Red dead Redemption 2

Selasa, 17 November 2020

 




Judul                                         : Red Dead Redemption 2
Genre                                        : Action Adventure, Open World
Tema                                         : Representasi fiksi america barat, Real Life Simulation
Overall Review on Steam        : Very Positive (107.292 reviews)
Rating Kategori                       : Mature 17+ (ESRB)


Link to Games
https://store.steampowered.com/app/1174180/Red_Dead_Redemption_2/
https://www.rockstargames.com/reddeadredemption2/
https://www.epicgames.com/store/en-US/product/red-dead-redemption-2/home


TENTANG RED DEAD REDEMPTION 2

Amerika, 1899. Akhir era Wild West telah dimulai. Setelah perampokan terjadi di kota barat Blackwater, Arthur Morgan dan geng Van der Linde terpaksa melarikan diri. Dengan agen federal dan pemburu hadiah terbaik di negara ini berkumpul di belakang mereka, geng harus merampok, mencuri dan berjuang melintasi jantung Amerika yang keras untuk bertahan hidup. Karena perpecahan internal yang semakin dalam mengancam untuk menghancurkan geng tersebut, Arthur harus membuat pilihan antara cita-citanya sendiri dan kesetiaan kepada geng yang membesarkannya.

ALUR CERITA

Di sebuah pagi yang indah di kota kecil bernama Rhodes, Arthur Morgan baru saja menyelesaikan sarapannya. Hari memang terbilang masih dini, tapi apa salahnya untuk menikmati sedikit minuman alkohol bukan? Arthur mulai berjalan ke arah bartender, saat dua pemabuk masuk dari pintu belakang. Sempat beradu mulut, dua individu anggota Lemoyne Raiders itu tiba-tiba menyerang seorang pelanggan.

Arthur tak jadi memesan minuman, karena saya terlalu terkesima melihat insiden tersebut. Dan tanpa menunggu lama, kedua pemabuk mulai menumpahkan kekesalannya pada Arthur. Saya punya beberapa pilihan di sini: pergi dengan damai, atau tetap berada di sana dan melihat apa yang selanjutnya akan terjadi. Seperti yang mungkin bisa Anda tebak, Arthur akhirnya terlibat baku hantam dengan para anggota geng.

Kejadian di atas merupakan satu dari banyak skenario tak terduga yang akan ditemui para pemain Red Dead Redemption 2. Kejutan dan ketidakpastian di sana tercampur secara dinamis dengan dunia permainan kompleks yang dirajut penuh detail oleh Rockstar Studios. Red Dead Redemption 2 bukanlah Grand Theft Auto versi koboi. Sejatinya, game ini adalah simulator kehidupan ‘American Old West’ yang berpeluang menghabiskan ratusan jam hidup Anda.





STARTS REALLY SLOW...

    Red Dead Redemption 2 dibuka dengan begitu lambat. Di awal cerita, dikisahkan bahwa geng Van der Linde gagal menjalankan suatu operasi di Blackwater dan terpaksa melarikan diri dari kejaran agen Pinkerton. Hal tersebut memaksa mereka mengungsi ke daerah dingin dan terpencil di atas gunung. Dan dari sana, permainan pelan-pelan mengajarkan gameplay dasar seperti menembak, berburu, dan berkuda.



    Penyajian linier ini berlangsung kurang lebih selama 20 jam, dan mungkin inilah saat-saat kritis penguji kesabaran. Di sana Anda menyadari bagaimana Arthur Morgan bergerak dengan lambat, apalagi ketika ia berjalan menembus tumpukan salju. Melalui momen introduksi ini, RDR2 secara tak langsung mencoba memberi tahu pemain bahwa ia merupakan game yang harus dinikmati secara perlahan-lahan.

    Dunia permainan baru mulai terbuka luas ketika Chapter 1 berakhir, tepatnya saatnya geng Van der Linde telah menemukan lokasi untuk bermukim. Perkemahan ini adalah pusat operasi geng. Di sana Anda bisa berkenalan lebih jauh dengan tokoh-tokoh lain serta mengerjakan sejumlah aktivitas (memotong kayu bakar, memberi makan hewan, menyiapkan air bersih). Di tempat ini pula lah mayoritas quest utama diberikan.



    Red Dead Redemption 2 bukanlah game bagi mereka yang ‘ingin selalu buru-buru’. Efek positif dari pendekatan ini adalah, kita punya banyak waktu untuk menikmati segala konten yang tengah disuguhkan di depan mata, serta jadi lebih cermat dalam menangkap segala detail tersembunyi, seperti kotak deposit di bawah meja atau tumbuhan wortel liar buat konsumsi kuda Anda.

    Di Red Dead Redemption 2, sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk pergi dari satu titik ke titik lain. Namun perjalanan jarang sekali membosankan. Selalu ada kejadian menarik, menegangkan, ataupun hal-hal pengalih perhatian. Dalam perjalanan, Anda bisa saja menemui orang yang butuh pertolongan, dihadang geng rival, atau mungkin menemukan jejak hewan buruan yang sedang Anda cari.




ATURAN MAIN UTAMA

ROLE PLAYING + SIM

    Red Dead Redemption 2 juga menyimpan sistem leveling ala role-playing yang diimplementasikan ke banyak elemen. Seandainya Anda ingin meningkatkan stamina, suruhlah Arthur berlarian ke sana-sini. Ingin memperpanjang durasi dead eye (slow motion)? Banyak-banyaklah menembak. Lalu pertarungan tangan kosong yang Arthur lakukan bisa menambah health bar. Hal ini bahkan diterapkan pada kuda tunggangan Anda. Semakin dekat hubungan hewan ini dengan tuannya, maka ia kian mudah dikendarai dan dapat melakukan lebih banyak manuver.



    Arthur Morgan memang mempunyai jalan pikirannya sendiri (ia tidak akan menerima ‘tawaran’ wanita-wanita penghibur), namun karakteristik serta penampilannya bisa Anda bentuk sesuai imajinasi: jadi individu baik atau buruk, mengenakan pakaian yang rapi dengan rambut dan dan jenggot terawat, atau berantakan layaknya penjahat-penjahat di kisah Wild West.

    Kustomisasi bisa Anda lakukan pada hampir seluruh hal, contohnya warna dan pola pakaian (baju, celana rompi, sampai spur di sepatu boot Arthur), gaya rambut, persenjataan (mengutak-atik pistol merupakan bagian favorit saya) hingga penampakan kuda peliharaan dan pelananya. Terlalu banyak atau kurang makan juga memengaruhi wajah dan tubuh sang jagoan, kemudian rambut dan jenggot akan panjang secara natural – kita bisa memotongnya dengan gaya tertentu atau membiarkannya.



SKENARIO

    Rockstar Studios kembali menggunakan Honor System di RDR2, yaitu sistem yang mengukur baik buruknya tindak-tanduk Arthur Morgan. Menyakiti orang tak bersalah, merampok, mencuri, menggeledah mayat karakter non-antagonis atau sekadar membiarkan hewan buruan mati kehabisan darah akan menyebabkan poin Honor jadi berkurang; sedangkan perbuatan-perbuatan baik dapat menaikkan rating-nya. Di Red Dead Redemption 2, Arthur bisa berinteraksi dengan semua karakter lewat cara yang baik ataupun kasar.

    Menyerang kereta dan melakukan aksi perampokan memang terdengar seru dan menghidupkan imajinasi kita tentang film-film Old West, tapi dari pengalaman saya, ada banyak keuntungan menjadi karakter baik: toko dan pedagang akan memberikan Anda potongan harga, ada lebih banyak item dan pakaian yang dapat kita akses, lalu musuh-musuh yang Anda kalahkan akan menjatuhkan lebih banyak tonic dan obat.

KENAPA GAME INI TERBAIK MENURUT SAYA

  1. Ini adalah cerita/kumpulan cerita, tentang kemunduran cara hidup, ketika sekelompok kecil penjahat berusaha lebih keras untuk berlari lebih cepat dari kemajuan modernitas Amerika yang tak terhindarkan, serta musuh dan penegak hukum yang telah mereka lawan pada jamannya.
  2. Dengan Cerita yang literal dan di kemas dengan open world game ini sangatlah berhasil membrikan kesan yang selalu menarik karena di setiap sisi ada aktivitas NPC yang tak terduga.
  3. Game ini sangatlah detail, dari detail kecil sampai besar dari gameplay sampai grafik game ini membuat saya takjub.
  4. Pembangunan dalam setiap karakter dalam game ini dikemas dengan sangat baik, sehingga ada sentuhan perasaan kepada player ketika terjadi apa-apa dengan karakter tersebut.
  5. Dunia dalam game ini sangatlah detail dan indah, seusai dengan latar Amerika, 1899. Game ini berhasil membuat semua aspek didalamnya hidup

DIMANA LETAK FUN MENURUT SAYA


Achiever

Dalam Red Dead Redemption 2, Player diberikan banyak sekali achievement dan challenge-challenge menarik agar player dapat mencobanya ketika bermain. Selain itu, karena customisasi dimana-mana, player diberikan banyak kesempatan untuk memperindah dirinya dari penampilan hingga transportasi.

B. Socializer

Dalam game ini terdapat banyak sekali interaksi kepada setiap NPC nya, dan interaksi sangat lah bergantung pada sikap kita ke mereka atau sejarah kejahatan atau kebaikan yang pernah kita lakukan, sehingga membuat player merasa fresh. Ada juga fitur online multiplayer di game ini, namun masih kalah dengan multiplayer GTA V.

C. Explorer

Karena konsep dari Red Dead Redemtion sendiri merupakan Narrative-Open World, maka player diberikan akses sebebas-bebasnya melakukan eksplorasi pada dunia yang dihadirkan didalamnya . Selain itu, beberapa side-mission juga hadir ketika kita melakukan eksplorasi secara mendalam dan  menghadirkan banyak easter egg menarik .

D. Killer

Banyak side-mission yang memberikan dan mengharuskan kemenangan untuk player yang memberikan kesenangan tersendiri. Selain itu, karena kebebasan dalam game tidak dibatasi oleh rating (Mature 17+) maka game sendiri sangat bebas hingga dalam melakukan melukai baik NPC (Non-Playable Character) hingga pemain lain dan juga dapat memangsa hewan-hewan liar.

SCREENSHOT IN-GAME RED DEAD REDEMPTION 2







REZA ANANDA MUSTAFA 
08111640000089















Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger