Review Game : Dota 2

Rabu, 18 November 2020

 DOTA 2 Review


Platform: Microsoft Windows, OS X, Linux
Genre: Real Time Strategy (MOBA)
Tema: Fantasy
Rating: 90 dari Metacritic serta "mostly positive" dan "very positive" dari user reviews Steam

Defense of The Ancients atau Dota 2 merupakan game yang di-remastered dari custom map Dota dari permainan Warcraft III buatan Blizzard Entertainment. Game ini dirilis Valve pada Juli 2013 dan sekarang menjadi salah satu most-played game di Steam dengan jutaan player aktif setiap harinya. Dota 2 dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi ke dalam 2 tim: Radiant dan Dire.

Story

“Before the beginning of all, there existed a presence: a primordial mind, infinite, awesome, and set to inscrutable purpose. As the universe thundered into being, this mind was fragmented and scattered. Two among its greater fragments--who would come to be named Radiant and Dire--found themselves locked in vicious opposition, and began twisting all of creation to serve their conflict.

As war and cataclysm threatened the nascent cosmos, the will of a third fragment made itself known. Naming itself Zet, this intellect sought to resolve the disharmony and return all to perfect unity. Appalled by its kin's conflicting nature, Zet gathered the sum of its power. In a sudden flash, it overwhelmed its siblings, and fused the warring aspects into a stellar sphere before hurling them into the darkness to orbit a nondescript world. Harmony was restored, though only the barest fraction of Zet's strength remained. Setting its gaze on the prison, Zet chose to use its weakened power to serve as watchful warden until time's end. For uncounted aeons, this vigil stood.

Life flourished upon the world below, oblivious to the dangers imprisoned within the softly glowing moon, or of Zet's struggles to contain them. As the captives' eternal clash reverberated within, the surface of the prison shuddered, over time beginning to crack. Ultimately, Zet's depleted power proved insufficient to contain the breach, and at last the moon was shattered. The prison's ancient inhabitants had escaped to sow their conflict anew.”

Aturan Main Utama

Permainan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari kumpulan hero yang ada. Saat ini Dota 2 memiliki total 119 hero yang terbagi ke dalam 3 jenis yaitu 39 hero Strength, 37 hero Agility, dan 43 hero Intelligence. Hero Strength umumnya memiliki HP yang lebih tinggi sehingga bisa menerima lebih banyak serangan, hero Agility memiliki damage yang lebih tinggi serta attack speed yang cepat, sedangkan hero Intelligence memiliki jumlah mana dan skillset yang sangat kuat. Setiap hero memiliki skillset atau kombinasi jurus yang unik, dan hero dapat diperkuat dengan berbagai cara. 


Tujuan dari permainan ini adalah mempertahankan bangunan Ancient masing-masing tim dan di saat yang sama, menghancurkan Ancient lawan. Setiap permainan dapat berdurasi sekitar 15 menit hingga 50 menit. Namun pada beberapa kasus dapat berdurasi lebih dari 1 jam. Team dibagi menjadi Radiant dan Dire. Tim Radiant berada di posisi kiri bawah dan Dire berada di posisi kanan atas. Setiap tim terdiri dari 5 hero yang masing-masing dikontrol oleh 5 pemain. Terdapat 3 lane utama yang saling menghubungkan kedua tim yaitu middle, top, dan bottom lane.


Pada setiap lane terdapat creep dari masing-masing team yang secara otomatis bergerak untuk menyerang musuh di depannya. Di setiap lane terdapat 3 buah tower yang bertugas menjaga base dari serangan musuh. Di setiap lane juga masing-masing terdapat 2 buah bangunan barrack yang bisa dihancurkan dan akan merugikan tim yang kehilangan barrack tersebut. Jika suatu tim kehilangan barrack pada suatu lane, maka di lane tersebut tim lawan akan mulai mengirim super creep yang lebih kuat dibandingkan creep biasa. 


Apabila tim kehilangan semua barrack, maka tim lawan akan mengirimkan mega creep yang merupakan jenis creep terkuat dalam game ini. Permainan berakhir ketika bangunan Ancient milik salah satu tim dihancurkan.

Hero adalah karakter unik yang dapat dimainkan oleh setiap player. Pada setiap hero terdapat HP dan Mana bar. HP bar adalah nilai yang tertera pada hero yang berguna sebagai penunjuk jumlah darah yang tersisa. Jika HP bar mencapai 0, maka hero tersebut akan mati. Mana bar adalah sejumlah nilai yang diperlukan untuk mengaktifkan suatu skill hero. Hero tidak akan mati apabila Mana bar-nya mencapai 0, hanya berpengaruh dalam penggunaan skill saja. 


Jenis hero secara combat type dapat dibagi menjadi 2, yaitu Melee dan Ranged hero. Hero melee memiliki jangkauan serangan yang pendek, sedangkan hero ranged memiliki jangkauan serangan yang lebih panjang. 

Role adalah pembagian tugas dalam permainan. Role dibagi berdasarkan jumlah potensi farm yang bisa didapat. Umumnya role dibagi menjadi 5. Adapun kelima role tersebut adalah:

  • Carry
Role Carry adalah role yang bertugas sebagai damage dealer atau pemberi damage utama pada saat war. Pada umumnya, hero yang tergolong carry adalah hero agility. Keberhasilan dari permainan juga biasanya bergantung dari seberapa kuat hero carry suatu tim pada saat tempo late game. 

Seorang carry haruslah mendapatkan jumlah farm yang besar, dikarenakan hero carry baru dapat memberikan efek yang signifikan ketika memiliki item yang bagus. Oleh karena itu, seorang carry harus mengutamakan farming dan leveling terlebih dahulu sebelum terlibat dalam pertarungan tim.

Hero carry sebaiknya didukung minimal oleh seorang support untuk memastikan masa  farming dan leveling-nya tidak terganggu.

  • Midlaner

Midlaner adalah role yang bertugas untuk mengatur tempo permainan atau juga biasa disebut playmaker. Role ini umumnya bertipe hero Intelligence. Midlaner sebisa mungkin harus dapat mengatur antara waktu farming dan waktu menyerang lawan. Role midlaner haruslah dapat beradaptasi dengan alur permainan. Umumnya midlaner berada pada posisi satu lawan satu melawan midlaner tim musuh.

  • Offlaner

Offlaner adalah role yang tergolong sulit untuk dimainkan, sebab offlaner akan berhadapan dengan lane yang dijaga oleh hero carry bersamaan dengan hero support lawan. Sebisa mungkin offlaner harus bisa melakukan farm meskipun susah.

Biasanya offlaner merupakan hero tipe strength sehingga bisa bertahan lebih lama di jalur offlaneOfflaner juga harus dapat mengganggu role carry lawan dalam hal farming dan leveling, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Dengan membuat space (situasi dimana perhatian tim lawan tertuju pada offlaner, agar hero carry tim dapat melakukan farm tanpa gangguan), akan memudahkan tim untuk mencapai objective.

  • Semi Support / Ganker

Role ini bertugas untuk membantu semua lane yang sekiranya membutuhkan bantuan. Role ini tidak terlalu fokus dengan item dan level meskipun hal ini termasuk faktor yang penting. Semakin bagus seorang ganker, semakin bagus pula potensi nya dalam membantu teman setimnya.

  • Hard Support
Role ini tidak mementingkan sama sekali item dan leveling, sebab tujuan dari role ini adalah untuk memastikan hero carry tim dapat melakukan farming, serta memberi vision bagi tim dengan membeli wards. Role ini haruslah mengutamakan keselamatan hero carry dibandingkan dirinya sendiri. 

Kenapa Game ini Terbaik

  • Memiliki grafik yang bagus namun tidak membutuhkan komputer berspesifikasi tinggi
  • Sangat membutuhkan kerjasama tim dengan combo-combo skill
  • Harus memiliki keterampilan individu seperti tahu kapan menggunakan skill, harus mengincar siapa terlebih dahulu, kapan harus farming dan war
  • Memiliki jumlah hero yang sangat banyak dan tiap hero memiliki kisah backstory yang menarik
  • Total hadiah yang sangat besar pada setiap kompetisi dan memiliki community yang baik
  • Banyak skin-skin menarik seperti arcana namun tetap tidak pay to win

Fun Player Personality

Achiever dalam game ini adalah mendapatkan rank ketika memenangkan game dan juga mendapatkan item dari game.



Explorer dalam game ini adalah mempelajari semua hero yang ada serta kombinasi-kombinasi antar hero. Dan juga mempelajari item-item yang ada pada game ini. Serta juga dapat belajar beberapa mekanik seperti pulling creep, blocking creep, last hit & deny, memilih talent tree yang tepat sesuai kebutuhan game, dan masih banyak lainnya.




Socializer dalam game ini adalah bisa membanggakan rank yang lebih tinggi dibandingkan temannya, fitur voice chat wheel yang bisa dipamerkan, dan juga memiliki skin bagus yang juga bisa dipamerkan.



Killer dalam game ini adalah mengikuti turnamen dan mengalahkan tim pesaing, dan juga memenangkan ranked game.



Trailer Video



Video Play Demo




Link Download Game



Nama : Samuel Marcellinus

NRP : 05111740000134




Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger