Game Review : Playdead's INSIDE

Selasa, 17 November 2020

 

Game Review    : Playdead’s INSIDE


 

 

 

Release Date      : June, 29, 2016

Platform              : Xbox One, PS4, Nintendo Switch, Windows, iOS
Game Engine     : Unity
Score                     : 10/10 (Steam) ; 8.7 (Metascore)
Genre                   : Adventure, Sidescrolling-game
Theme                  : Mystery

 

Inside merupakan game besutan sebuah developer studio kecil di Denmark bernama Playdead. Game ini dirilis setelah Playdead vakum cukup lama setelah kesuksesan game pertamanya yaitu Limbo. Inside dirilis pada Juni 2016 dan tersedia di hampir seluruh platform modern seperti Xbox One, Nintendo Switch, dan PC. Game ini mengusung tema misteri dengan mekanik permainan side-scrolling.

Secara garis besar, cerita dari permainan ini yaitu tokoh utama yang terjebak pada tempat dan situasi yang mencekam dan penuh misteri dan diharuskan untuk survive dengan cara berjalan mencari jalan keluar dengan berdasarkan petunjuk-petunjuk yang di berikan pada permainan. Selain itu, player juga harus menyesuaikan gerak-gerik dengan situasi yang sedang terjadi di scene permainan.

Permainan ini sangat minim petunjuk, tidak ada teks narasi, maupun voice over yang menuntun jalannya cerita. Pada awal permainan, tanpa petunjuk yang jelas, tiba-tiba player langsung mengendalikan karakter utama yang merupakan anak laki-laki didalam ambience scene yang gelap dan mencekam.  Tokoh utama harus mengendalikan karakter dengan benar sesuai situasi yang sedang terjadi di setiap scene dan akan berakhir kematian apabila tidak sesuai. Animasi kematian karakter pun disajikan dengan amat detail dan brutal sehingga memberikan kesan tersendiri yang membuat game ini mendebarkan.

Adapun beberapa poin penting yang membuat permainan ini sangat menarik, diantaranya yaitu :

1.       Grafis yang sangat menarik. Game ini menggunakan tampilan 2.5D, dan didukung oleh digital environment yang sangat mendukung suasanya yang dibawa;suram dan mencekam.

 





 

 

 

 

 

 


Ciri khas grafis yang dibawa pada game ini yaitu suguhan kontras dalam scene, sehingga sangat membangun dark environment. Walaupun tidak seberat grafis game AAA, display environment game ini sangat memanjakan mata.

2.       Audio Design yang detail. Aspek berikutnya yang menjadi pendukung suasana pada permainan ini yaitu sound effect dan scoring yang detail. Suara yang digunakan dapat membawa suasana menjadi mendebarkan walaupun tidak dengan ritme yang intens. Sebagian besar soundeffect yang digunakan yaitu suara frekuensi rendah seperti Langkah kaki, suara detak jantung, dan ambience sound lainnya.

3.       Cerita yang tidak terungkap jelas. Developer tidak membeberkan jelas cerita dan situasi apa yang sebenarnya terjadi pada permainan ini, sehingga tiap-tiap player punya teori dan penafsirannya masing-masing dan membuat terus bertanya-tanya sepanjang permainan.

4.       Gameplay terlihat sederhana. Permainan ini sangat mudah secara teknis, hanya side-scrolling game yang tidak membutuhkan keahlian serta kecepatan tangan. Permainan ini juga dapat diselesaikan hanya dengan waktu 5-6 Jam saja. Namun dengan gameplay yang singkat dan mudah, ambience dan pengalaman yang dirasakan sangat tercapai.

5.       Dikembangkan dengan software unity. Banyak hal yang dapat dipelajari dalam pengambangan game ini, mulai dari penataan dan efek-efek grafis, animasi, hingga mekanik permainan, serta banyak dokumentasi serta pembahasan oleh game-game developer di internet.

Theory of Fun : permainan ini cenderung mendapatkan aspek Theory of fun di bagian killer. Karena secara keseluruhan aspek utama yang disajikan adalah tentang suasana mencekam, kesunyian, kesendirian, brutalisme, dan kematian.






Gameplay dan UI yang sederhana, mengedepankan aspek kontras pada grafis


 










Aspek-aspek grafis yang dapat dipelajari di unity

 
 


 

Link Trailer              : https://www.youtube.com/watch?v=yDm6PAgNohU

Link Gameplay        : https://www.youtube.com/watch?v=vPcolQbesz4

Link Game               : https://store.steampowered.com/app/304430/INSIDE/

 

 

 

08411740000004/Ramadhani Rijal/Desain Interior

PPG2020

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger