untuk membunuh Trevor, Franklin menuju kediaman Trevor di pegunungan Los Santos, ketika Franklin bertemu Trevor, dia menyembunyikan pistol dibelakang badannya dan berpura-pura ada sesuatu yang ingin dibicarakan, Trevor tidak paham dan bingung, akhirnya Franklin mengadahkan senjatanya ke Trevor, Trevor lalu kabur dengan mobilnya dan Franklin mengejarnya sampai akhirnya mobil Trevor ditabrak mobil Michael dan memecahkan isi tangki truk bensin, seketika Trevor kesakitan dan Franklin menembah tangki tersebut dan membuat Trevor terbakar, tak berapa lama kemudian tangki tersebut meledak, benar-benar brutal dan tragis.

2.  Pilihan B: Membunuh Michael

Ketika Franklin berada di kota kecil di Blaine County, dia bertemu Michael dan Michael menghina dan berkhianat, seketika Franklin menyerang dan mengejar Michael sampai ke atas kilang minyak di sebuah pabrik, ketika dia sudah menghajar Michael dan Michael memegang tangan Franklin dan Michael sedang dalam bahaya atau akan jatuh, jika Franklin melepas Michael, maka kamu akan kehilangan Michael, tapi jika Franklin menarik Michael ke atas, Michael akan memberontak seakan-akan menggigit tangan Franklin sehingga dia jatuh dan mati mengenaskan.

3.    Pilihan C: Tidak membunuh keduanya dan menjadi pahlawan

Michael, Franklin dan Trevor berperang melawan FIB, pertama-tama Franklin menemui temannya dan membutuhkan bantuan, dan akhirnya temannya memberikan bantuan yaitu untuk bekerja sama memberantas FIB serta membunuh anggota FIB seperti Devin, setelah semua rencana telah dipersiapkan, Franklin menemui Lamar dan membawanya ke sebuah pabrik besi, peperangan mulai terjadi, Franklin dan Lamar berperang di luar pabrik sementara Michael dan Trevor berperang di dalam pabrik, benar-benar misi yang melelahkan, mengganti karakter berkali-kali dan banyaknya musuh akan menambah kesusahan di misi yang satu ini, tapi setelah selesai mengalahkan FIB, Michael, Franklin dan Trevor berkumpul untuk mendiskusikan langkah selanjutnya.

Franklin menelepon temannya tadi dan diberikan misi lagi, yaitu Michael disuruh membunuh geng Ballas, Franklin disuruh membunuh Mr.Cheng dan Trevor disuruh membunuh seorang FIB dan menculik Devin. Disaat Franklin mengendarai motornya, dia ditelepon Lamar dan Lamar memberitahukan bahwa dia sudah pulang ke rumah dengan selamat. Setelah semuanya selesai, mereka semua berkumpul di sebuah tempat dekat Lago Zancudo, dan akhirnya Michael, Franklin dan Trevor mendorong sebuah mobil yang berisi Devin yang habis diculik ke sebuah jurang dekat pulau dan mobil tersebut meledak. Inilah akhir yang membahagiakan, Franklin membuat sebuah keputusan agar mereka tidak bekerja sama lagi, namun hanya berteman, Michael dan Trevor setuju, Franklin pulang dengan motornya sementara Michael pulang dengan mobilnya, sayangnya Trevor meninggalkan mobilnya di jalanan, sehingga dia harus terpaksa jalan kaki dan tamat!

ALASAN MENGAPA GTA V TERBAIK BAGI SAYA

  1. Konsep Open-World yang di Implementasikan dengan sangat baik jika dibandingkan dengan game-game serupa
  2. Eksplorasi dari map yang lebih luas dari game-game pendahulu Grand Theft Auto, juga didukung oleh RAGE engine yang membantu mengoptimalkan konsep open world baik dari grafis maupun dari detail rendering (environment maupun objek) memberikan pengalaman yang tiada duanya dalam memainkan game dengan konsep Open-World
  3. 3 Playable character dengan background story yang berbeda menjadikan konsep Open-World tidak hambar dan menjadi lebih menarik
  4. Hal yang menjadikan sebuah game menarik adalah selain dari konsep yang ditawarkan dan kecanggihannya dalam urusan engine, cerita merupakan sebuah bumbu pamungkas yang jika tidak ada menjadikannya hambar. Didalam GTA V, player diberikan suguhan cerita dengan 3 karakter yang masing-masing menjadi menarik dengan caranya masing-masing.
  5. Konsep simulasi kehidupan nyata yang seakan dapat menjadikan player apapun yang dia inginkan (semakin personalized, baik dalam segi penampilan, lalu kustomisasi transportasi, pembelian property dapat menyesuaikan karakter, lalu dapat melakukan transaksi pembelian saham dan jual saham) GTA V benar-benar berhasil dalam memberikan experience yang menarik dan melekat dalam permainannya.
  6. Dalam permainan, GTA V dapat melakukan penyesuaian music background seperti apa yang kita mau. Baik itu rock, maupun EDM, lalu lagu-lagu slow, ini menciptakan pengalaman menarik dalam menikmati eksplorasi map yang begitu luasnya. Seperti menikmati jalan-jalan ringan keliling kota dari Los Santos hingga San Andreas.
  7. Idealis dalam pemberian rating (Mature 17+) juga memberikan tambahan menarik dalam kebebasan yang ditawarkan oleh GTA V, selain bebas dalam melakukan eksplorasi, pemain juga bebas dalam melakukan apa yang mereka mau.

DIMANA LETAK FUN DALAM GTA V?

A.     Achiever

Dalam GTA V, Player diberikan banyak sekali achievement dan challenge-challenge menarik agar player dapat mencobanya ketika bermain. Selain itu, karena customisasi dimana-mana, player diberikan banyak kesempatan untuk memperindah dirinya dari penampilan hingga transportasi.

B.     Socializer

GTA V menghadirkan fitur multiplayer yang dihadirkannya dalam GTA V Online, dimana dalam game tersebut player dapat berinteraksi dan memiliki misi yang berbeda dari Story Mode sehingga tetap menjadi menyenangkan. Dalam GTA V juga sangat memfasilitasi para komunitas-komunitasnya, baik in-game maupun off-game.

C.      Explorer

Karena konsep dari GTA V sendiri merupakan Open World, maka player diberikan akses sebebas-bebasnya melakukan eksplorasi pada dunia yang dihadirkan dalam San Andreas dan Los Santos. Selain itu, beberapa side-mission juga hadir ketika kita melakukan eksplorasi secara mendalam dan GTA V menghadirkan banyak easter egg menarik seperti UFO, organisasi kultus, dan sebagainya.

D.   Killer

Banyak side-mission yang memberikan dan mengharuskan kemenangan untuk player yang memberikan kesenangan tersendiri. Selain itu, karena kebebasan dalam game tidak dibatasi oleh rating (Mature 17+) maka game sendiri sangat bebas hingga dalam melakukan melukai baik NPC (Non-Playable Character) hingga pemain lain.

SCREENSHOT INGAME GTA V



Suasana dari eksplorasi pada malam hari dengan menggunakan mobil pada GTA V


Keindahan landscape yang tak hanya dihadirkan di perkotaan namun juga detail dalam objek-objek lingkungannya.



RAGE Engine yang dimiliki oleh GTA V mampu melakukan rendering detail hingga pada keindahan cuacanya sehingga memberikan kesan lebih hidup.

VIDEO TRAILER

VIDEO GAMEPLAY ON PLAYSTATION


PENULIS:

Abdurrafi ‘Maulana Ghani / 09111740000091 / Manajemen Bisnis


Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger