REVIEW GAME: STARDEW VALLEY

Selasa, 17 November 2020


Title      : Stardew Valley

Genre   : RPG

Tema    : Pertanian,Life Simulation

Rating  : Everyone



                        Stardew Valley, salah satu game karya developer indie CorcernedApe yang juga dibuat oleh satu orang bernama Eric Barone. CornernedApe adalah Eric Barone. Seluruh assets pada game mulai dari art, sound effect, hingga music dirancang oleh Eric kecuali fitur multiplayer pada update 1.3. Game yang rilis pertama kali di platform PC pada Februari, 2016 ini dalam 2(dua) bulan perilisannya telah menghasilkan 1(satu) juta kopi terjual. Beberapa bulan kemudian tepatnya bulan Desember dirilis juga pada konsol Xbox One dan Playstation 4, diikuti Switch pada akhir 2017 dan iOS di Oktober, 2018. Terdapat tiga update besar setelah pada game ini setelah rilis yakni map baru, pilihan menikah dan konten lainnya. Kedua, pilihan bahasa yang mencakup German, Spanish, Brazilian Portuguese, Russian, Japanese dan Simplified Chinese. Ketiga adalah pembaharuan pada fitur multiplayer networking-nya. Semenjak dirilis, game ini telah terjual lebih dari 10 juta kopi.

Game ini memiliki plot story sederhana sehingga siapa pun bisa memainkannya. Pandangan pertama, kita akan melihat seorang kakek yang terbaring setelah menuliskan sepucuk surat untuk seseorang, kakek itu tak lain dan tak bukan adalah kakek kita pada game ini. Scene berubah menuju kantor Joja Company, disitu kita duduk dan sedang bekerja seperti biasanya pada desk. Kita sebagai player membuka sepucuk surat yang telah dituliskan oleh kakek, singkatnya berisikan bahwa hidup dengan alam lebih menyenangkan, dan diakhir surat dititipkan sebuah rumah di pedesaan bekas kakek dulu disana. Cerita pun dimulai bagi kita untuk mengembangkan kebun dan bersosial dengan masyarakat di desa Stardew Valley. Tentunya, banyak task dan aktifitas yang bisa kita lakukan disana. Mulai dari bercocok tanam, bertambang, dan memancing dapat kita lakukan. Termasuk menyelesaikan beberapa permintaan dari warga desa termasuk misteri-misteri yang ada disana. Cerita semakin menarik dengan empat season yang menawarkan suasana berbeda. Ini mengingatkan penulis juga para pembaca sekalian dengan game Harvest Moon yang pernah dimainkan semasa kecil.

Game ini tidak sulit untuk dipahami. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana Eric membuat mekanik yang ringan. Beberapa alat penunjang juga dilengkapi upgrade yang dapat membuat player semakin mudah dan efisien dalam memainkan game ini dan fokus pada beberapa event dan tasks yang semakin kompleks. Energy bar juga disertakan untuk memberi tahu para player kapan character-nya perlu istirahat, sebelum akhirnya pingsan dan drop seluruh item-nya. Selalu siapkan persediaan makanan untuk menambah energy bar apalagi disaat ingin melakukan penambangan. Mengembangkan ladang pertanian, mengumpukan ikan, menambang semua jenis mineral, hingga melakukan event musiman, rasanya hampir seluruh aktivitas dapat dilakukan dan merasakan hidup di country-side.

Beberapa dialog dan cut-scene akan dimunculkan tergantung apa yang sedang dan akan lakukan. Termasuk siapa yang akan kita kencani, semua punya ­multi-plot—itu pun tergantung jenis kelamin karakter yang dipilih—pada setiap karakter dalam desa. Bertemanlah dengan seluruh karakter desa untuk membuka satu per satu dialog rahasia yang telah disajikan. Adapun akhir permainan ini memiliki setidaknya tiga hal, mulai dari membuka kembali bangunan desa yang “angker”, membeli minimart Joja, dan membuka pesan akhir almarhum kakeknya.

Penulis merangkum lima alasan mengapa Stardew Valley menjadi game terbaik dan layak untuk dimainkan. Hal pertama yang akan dirasakan saat memainkan game ini adalah memoriable, karena jujur saja, game ini mengingatkan penulis dengan Harvest Moon yang telah dimainkan semasa kecil. Kedua adalah mekanik, ketika memulai permainan ini, tidak banyak mekanik yang dilakukan, hanya untuk berjalan, memilih item dan memakainya. Ketiga, storyline sederhana dan unik menambah kesenangan dalam memainkannya diikuti juga background story setiap karakter desa yang ringan untuk diikuti. Keempat adalah musik, musiknya sangat easy listening dan nyaman sambil memainkan game ini. Selain itu, penyesuaian musik dengan season, dan tempat semakin membuat hidup game besutan Eric ini. Terakhir yang tidak kalah penting adalah update. Meskipun Stardew Valley merupakan game rilisan lama tahun 2016. Hingga saat tulisan ini dibuat tahun 2020, pihak developer terus memberikan update-nya sehingga para player merasakan hal-hal yang terus baru setiap update-nya. Bonus! Kita dapat mengundang hingga 3(tiga) pemain lainnya untuk bersama membantu membangun desa dan menyelesaikan beberapa tasks.

Secara teori, Stardew Valley memiliki kesenangan sesuai dengan 4(empat) player personality. Archiever (A), setiap player mampu untuk melakukan upgrade pada alat-alat yang biasa dipakai dengan memakai ore hasil tambang. Banyak juga item yang dapat digunakan oleh player untuk mempermudah aktivitas. Secara Socializer (S), setiap player akan mendapatkan hati seiring dekatnya player dengan warga desa lainnya. Selain itu, akan membuka dialog dan cut-scene tersembunyi sekaligus. Pada Explorer (X), player dapat membuka beberapa area baru dalam peta dengan beberapa cara khusus dan membuat pengalaman permainan semakin luas. Terakhir adalah Killer (K), player dapat mengikuti beberapa event setiap season-nya dan mengoleksi kemenangan dari situ, apabila belum bisa menjuarainya pada tahun itu, dapat dilakukan kembali pada tahun berikutnya. Baik secara pengalaman, maupun secara teori, game ini sangat layak untuk dimainkan, dan tentunya sangat menyenangkan apalagi dimainkan bersama teman.

Game ini dapat dicari pada platform game seperti Steam maupun console Playstation, X-Box, Switch, iOS, serta Android dan dapat dimainkan secara multi-platform. Websitenya dapat dikunjungi pada situs resminya untuk mendapatkan beberapa informasi lebih lanjut terkait game, blog, dan community pada link https://www.stardewvalley.net/ .

Diatas merupakan beberapa cuplikan gambar beberapa aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti pada pojok kiri atas, player dapat melakukan basic farming sekaligus menata seluruh ladang yang tersedia. Juga ada night market pada kanan ketiga dari atas yang dapat kita temukan dalam game pada event tertentu. Multiplayer yang disajikan juga memungkinkan kita berkuda dengan teman-teman pada cuplikan gambar kanan atas.

Penulis                   à (09111740000020/Ilham Rinaldi/ Manajemen Bisnis)

Trailer Game         à https://youtu.be/ot7uXNQskhs

Game Demo          à https://youtu.be/-vlBE3vSfNU

Official Website    à https://www.stardewvalley.net/

   

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger