Game Review: Outer Wilds

Rabu, 18 November 2020

Classification

Genre : Action, Adventure 

Tema : Space 

Rating : ESRB: Everyone, PEGI 7 

Platform : PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows

Description

    Outer Wilds adalah sebuah game action-adventure yang dikembangkan oleh Mobius Digital, dan dipublish oleh Annapurna Interactive pada tahun 2019. Di game ini, player terjebak didalam sebuah time loop selama 22 menit sebelum diakhiri dengan matahari meledak menjadi supernova. Player selanjutnya akan mengulang lagi siklus kehidupannya tanpa mengulang progressnya. Player dituntut untuk memecahkan misteri dengan melakukan eksplorasi ke seluruh penjuru tata surya, untuk mencari informasi dan petunjuk mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

Story

    Outer Wilds menceritakan tentang seorang astronot tanpa nama yang baru akan melakukan penerbangan pertamanya. Dalam perjalanan menujur observatorium, terjadi sesuatu dengan dirinya saat berpapasan dengan sebuah patung misterius peninggalan bangsa Nomai, ras alien yang hidup ribuan tahun sebelumnya. Kejadian inilah yang nantinya menyebabkan player terjebak di sebuah time loop. Pada akhirnya, player akan mengetahui mengapa hal ini terjadi dan apa saja yang dilakukan oleh bangsa Nomai melalui artifak-artifak yang mereka tinggalkan di seluruh penjuru tata surya.

Gameplay

    Player diberi kebebasan untuk melakukan eksplorasi kemanapun itu, dan hanya dibatasi oleh waktu sebelum siklus time loop habis. Setiap loop akan mengulang ketika matahari meledak menjadi supernova setelah 22 menit, atau ketika player mati. Setiap siklus mengulang apa yang terjadi di tata surya, namun pengetahuan yang dimiliki player tidaklah hilang. Player sedikit demi sedikit akan mengungkap apa yang telah terjadi dan mengapa hal itu terjadi melalui proses eksplorasi dan interaksi dengan lingkungan untuk menyelesaikan puzzle yang ada di alam dan menemukan petunjuk yang akan mengarah petunjuk-petunjuk lainnya. Dalam melakukan ekspedisi, player dapat menggunakan spaceship yang dimilikinya untuk menjelajah ke seluruh planet di sistem tata surya, ketika keluar dari spaceship player harus memperhatikan kadar oksigen, health, dan jetpack fuel yang dimilikinya. Tanpa oksigen & health, player akan mati dan langsung mengulang ke loop selanjutnya, tanpa jetpack player tetap dapat hidup namun mobilitasnya terbatas.

Alasan Menjadi Game Terbaik

  1. Story, gameplay, dan musik yang sangat menarik dan tidak mudah dilupakan.
  2. Game open world universe yang mendukung player untuk sepenuhnya melakukan eksplorasi sendiri kemanapun yang dikehendaki tanpa batasan apapun kecuali waktu.
  3. Planet, komet, satelit, dan bulan yang memiliki karakteristik unik dan dapat dikunjungi secara langsung secara seamless tanpa loading screen.
  4. Puzzle-puzzle kompleks dan menantang dari mekanik yang cukup sederhana.
  5. Tidak ada misi atau objektif yang memaksa player untuk melakukan sesuatu, namun diberikan petunjuk yang mengarah pada petunjuk-petunjuk lain kemana player dapat melanjutkan ekspedisinya.

Theory of Fun

Achiever

    Player bertipe Achiever adalah orang-orang yang mendapat kebahagiaan melalui rasa, panca indra, dan keberhasilan. Game ini memiliki gameplay yang didukung oleh musik dan atmosfir yang immersif bagi pemainnya. Player akan mendapat kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan puzzle yang sulit. Kebahagiaan yang didapat ketika berhasil mengungkap misteri yang ada, dan mencapai ending gamenya. Didalam game ini juga terdapat fitur achievement yang dicapai ketika menyelesaikan beberapa puzzle tertentu.

Explorer

    Player tipe Explorer akan mendapat kesenangan ketika menemukan hal baru. Melalui game ini, player dapat menjelajah ke planet yang belum pernah ditelusuri sebelumnya. Menemukan lokasi rahasia yang hanya dapat dikunjungi di waktu tertentu. Menemukan mekanik baru yang dapat digunakan untuk menyelesaikan puzzle tertentu. Mendapat petunjuk baru dari permasalahan yang sedang diselidiki.

Socializer

    Untuk player dengan tipe Socializer adalah orang-orang yang mendapat kebahagiaan dengan melakukan interaksi dan kedudukan sosial. Dengan adanya game ini, player dapat berdiskusi bersama community game yang sangat terbuka melalui forum online mengenai misteri-misteri dan teori-teori yang belum dapat dengan tuntas terjawab.

 Screenshots

Blackhole yang sedang menelan planet dari dalam

Tampilan cockpit spaceship saat terbang menuju matahari

Pemandangan matahari yang akan meledak menjadi supernova

Salah satu puzzle yang ada di planet Brittle Hollow

Trailer

 

Gameplay Demo


Purchase the Game

Written by:

05111740000071 / Bryan Khufa 

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger