This War Of Mine: Sudut Pandang Perang yang Berbeda!

Selasa, 17 November 2020

 

Review game terbaik

TITLE SCREEN/GAMBAR GAME


Source: https://gamemusic.net/wp-content/uploads/2019/06/This-War-of-Mine-3.jpg

DESKRIPSI

        
"In modern war you will die like a dog for no good reason"

        This War of Mine merupakan game dengan Latar Belakang Perang. Namun berbeda dengan game bertema perang pada umumnya yang akan memosisikan diri sebagai anggota pasukan militer yang memang sudah ahli mengangkat senjata dan bertempur untuk menundukkan siapapun lawan yang berusaha menghadang. Melainkan Memposisikan Anda sebagai warga sipil yang terjebak diantara perang pasukan pemberontak yang menamai dirinya Vsyani Liberation Uprising  dan pemerintah. 

        Bertempat di kota fiksi bernama Pogoroen. Perang yang diprediksikan hanya berjalan selama beberapa bulan ini, apalagi dengan pasukan pemerintah yang sudah mengepung di sisi kota, ternyata berlangsung bertahun-tahun. Dengan jalur distribusi makanan dan obat yang sudah diputus pemerintah dari luar, kedua elemen menjadi barang yang begitu langka di ibukota. Para penduduk yang terjebak di dalamnya perlahan namun pasti kian melemah. Kelaparan, penyakit, dan tempat tinggal menjadi resource yang sangat berharga.

Terdiri atas 3-4 main karakter yang dapat dimainkan secara bergantian untuk dapat membangun Tempat Tinggal (Shelter), Mencari resources, hingga Bertarung selama kita hidup dimasa perang


STORYLINE


Terjebak diantara perang berkecambung membuat masyarakat sipil juga bekerja keras untuk tetap bertahan dan memenuhi kebutuhannya. Bertahan hidup menjadi kunci utama dalam perjalanan 
gameplay ini berlangsung dengan personalitas yang berbeda dari tiap karakter yang akan dimainkan untuk memenuhi kebutuhan dalam Supply baik bahan makanan, bangunan, hingga obat-obatan. 

Dengan lebih dari 50 Jam penulis dalam bermain game ini, pada akhirnya penulis dapat meruntutkan Waktu permainan yang terbagi dalam beberapa tahap seperti


ATURAN MAIN UTAMA


A. GAMEPLAY MEKANIK untuk STEAM VERSION
Semua aktivitas dikendalikan semua dengan Mouse. Dimana karakter yang dipilih akan menuju titik/aktivitas yang telah ditentukan oleh player, seperti makan, membuat senjata, berkebun, tidur, bahkan pada saat Bertarung dalam Mode Combat


















B. GAMEPLAY MEKANIK untuk IOS/ANDROID - *UPDATE
*Karena pada versi TWoM yang pertama keluar sebelum update untuk versi device, UI sama persis seperti PC
Terdapat perubahan interface pada Update This War of Mine versi Android/iOS dimana status bar yang menggunakan penanda Gambar. Serta penggunaan waktu yang dibuat seperti stopwatch, dan tidak menggunakan penanada waktu digital

SKENARIO
Secara gameplay meskipun hanya mengedepankan Survival dalam bermain namun terdapat beberapa skenario case yang akan terjadi selama ingame berlangsung. Seperti random event dimana Player mungkin akan didatangkan oleh tetangga, orang sakit, atau playable karakter lainnya yang mungkin perlu Anda putuskan sebagai player untuk menentukan sikap yang akan dipilih. Meskipun secara alur cerita tidak akan berdampak langsung, namun segala pilihan yang Anda tentukan baik maupun buruk akan berpengaruh ke dalam Moral tiap karakter yang ada disana. Mereka akan senang atau justru akan depresi

Selain itu, pada update-an terbaru untuk Anniversary Edition dimana dapat diunduh secara gratis apabila sudah memiliki versi biasa, terdapat beberapa skenario baru dimana lokasi looting, musuh, hingga ending yang baru untuk memberikan playable time yang lebih menarik bagi para pemain

Adapula 3 Skenario yang mungkin terjadi pada Anniversary Edition, yaitu:
1. Bertahan Hidup Hingga Waktu Selesai
Waktu selesai terjadi ketika perang sudah mulai reda dengan Cuaca dingin ekstreme yang sudah kembali normal dan sengketa antar Tentara dengan Pemberontak telah menurun

2. Kabur Bersama Penyelundup
Yaa.. Skenario ini juga hadir sebagai pilihan ending yang menarik untuk ditemukan. Dengan memenuhi permintaan dari sang penyelundup untuk bahan-bahan tertentu dapat menyelamatkan kita dari Kota Pogoroen yang kian berkecambuk

3. Mati ditengah bertahan hidup
Selain keberhasilan tentu skenario ini juga tak luput terjadi ketika semua pemain akan mati apabila tidak menyesuaikan dengan kebutuhan yang matang. Kebutuhan akan makanan, obat, bahkan senjata. Terlebih dengan karakter yang bersifat Permadeath maka hal tersebut menjadi hal yang memungkinkan

ALASAN SEBAGAI GAME TERBAIK

1. KUALITAS VISUAL YANG UNIK
melalui sudut pandang side-view memberikan immerivitas yang lebih dalam mencakup keseluruhan aspek bangunan, serta gameplay yang dimainkan disana dengan mode gambar, yang dapat diubah menjadi lebih kartunis dan mempertebal garis-garis sketch seolah-olah buatan pensil
        
2. SETIAP TINDAKAN MEMEILIKI KONSEKUENSI MASING MASING
Semua memiliki konsekuensi masing-masing, seperti lapar apabila tidak mendapat makanan, dapat terluka, sakit, hingga karakter dapat kabur apabila memeiliki tekanan yang begitu besar, yang kadang akang mempengaruhi psikologis serta performa karakter yang lainnya


3. PENGUATAN MASING-MASING KARAKTER
Setiap karakakter yang ada memiliki latar belakang masing-masing, seperti ada yang merupakan guru SD, Polisi, anak kecil, hingga veteran perang. 
Hal tersebut tentu memiliki kekhasan serta kemampuan masing-masing yang harus dimanfaatkan sebagai keunggulan dalam bertahan hidup
4. KONDISI DILEMATIS YANG MENGGELITIK MORAL
Ditengah kemelut perang yang membuat semakin sulit dalam mencari kebutuhan, kadang akan menemui beberapa pilihan yang mengharuskan Anda untuk tetap Baik atau malah menjadi Jahat

5. DIBUTUHKAN PERENCANAAN TERSENDIRI
Keluar dari Shelter dan menuju tempat-tempat untuk menemukan Resources diperlukan persiapan yang diperhitungkan juga dengan limitasi pada tas bawaan yang dimiliki tentu harus dipetimbangkan pula apa yang harus dibawa dan apa yang harus ditinggalkan

 

PLAYER PERSONALITIES
This War of Mine memiliki player personality sesuai dengan Teori Kesenangan. Berikut merupakan penjelasannya.

1. ACHIEVER

Tipe achiever adalah permainan yang ditunjukkan dengan adanya reward apabila tercapainya suatu misi atau perintah yang dimiliki. Reward dalam game berpengaruh dalam berjalannya gameplay yang dijalankan. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa setiap aktivitas akan memiliki konsekuensi masing masing untuk dapat diperoleh. Dengan kata lain aktivitas baik tentu akan memberikan reward berupa karakter yang menjadi lebih senang, tidak mudah sedih, secara movement akan berpengaruh kepada karakter didalamnya.


Selain reward dalam ingame yang berpengaruh terhadap gameplay permainan terdapat pula beberapa achivement yang dapat dikumpulkan player menjadi sebuah kebanggan yang akan terpampang diprofil STEAM atau GOOGLEPLAY mereka.
2. EXPLORER


Tipe explorer tipe akan senang apabila menemukan suatu hal baru di luar rutinitasnya. Hal tersebut di penuhi dengan sistem travelling yang disediakan game untuk dijelajah. Lokasi-lokasi tertentu memiliki karakteristik masing masing selain menemukan hal-hal baru berupa random event yang terjadi di map sana kadang kita juga akan menemukan 

Easter Eggs yang tentu menjadi hal yang unik untuk ditemukan. Mendatangi rumah sakit, pelabuhan, bahkan bandara dengan cerita masing-masing yang perlu diulik menjadikan misteri tersendiri yang akan senang untuk dipecahkan oleh player bertipe Explorer.
3. SOCIALIZER

Tipe Socializer adalah permainan yang ditujukan dengan banyaknya komuniasi sosial yang dilakukan dalam permainan. Dengan pendekatan dunia yang sudah Catasthropic diambang kehancuran akibat perang, hal tersebut di hadirkan secara apik oleh developer dengan mendeliver sistem bersosialisasi yang juga beradaptasi dengan lingkungan.

Berbeda dengan hubungan sosial pada umumnya, pada game ini menunjukkan bahwa obrolan sederhana pun juga dapat berdampak kepada kebahagiaan seseorang. Tanpa muluk-muluk dengan sistem sosial yang kompleks justru menjadikan astmosfer tegang didunia ini jadi vocal point yang ada untuk dimanfaatkan sebagai kelebihan. 

Hubungan sosial secara passive juga dihadirkan dengan menarik tanpa disadari oleh pemain bahkan game setipe lainnya. Mengajak main dengan anak kecil, bermain gitar, membacakan dongeng, menyetel lagu symphoni diradio juga memberi dampak secara passive bagi karakter lain tanpa harus berinteraksi secara langsung bersamaan

SCREENSHOT

Dokumentasi pribadi penulis. Dimana karakter memiliki seorang cucu yang memunculkan interaksi sosial yang menunjukkan sang cucu yang tidak nyaman dengan kondisi perang saat ini
RANDOM EVENT yang terjadi menghadirkan seorang anak yang kelaparan mendatangi player untuk mendapatkan makanan
VIDEO TRAILER
VIDEO GAMEPLAY


LINK TO BUY
or



Share this article :

3 komentar :

  1. What a great review! Gonna try it ASAP. Looking forward for your next review.

    BalasHapus
  2. Ulasan yang bagus, membuat tertarik untuk mencoba game ini. Ditunggu review game berikutnya.

    BalasHapus
  3. Ulasan yg bagus
    Ditunggu review game selanjutnya

    BalasHapus

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger