Stardew Valley: Kombinasi RPG dengan Farming Simulation

Rabu, 18 November 2020


Stardew Valley

Developer: ConcernedApe
Genre: RPG, Simulation
Tema: Farming
Rating: E (Everyone)


Deskripsi

Dirilis pada tahun 2016, Stardew Valley merupakan suatu game farming simulation dengan elemen RPG yang disajikan dalam pixel art yang unik dan menarik. Dikembangkan oleh ConcernedApe, game ini sudah memiliki lebih dari dua ratus ribu ulasan positif di Steam dan telah mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan.


Story

Pemain adalah sebuah pendatang baru di Pelican Town yang baru saja mewarisi lahan pertanian tua milik kakeknya. Setelah ditinggal cukup lama, lahan tersebut ada dalam kondisi yang cukup buruk. Orang-orang di Pelican Town menyambut kedatangan ini dengan cukup baik, tapi perlu waktu dan usaha agar mereka bisa benar-benar menerima pemain sebagai bagian dari komunitas mereka.

Selain dari kehidupan bertani, Pelican Town juga menyimpan berbagai rahasia menarik untuk ditemukan.


Aturan Main

Cara bermain disini cukup mudah. Pemain bisa bergerak dan berinteraksi dengan hampir semua item yang ada di dalam game. Memancing ikan, berkomunikasi dengan NPC, mengambil dan memindahkan barang, menambang dan berkelahi dengan monster, semuanya dikemas dalam mekanik yang sederhana. 

Terdapat Energy Bar yang akan berkurang setiap pemain melakukan sesuatu, dan pemain yang kehabisan energy bisa saja jatuh pingsan dan harus memulai game di hari selanjutnya. Ada juga Health Bar yang akan aktif saat pemain berada di gua dan melawan monster. Jika Health Bar terlalu rendah, pemain juga bisa jatuh pingsan sama seperti saat kekurangan Energy Bar.


Skenario

- Kustomisasi: terdapat banyak pilihan kombinasi aksesoris bagi avatar pemain serta koleksi perabotan untuk menghias rumah pemain.

- Kembangkan lahan pertanian: pemain dapat bercocok tanam, beternak hewan, menghias lahan, dan membangun bangunan baru.

- Interaksi dengan NPC: setiap NPC memiliki kisah yang menarik, dan pemain dapat membangun relasi dengan siapa saja, bahkan hingga membangun sebuah keluarga.

- Dunia yang selalu berkembang: tampilan Pelican Town akan selalu berubah mengikuti 4 musim yang ada. Ada juga hari-hari khusus dengan event menarik yang bisa diikuti pemain di setiap musimnya.

- Berpetualang: pemain bisa pergi memancing, menjelajahi kota, serta berpetualang di dalam gua berisikan monster dan harta karun.


Alasan mengapa ini game terbaik

1. Memiliki banyak fitur yang bisa dilakukan (berkebun, memancing, menjalankan quest, dll)

2. NPC yang menarik, semuanya memiliki kisah dan karakter yang unik.

3. Pixel art dan animasi sederhana yang sangat bagus.

4. Dapat melatih manajemen waktu dan item dengan sistem inventory & waktu yang terbatas.

5. Cerita yang sangat bervariasi dan selalu berkembang.


Fun Personality

- Achiever (A): pemain dapat menjalin hubungan dengan setiap NPC untuk meningkatkan tingkat relationship mereka (dilambangkan dengan 10 hati). Setiap tingkat akan membuka suatu cutscene baru, dan nantinya pemain dapat memilih satu NPC untuk membangun keluarga. Ada juga fitur koleksi yang mencatat setiap benda yang telah dikumpulkan pemain, baik itu tanaman, makanan, bebatuan, maupun ikan.


- Explorer (X): banyak area yang bisa dijelajahi, dan banyak sekali secret event serta kejutan tersembunyi yang bisa ditemukan pemain. Beberapa hari sekali pemain juga akan diberikan quest, atau tidak sengaja menemukan hidden quest saat menjelajah.


- Socializer (S): terdapat fitur kustomisasi bagi pemain untuk mengoleksi pakaian maupun perabotan demi menghias avatar atau rumah mereka. Dalam beberapa platform, Stardew Valley juga menyediakan fitur multiplayer dimana pemain dapat membangun lahan mereka bersama pemain lainnya.


- Killer (K): saat menjelajah gua, ada banyak monster yang terkadang bisa membunuh pemain jika tidak memiliki persiapan yang baik. Pemain bisa kembali kapan saja untuk berbalik membunuh monster-monster tersebut.


Screenshot

Beternak dan bercocok tanam.


Berpetualang di dalam gua.


Night Market, salah satu event khusus di musim dingin.


Memancing.


Kustomisasi rumah.


Interaksi dengan pemain lain.


Trailer Game



Demo Game



Download Link: Steam


Penulis:
05111740000107
Shella Agustio Nainggolan

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger