GAME REVIEW : PERSONA 4 GOLDEN

Rabu, 18 November 2020

 




Genre         Action, Advanture, RPG
Tema          modern fantasy
Rating                TEEN, PEGI 16
Platform    PlayStation Vita, Microsoft Windows


Official Download :


Deskripsi
    Persona 4 Golden, juga dikenal sebagai Shin Megami Tensei: Persona 4 Golden, adalah video game role-playing yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Atlus. Ini secara kronologis adalah installment kelima dalam seri Persona, game ini sendiri merupakan bagian dari franchise Megami Tensei yang lebih besar, dirilis untuk PlayStation Vita pada tanggal 14 Juni 2012 dan untuk Windows pada tanggal 13 Juni 2020.


Story
    Persona 4 Golden bercerita tentang sekelompok siswa SMA yang berurusan dengan saluran TV misterius yang didedikasikan untuk mendistorsi dan membesar-besarkan kebenaran tentang siapa mereka dan identitas mereka. Serangkaian pembunuhan aneh yang terkait dengan saluran TV mulai mengguncang kota mereka yang dulunya damai. Mereka menjelajahi dunia misterius di dalam TV dan melakukan misi penyelamatan untuk menyelamatkan korbannya dari kematian. Hanya dengan melihat melewati apa yang ada di layar, menemukan dan mengevaluasi kebenaran di antara banyak kebohongan, mereka dapat berharap untuk menemukan pembunuh berantai dan menyelamatkan kota mereka.


Gameplay
Difficulty :
Sebelum memulai permainan, pemain harus memilih salah satu dari 5 kesulitan, kesulitan ini bisa diubah ditengah-tengah permainan.

Daytime :
Selama Persona 4, tujuan utama protagonis adalah untuk menyelesaikan Dungeon di Midnight Channel sebelum batas waktu untuk melanjutkan alur cerita permainan. Setiap dungeon di Midnight Channel harus diselesaikan sebelum hari berkabut pertama setelah dungeon dibuka, kegagalan melakukan ini mengakibatkan game over karena korban Midnight Channel akan mati dan protagonis akan merasa pusing dan pingsan. Setelah itu player ditawarkan kesempatan lain dengan kembali seminggu yang lalu atau kembali ke title screen. Untuk beberapa Dungeon di Midnight Channel, protagonis harus mencari petunjuk di sekitar sekolah dan kota untuk membukanya.

Saat pertama kali masuk Sekolah

Evening :
Setelah protagonis menggunakan waktunya di siang hari, mereka kembali ke kediaman Dojima di mana mereka dapat melakukan banyak aktifitas.

Saat berada di kamar pada malam hari

Social Link :
Di Persona 4 Golden pemain dapat membentuk sesuatu yang disebut Social Link dengan menjadi teman dengan salah satu dari banyak karakter ingame yang berbeda. Ketika Social Link dibuat, game ini memberi tahu Anda dengan menampilkan arcana dari Persona yang dimiliki Social Link tersebut. Orang biasa mengatakan bahwa Social Link pada dasarnya adalah Side Quests dari Persona dan karena itu mereka tidak diharuskan untuk anda lakukan, akan tetapi sangat membantu dalam membuat anda lebih kuat di sepanjang permainan. Setiap kali pertemanan anda meningkat dengan seseorang dalam permainan, Social Link yang terkait akan meningkat. Tidak semua Social Link tersedia bagi anda secara default dalam game. Beberapa dari mereka hanya dapat terbuka pada waktu tertentu dan beberapa membutuhkan kondisi tertentu. terdapat 23 social link di game ini

ada beberapa alasan kenapa social link itu penting :
  •  Player akan mendapatkan Bonus EXP saat fusion persona sesuai dengan level social link dari persona hasil fusion.
  • chararter di party member dapat mendapatkan skill jika level social link mereka mencapai level tertentu, dan jika mencapai level maksimal persona mereka akan berubah menjadi lebih kuat
  • memaksimalkan level social link membuat player dapat melakukan fusion persona yang kuat yang sesuai dengan arcana social link tersebut

List Social Link

Exploring TV World :
Di dalam dungeon player hanya bisa membawa 3 party member, setiap dungeon rata-rata memiliki 10 lantai. Pada lantai terakhir player akan melawan boss dungeon tersebut, namun beberapa dungeon memiliki mini boss yang berada di tengah-tengah dungeon.

Di dalam dungeon Steamy Bathhouse

Combat :
Player akan melawan boss dan musuh, atau dalam game ini disebut shadow, di dalam dungeon. Saat battle semua party member termasuk player memiliki HP & SP, ketika HP party member habis mereka akan keknocked out namun masih bisa dihidupkan kembali, tapi jika HP player habis game otomatis akan berkahir.

Ada 8 jenis type serangan di game ini, yaitu Physical, Wind, Fire, Electricity, Ice, Light, Dark dan Almighty. Player dapat memakai skill untuk melakukan serangan dengan menghabiskan SP atau HP, namun player juga dapat melakukan serangan standard tanpa menggunakan SP atau HP.

  Battle melawan Shadow (musuh dipersona 4 Golden)

Skenario 
Game ini hanya memiliki main quest dimana player harus mneyelesaikan dungeon dengan jangka waktu tertentu


Why It Is The Best 
  • Story yang bagus 
  • Gameplay yang unik 
  • Punya music atau BGM yang bagus 
  • Adanya challange untuk menyeimbangkan antara character development dan menyelesaikan misi 
  • Banyaknya skill build yg bisa dipilih


Fun Factor
Achiever : 
Bisa didapatkan saat mendapatkan achievement dalam game, juga saat mendapatkan persona dengan skill set yang bagus dan mendapat weapon paling bagus

Explorer : 
Bisa didapat dengan melihat semua scene saat mencapai level maksimun di social link, menyelesaikan compedium atau database persona hingga 100%

Socializer : 
Bisa didapat dengan memberikan suatu masukan atau guide digame. Walaupun Persona 4 adalah game single player, namun ada fitur dimana kita bisa melihat masukan atau saran dari player lain saat melawan musuh tertentu atau aktifitas apa yang baik dilakukan pada saat itu.

Killer :
Bisa didapat ketika kita bisa mengalahkan musuh yang sebelumnya harus kita hindari karena terlalu kuat yaitu The Reaper, saat player sudah kuat semua itu berubah dan menjadi player yang akan mencari The Reaper untuk mengalahkannya agar mendapat equip yang bagus.

ScreenShot
Saat pertama kali memulai Fool Arcana Social Link

Stats dari Ameno Sagiri (salah satu boss)

                                                            Saat berada didepan rumah Dojima (karakter digame)

di depan pintu masuk dungeon Magatsu Inaba

Melawan boss Izanami no Okami

Video Trailer




Video Gameplay


Oleh :
Paksi Ario Pamungkas
05111740000076

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger