Game Review : Plague Inc, "Can you infect the World?"

Selasa, 17 November 2020

Plague Inc.
"Can you infect the World?"
David Imago, 17 November 2020

Plague Inc. adalah permainan simulasi-strategi yang mengusung tema epidemik. Secara garis besar, permainan ini mengharuskan pemain membuat suatu wabah dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Pemain baru bisa dikatakan menang jika seluruh populasi dunia sudah musnah (meninggal).

Plague Inc. merupakan permainan keluaran Ndemic Creations yang dirilis pada tahun 2012. Permainan ini telah diunduh lebih dari 85 juta kali dan bahkan mampu menjadi runner up di IGN Game of the Year 2012 pada nominasi Overall Best Strategy Game. Permainan ini tersedia untuk AndroidiOS, dan Windows Phone. Dengan rating umur 7+ versi Google Play dan Everyone 10+ versi ESRB,  permainan ini cukup aman dimainkan oleh berbagai kalangan umur.

Plague Inc.
Developer        : Ndemic Creations
Platform           : Android, iOS, Windows Phone
Genre              : Strategy, Simulation
Theme             : Epidemic, Virus
Rating              : 7+ (Google Play), Everyone 10+ (ESRB)
Size                 : 62 MB (Google Play)
Playing Mode  : Single Player, Offline

 

Tujuan dari permainan ini adalah memusnahkan seluruh populasi dunia, sehingga pemain dianggap menang jika dapat mencapai hal tersebut. Sementara itu, ada 2 kondisi dimana pemain dianggap kalah. Kondisi pertama yaitu jika manusia telah berhasil menemukan obatnya sebelum manusia musnah. Kondisi kedua yaitu jika pada akhirnya masih ada manusia yang tersisa (tidak terinfeksi). Hal tersebut terjadi karna orang-orang yang sudah terinfeksi terlalu cepat meninggal sebelum penyakit dapat menular ke orang lain. Sehingga saat semua orang yang terinfeksi sudah meninggal, maka tidak ada jalan lagi bagi penyakit untuk menular.


Gambar 1 Statistik kemenangan

Dalam Plague Inc terdapat 11 jenis penyakit yang berbeda-beda dalam mempengaruhi jalannya permainan. Saat pertama kali bermain, jenis penyakit yang baru bisa dimainkan adalah bacteria. Kemudian jenis penyakit lainnya akan terbuka jika memenuhi kondisi tertentu. Permainan ini mempunyai 3 tingkat kesulitan, yaitu Casual (paling mudah), Normal (sedang), dan Brutal (paling sulit). Penyakit baru baru bisa dibuka jika kita menang dalam tingkat kesulitan normal atau brutal. Contohnya penyakit virus baru terbuka jika kita menang dalam mode bacteria dengan tingkat kesulitan normal ataupun brutal.

Skenario Bermain Bacteria, Virus, Fungus, Parasite, Prion, Nano-Virus, Bio-Weapon, Neurax Worm, Necroa Virus, Simian Flu, Shadow Plague.
Tingkat Kesulitan   : Casual, Normal, Brutal


Gambar 2 Jenis penyakit 1
Gambar 3 Jenis penyakit 2

Ada banyak parameter dan komponen yang terlibat dalam permainan ini. Permainan ini melibatkan kondisi sosial negara atau region, antara lain ekonomi (negara miskin atau kaya), populasi penduduk, kemajuan teknologi / medis, transportasi antar negara (udara atau laut), dan tipe wilayah (urban atau rural).

Selain itu, permainan ini juga melibatkan kemampuan dari penyakit atau wabah. Kemampuan itu adalah transmisi (tipe penyebaran / penularan), symptom (gejala atau kerusakan yang diberikan penyakit pada tubuh), dan ability (resistensi penyakit terhadap obat atau kondisi tertentu).

Pada awal permainan, pemain akan diarahkan untuk memilih negara atau region yang akan menjadi awal dari wabah. Pemilihan negara ini tentunya harus mempertimbangkan kondisi sosial negara tersebut. Kemudian penyebaran akan terjadi melalui aktivitas tranpostasi antar negara (pesawat, kapal, atau darat oleh hewan). Seperti ditunjukan pada Gambar 4 dimana persebaran dapat melalui pesawat atau kapal.

Gambar 4 Garis bintik-bintik merah menunjukan persebaran penyakit

Selama jalannya permainan, pemain perlu meningkatkan kemampuan penyakitnya yang mana transaksi akan terjadi dalam permainan. Pemain perlu memiliki poin DNA yang cukup untuk bisa meningkatkan kemampuan penyakit. DNA didapatkan dengan menekan balon merah yang muncul dan juga secara otomatis tertambah (seperti pada Gambar 5). Kemunculan balon merah dan penambahan otomatis ini bergantung pada seberapa cepat penyakit menyebar dan seberapa ganas penyakit itu, serta kadang bersifat random atau bisa dianggap bonus.

Gambar 5 Menekan "balon" merah untuk menambah Poin DNA

Saat DNA cukup, maka pemain dapat meningkatkan (Evolve) kemampuan penyakit baik dari kemampuan transmisi, symptom, maupun resistensi. Gambar 6 menjelaskan bahwa transmisi tipe “Air 1” membutuhkan 12 DNA poin. Air 1 akan memberikan kemampuan pada penyakit untuk bisa menyebar melalui transmisi pesawat dan lingkungan kering.

Gambar 6 Transaksi dalam game dengan sistem skill-tree

Setelah pemain mengembangkan (evolve) suatu kemampuan maka kemampuan terkait atau tingkat lanjut akan terbuka (sistem skill-tree). Pada Gambar 7, Total Organ Failure merupakan salah satu symptom puncak yang akan terbuka setalah pemain mengembangkan beberapa symptom terkait sebelumnya.

Gambar 7 Symptoms

Pemain juga perlu melihat parameter lain mengenai dunia. Parameter ini memberikan informasi statistik mengenai kondisi dunia. Pada Gambar 8, pemain dapat mengetahui jumlah orang yang belum terinfeksi dan estimasi mengenai kapan obat dari penyakit akan selesai dibuat. Pada Gambar 9, pemain dapat mengetahui negara mana saja yang menjadi kunci dalam penelitian obat dan sejauh mana (persen) proses penciptaan obat.

Gambar 8 World

Gambar 9 Cure

Theory of Fun

Ada berbagai macam kesenagan yang dapat dirasakan oleh pemain. Kesenangan tersebut dikelompok dalam 4 tipe, yaitu

Achiever

  • Pemain ingin untuk mendapat skor kemangan yang lebih (atau paling) tinggi.
  • Pemain ingin untuk meraih waktu tercepat dalam memenangi game.
  • Pemain ingin menang pada tingkat kesulitan yang lebih tinggi

Explorer

  • Pemain ingin mencoba kemampuan baru (yang belum pernah dicoba) dalam skill-tree baik kemampuan transmisi, symptom, maupun resistensi.
  • Pemain ingin memulai game di negara baru (yang belum pernah dicoba).
  • Pemain ingin mencoba skenario baru (jenis penyakit baru).

Killer

  • Pemain ingin memenangi game dengan tingkat tersulit (Brutal), dengan waktu tempuh kurang dari 1 tahun, dan dengan skor diatas 1.000.000.

Socializer

  • Memamerkan posisi (ranking) global untuk rekor skor ataupun rekor speed run di media sosial / forum.

Gambar 10 Papan rekor skor

Gambar 11 Papan rekor speed run kategori bacteria


Kenapa Anda HARUS bermain game ini

Kenapa Anda TIDAK HARUS bermain game ini

-       Gratis.

-       Dapat dimainkan secara offline.

-       Memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu 62 MB.

-       Memiliki tema yang unik dan jarang ditemui.

-       Gameplay yang realistis dimana melibatkan kemampuan transmisi, symptom, dan resistensi penyakit.

-       Mengasah kecerdasan, strategi, dan wawasan dunia maupun medis karena game ini dirancang serelevan mungkin dengan keadaan dunia dan ilmu medis.

-       Menegangkan dimana kita berlomba agar penyakit dapat segera memusnahkan seluruh manusia sebelum obatnya ditemukan dan disebarkan.

 

-       Meskipun memiliki rating umur 7+, namun gameplay dari game ini mungkin baru bisa dipahami sepenuhnya oleh remaja umur 16 ke atas.

-       Game ini murni strategi dan mengasah wawasan mengenai dunia serta medis sehingga cenderung membosankan dan rumit bagi beberapa orang awam.

-       Satu putaran permainan menghabiskan waktu 20-45 menit, relatif lama untuk game yang hanya melibatkan strategi.

-       Terdapat beberapa fitur berbayar.


Video Trailer

Video Gameplay
Versi mobile (English)

Video Gameplay
Versi PC, Plague Inc : Evolve (Indonesia)

Link Download for Android

Link Download for iOS

Link Download for Windows

05211740000046 / David Imago Dei Gloriawan / Sistem Informasi

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger