Game Review: Spelunky 2

Rabu, 18 November 2020

 

Director                     : Derek Yu
Developer                    : Mossmouth, Blitzworks
Publisher                    : Mossmouth
Genre                        : Platform game, Rogue-like
Tema                         : Underground
Official Site                : Spelunky 2
Platform                     : Windows, PS4
Rating                       : TEEN (ESRB), 16+ (PEGI)
Store Page                   : Steam, PS4
 
Spelunky 2 adalah penerus dari game populer Spelunky. Sama seperti kakaknya, Spelunky merupakan karya dari Derek Yu, dalam segi gameplay mereka menawarkan hal yang serupa, Procedurally Generated Levels yang membuat setiap kesempatan kita bermain terasa berbeda, banyaknya rahasia-rahasia yang bisa ditemukan player, mekanik yang simple namun susah untuk dikuasai, dan banyak lagi.
 
 
landing page Spelunky 2

 Story

    Kita adalah Ana, anak perempuan dari explorer dari game pertama, yang mendatangi bulan untuk mencari orang tuanya. Dalam game, Ana harus melewati tempat berbahaya dengan musuh dan jebakan untuk mengumpulkan harta karun. Ketika mati, ana akan mengulang eksplorasinya dari awal.
 

 Mekanik

    Aturan main utama sangatlah mudah, hindari musuh agar tidak terkena damage, kumpulkan uang dan harta karun untuk meningkatkan score, dan lanjut ke level selanjutnya sebelum hantu yang menghantui gua datang dan membunuhmu. Player diberikan senjata default berupa cambuk, yang bisa digunakan untuk menyerang musuh atau menghancurkan benda. 
    Player diberikan kemampuan untuk mengambil dan melempar barang barang yang ada di level. Player juga diberikan kemampuan untuk lompat, bergantung dari ujung platform, menaiki tangga dan memanjat tali.
    Selain itu, player juga diberikan beberapa Item seperti Bom dan tali dalam jumlah terbatas untuk membantu eksplorasi. Player juga bisa mengambil equipment yang mungkin ditemukan di level, equipment ini membantu player dengan memberikan kemampuan tambahan seperti meningkatkan kekuatan lompat.
    Setiap kali anda bermain Spelunky 2, anda akan selalu merasakan level yang baru, hal ini dikarenakan level yang ada pada Spelunky 2 ini dibuat secara prosedural oleh program, yang memastikan bahwa level yang dihasilkan program ini hampir tidak mungkin sama

Kenapa ini terbaik

  1. Spelunky 2 menyediakan granular difficulty, player bisa memilih bagaimana kesulitan mereka dalam memainkan game ini, tanpa merasa dipaksa memilih opsi tingkat kesulitan di awal. Dalam memainkan game, jika player merasa mereka ingin lebih susah, mereka bisa dengan mudah memilih rute rute yang lebih berbahaya namun menghasilkan score yang lebih banyak.
  2. Spelunky 2 memiliki infinite replayability, dengan adanya level baru setiap kita bermain, hal ini memastikan susahnya kita merasa bosan dengan memainkan game ini
  3. Mekanik yang simple, namun ternyata dalam. Contohnya mekanik cambuk, ternyata karena hitbox cambuk yang mulai dari belakang atas, player bisa menggunakan cambuk ini untuk memukul musuh yang berada di atas mereka, dan juga bisa digunakan untuk memukul jebakan panah jika timing player tepat.
  4. Spelunky 2 sangat menantang, banyak hal yang dengan mudah mengakibatkan player untuk mati, contohnya seperti spike, jika player jatuh ke spike, tidak peduli berapapun nyawa player, maka player akan mati.
  5. Spelunky 2 memiliki sangat banyak rahasia yang player bisa temukan jika mereka menyadarinya, hal ini termasuk hidden level, alternate ending, secret character, dan banyak lagi. 
 

Kenapa ini Fun 

  • Killer : Bisa bersenang-senang mengalahkan dam membunuh musuh dan boss yang menantang.
  • Socializer : bisa berkerja sama dengan bermain bersama teman.
  • Achiever : bisa mengumpulkan banyak achievement dengan mengeksplorasi atau mengumpulkan skor tertinggi.
  • Explorer : bisa mengumpulkan banyak rahasia-rahasia yang ada di level levelnya, dan mencoba membuka semua yang ada di Entry Journal.

Screenshot

 
 Entry Journal yang mencatat hal hal yang kita temui di game
 
 
 Stage 4, tide pool, madame tusk's gambling den
 
  Stage 1 midboss, Quillback
 
  Alternate stage 2 , Volcana
 
 Stage 2, Jungle
 
 Stage 1,The Dwelling
 
The Ghost
  
 

Launch Trailer


Gameplay Trailer
 
 
 
 Review ini ditulis oleh :
05111840000067 / Imam Rafii Al Dzakwan
 
 
 
 
 
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger