Marvel’s Spider-Man: Game Spider-Man Terbaik yang Pernah Ada!

Selasa, 17 November 2020

 

·       Title : Marvel’s Spider-Man

·       Developer : Insomniac

·       Publisher : Sony Interactive Entertainment

·       Genre : Action, Open World, Adventure

·       Platform : Mobile (Android dan IOS), PC, PS4

·       Theme : Fantasy

·       Rating : Teen 13 + (ESRB)


Deskripsi

Sony Interactive Entertainment merilis secara eksklusif “Marvel’s Spider-Man” untuk PS4 pada September 2018 lalu. Games ini mendapatkan banyak reaksi positif dari para gamer terutama untuk para fans Spider-Man.

Game besutan Insomniac Games selalu memiliki kualitas andalan. Apalagi karakter Marvel ini sangat kuat sekali peran-perannya dalam film filmnya. Disini Marvel adalah pihak pertama yang mengajukan proyek game adaptasi ini kepada Sony, hingga akhirnya dilanjutkan pada Insomniac yang dinilai adalah developer paling tepat untuk menanganinya. Meskipun saat ini telah banyak game adaptasi Spider-Man yang beredar di pasaran namun tidak ada satupun yang mampu memberikan “sensasi” dan pengalaman yang menarik.

Berbeda halnya pada game buatan Insomniac ini. Game ini benar-benar membuat para player “menjelma” menjadi Spider-Man dengan sistem traverse yang seamless.


Aturan Main / Alur Cerita

Game ini berlatar 8 tahun sejak Peter Parker diberikan kekuatan oleh laba-laba yang termutasi secara genetik, dan memberikan ia kekuatan super.


Cerita di mulai dari NYPD yang menyerbu Wilson Fisk alias KINGPIN yang dipimpin oleh Kapten Polisi NYPD, Yuri Watanabe. Yuri pun meminta bantuan Spider-Man untuk menangkap Fisk sebelum dia menghancurkan semua bukti-bukti yang memberatkan dirinya.

Spider-man pun berhasil menggagalkan rencana Fisk tersebut sekaligus meringkusnya. Namun Fisk memberikan peringatan kepada Spider-Man, kalau dirinya lah yang menjaga ketertiban di New York ini. Tidak lama setelah itu, grup yang menamakan diri the Demons, mulai mengambil alih aset-aset Fisk. Apa yang sebenarnya menjadi tujuan the Demons ini?


Mengapa Menurut Saya Game ini Terbaik?

Hal pertama yang perlu diketahui adalah Kesukaan tiap orang berbeda-beda karena subjektif. Saya memilih game ini terbaik karena Spider-Man merupakan figure favorit saya sejak kecil hingga sekarang.

Bisa saya simpulkan beberapa poin mengapa Marvel’s Spider-Man menurut saya adalah game terbaik:

1.      Sistem Transverse yang Seamless

“Sistem Tranverse” yang dimaksud adalah ketika menjadi karakternya. Jadi rasanya kita bisa ikut merasakan bergelantungan menjadi Spidey. Karena sejak karakter komik Spider-Man diadaptasi menjadi sebuah game, cara-cara bergelantungan dan motion yang diberikan masih belum terasa sehalus game ini.

2.      Open World yang Menarik

Game ini berjenis Open-World. Artinya dalam game ini kita bisa bebas menjelajahi environment pada gamenya. Ada berbagai side mission dan collectible item yang bisa diselesaikan. Dan kita akan mendapatkan Exp Reward.Keunikan pada game ini kita bisa memainkan banyak gadget-gadget Spidey dan membuka kostum-kostum terbaru dari Spider-Man Marvel Universe.

3.      Banyak fitur-fitur yang bisa dimainkan pada karakter utama seperti membuat gadget (Spider-Drone, dsb), kemudian kostum kostum yang menarik.




Aspek of Fun:

1.      Achiever (Mendapatkan kesenangan – yg memantik panca indera)

-        Memperoleh achievement berupa equipment pada Spidey Suit (kostum) tiap kali menjalankan misi dan level yang dikerjakan.

-        Mendapatkan gadget-gadget pendukung pada teknologi Spidey dan Skill serta gerakan-gerakan terbaru

-        Banyak Stories yang terbuka (berupa film) ketika menyelesaikan suatu misi

2.      Socializer (Mendapat kesenangan berupa kedudukan sosial)

-        Tidak banyak aspek socializer disini. Mungkin ketika online di PS4 dan bisa diketahui level dan kedudukan player mampu memberikan dampak kesenangan

3.      Explorer (Kesenangan dari hal hal baru)

-        Karena bersifat open world, banyak hal yang dirasakan pemain disini. Mampu mendapatkan misi misi yang spesial

-        Terdapat banyak easter eggs (banyak pesan-pesan tersembunyi yg berhubungan terhadap orisinalitas alur filmnya)

4.      Killer – Pelampiasan Emosi

-        Ketika kalah dan melakukan battle ulang bisa memnangkan

-        Tidak banyak aspek Killer disini karena level game yang agak monoton

2.  Not Fun 

·        Boss Fight yang Monoton

Gameplay game dapat saya ilustrasikan menjadi seperti berikut. Kekurangan game ini adalah tidak adanya invoasi atau kebaruan ketika karakter di tahap “Boss Fight” Ketika naik ke level-level berikutnya, Rasa yang dirasakan hampir sama. Sehingga pemain bisa merasakan kebosanan karena hanya melakukan hal yang sama (repetisi)





Game Trailer:


Gameplay:


·  NAUFAL AFTHONY / Desain Interior 2017 / 08411740000010

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger