Review Game Death Stranding

Selasa, 17 November 2020

 

Review Game

Death Stranding




Genre : Action

Tema  : Post Apocalyptic

Rating: Mature 17+ (ESRB)

Deskripsi

Death Stranding adalah game action yang diberi bumbu adventure dan open world. Game yang diciptakan oleh Hideo Kojima ini rilis tanggal 8 November 2019 di platform PS4 dan tanggal 14 Juli 2020 di platform pc. Game ini sempat mendapat banyak penghargaan seperti The Game Award for Best Performance (2019), The Game Award for Best Score / Soundtrack (2019), BAFTA Games Award for Technical Achievement (2020), The Game Award for Best Studio / Game Direction (2019), dan lain-lain.Death Stranding masih menyelipkan gaya gameplay dari game pendahulunya yaitu Metal Gear Solid. Game ini sukses meraih jumplah pemain di PS4 sebesar kira – kira 3 juta player dan terjual 477.000 digital copy nya di PC

 Story

Death Stranding adalah sebuah game yang lumayan rumit dan membutuhkan kesabaran dalam mememahami nya. Game ini sebenarnya tidak disarankan bagi player yang lebih mengedepankan aksi yang banyak dan cerita yang mudah dimengerti. Game ini menceritakan kita sebagai player berperan sebagai Sam Porter Bridges yang diminta untuk menjelajahi dari Pantai Timur ke Pantai Barat Amerika Serikat, untuk mengaktifkan beragam titik komunikasi di sepanjang perjalanan. Titik komunikasi ini terpecah belah dan putus hubungan satu sama lain sebagai akibat serangan terrorist yang bernama Homo Demens yang menghancurkan dunia termasuk America. Sam berusaha menyambungkan semua titik komunikasi itu agar setiap tempat titik komunikasi bisa tersambung lagi. Semua itu sebagai bentuk tujuan dan harapan dari Presiden America Sendiri yang Bridget Strand sebagi upaya menyatukan semua orang di America dan ingin membangun negara America lagi. Presiden pun punya penyakit yang dialami sudah lama dan presiden pun tewas. Semua usaha dan kerja keras nya diteruskan oleh anaknya yang bernama Samantha America Strand. Sam dan Samantha bersikeras untuk menyatukan America dan menghindari maupun melawan berbagai macam musuh seperti Beached Things yang tidak terlihat oleh mata dan berbagai terroris lainnya.

 

Aturan Main Utama

Game ini memiliki gameplay dengan angle kamera thirdperson shooter.  Player akan memainkan karakter bernama Sam Porter Bridges yang ditugaskan untuk menyambungkan semua titik komunikasi di America. Didalam perjalannya banyak tantangan yang harus dihadapi seperti Beached Things musuh yang tidak terlihat oleh mata telanjang dan membutuhkan alat khusus untuk melihat nya. Musuh Beached Things hanya bisa di kalahkan dengan melempar granat khusus ke musuh.

Gambar 1: Player hanya bisa melihat Beach Things dengan batuan alat.


Alat itu bernama Odradek  yang tersambung langsung oleh bayi yang dibawa oleh player selama perjalanan. Bayi itu diberi nama BB yang terpasang dalam Pod yang dibawa terus oleh player. Bayi itu sebagai tools player untuk mendeteksi musuh juga. Jika bayi itu merengek menangis berarti disekitar player terdapat musuh Beached Things.

Gambar 2 : Bayi BB yang berada dalam Pod


Selama perjalanan player juga harus membawa tools yang memungkinkan untuk dibawa selama perjalanan seperti tangga, tali, boost cadangan, granat khusus untuk melawan Beached Things, dan tentu saja barang pesanan yang di request dari titik tempat komunikasi.

Gambar 3 : Berbagai visual perlengkapan tools akan disimpan di kotak besi


Player harus membawa barang request dari beberapa titik komunikasi dengan keadaan yang baik. Apabila player tidak bisa menjaga barang request atau barang request itu dalam keadaan rusak maka player mendapat rating yang rendah dari segi skill kepercayaan player.

Gambar 4 : Contoh Rank atau Rating diberikan oleh NPC kepada player


Jika player mati dalam perjalanan atau dikalah oleh Beached Things maka player berpindah ke Seam yang dimana itu adalah suatu kedalaman air yang dalam dan player harus berenang-renang untuk mencari dan mencapai tubuh Sam Porter Bridges. Setelah mencapati tubuh Sam maka player baru bisa kembali ke tempat player dikalahkan atau mati terbunuh.

 

Gambar 5 : Player yang mati atau dikalahkan oleh musuh akan berada di Seam

 Ditengah perjalanan player bisa menemukan berbagai barang peninggalan dari player lain seperti tangga, tali, dan lain-lain. Barang player lain itu bisa digunakan oleh kita untuk membantu kita dalam melewati berbagai rintangan seperti jurang, sungai, jalan mendaki, dan lain-lain. Kita sebagai player juga bisa memasang barang peninggalan kita kepada player lain. Player juga bisa memberikan likes kepada player lain karena sudah berjasa memberikan kemudahan dalam berpetualang.

Gambar 6: Player beri likes kepada player lain karena sudah memberikan bantuan barang yang ditinggal oleh player lain


Kenapa ini game terbaik menurut saya??

1. Gameplay nya menarik, realis, belum ada sebelumnya

2. Cerita yang menarik setara dengan kualitas film movie

3. Mengajak player untuk mengeksplor map dari game nya (open world)

4. Tantangan nya banyak dan lumayan sulit sehingga dibutuhkan perlengakapn ekstra untuk menjalankan misi atau sekedar jalan jalan

5. Interaksi player dengan NPC lumayan banyak dan bervariasi

6. Goal yang unik yaitu mengantar berbagai resource atau barang kebutuhan demi menyatukan dan bertahan hidup di negara America yang hancur akibat serangan musuh yang bernama Beached Things (BT)

7. Lawan - lawan yang tidak terlihat oleh mata sehingga player membutuhkan alat pendeteksi musuh yang diharuskan memencet tombol perintah tertentu di console atau PC agar player bisa melihat musuh dengan baik.

8. Banyak rintangan alam yang berliku dan terlihat begitu alami dan musuh yang hampir tersebar diseluruh map


Dimana letak FUN nya ??

1. Achiever

Player secara tidak langsung mendapat pengaruh untuk menambah item yang maximal item yang dibawa, berusaha meraih rank yang tinggi dalam menjaga dan merawat barang bawaan, menambah upgrade beberapa tempat agar mempermudah dalam perjalanan, dan mendapat kendaraan baru yang lebih bagus. Meskipun begitu fokus game ini adalah pada ceritanya.


Gambar 7 : Player bisa membangun tower atau post di luar markas agar player dipermudah dalam mencari musuh, material, bahkan mengisi bensin kendaraan



Gambar 8 : Player bisa mendapat kendaraan baru untuk mempermudah dalam melewati rintangan dan membawa bawaan


Gambar 9 : Player jika mengupgrade max barang bawaan untuk mampu membawa barang yang lebih banyak


Gambar 10 : Bisa mengubah tampilan tas yang dibawa


2. Socializer

Player akan senang jika mendapat banyak likes dari player lain, dan player senang juga jika mendapat rank dari quest - quest lainnya 


Gambar 11 : Player mendapat likes sebanyak 402 kali

3. Explorer
Game ini mengajak player untuk menjelajah hampir semua tempat dikarenakan map didalam game ini termasuk besar dan luas sehingga banyak yang bisa di explorer mulai tempat titik komunikasi baru (dari main quest), lokasi tempat material yang banyak untuk mengupgrade post bantuan, mencari material yang langkah, penasaran terhadap terhadap tempat yang banyak musuh nya.

Gambar 12 : banyaknya spot spot yang berguna dan bermanfaat untuk ditelusuri (map sesungguh nya lebih luas dan besar secara keseluruhan)

 
Screenshoot tambahan





Gambar 13 : Karakter player bisa mengeluarkan urine

Video Trailer : https://www.youtube.com/watch?v=tCI396HyhbQ&has_verified=1&ab_channel=PlayStation

Video demo : https://www.youtube.com/watch?v=uy58TmpZigM&ab_channel=IGN

Link to get this game :

(PC) https://store.steampowered.com/app/1190460/DEATH_STRANDING/

(PS4) https://store.playstation.com/en-us/product/UP9000-CUSA11260_00-DEATHSTRAND00001

By:
Timothy Raka Sanjaya
08311740000117






 


 

 

 

 

 

 

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger