Review Game: Fall Guys

Selasa, 17 November 2020

 


Klasifikasi Game

  • Genre = Action, Platformer

  • Tema = Cartoon

  • Rating = Everyone (ESRB)

Deskripsi

Fall guys adalah aplikasi permainan yang dirilis pada tahun 2020 oleh Mediatonic, dengan Devolver Digital sebagai publisher aplikasi permainan. Walaupun permainan ini memiliki kesan kekanak-kanakan, Fall guys merupakan aplikasi permainan yang berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar game populer di berbagai platform media sosial, seperti twitch dan youtube. 
Anda berperan sebagai pemain melawan 59 pemain lainnya dalam sebuah episode untuk memperoleh sebuah Crown. Aturan main yang disediakan game ini terdiri dari berbagai macam tergantung dari tahapnya. Secara umum, tahap pertama selalu dimulai dengan lomba lari. Sedangkan menjelang akhir, tahapnya lebih berfokus ke tim atau hunting. Dari sini, skill pemain akan diuji satu sama lain untuk menentukan siapa yang berhak untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Pemain bisa berinteraksi dengan pemain lain, terlebih lagi ini menjadi komponen gameplay utama pada tahap tertentu. Selain itu, faktor fun game ini juga terepresentasi dengan baik sehingga bisa menyebabkan fall guys menjadi permainan yang populer di awal rilis.

Aturan main utama

Aturan main utama fall guys berfokus terhadap Anda, sebagai pemain, dan 59 pesaing lainnya untuk bertarung dalam sebuah episode dalam rangka memperoleh sebuah item, yaitu Crown. Setiap episode terdiri atas beberapa rintangan yang akan dihadapi pemain untuk mencapai tujuan yang ditentukan pada tahap tersebut. Tentu saja tidak semua orang bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Dalam setiap tahap tersebut, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi pemain agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu dengan berhasil mengkualifikasikan diri sebelum kuotanya penuh, berhasil bertahan hidup dalam rentan waktu tertentu, berhasil mencapai titik tertentu sebelum terendam slime, dan sebagainya. Tahap terakhir akan menentukan pemenang dari episode tersebut. Pemenang episode akan dianugerahi Crown yang bisa digunakan untuk membeli aksesoris dalam game.

Kenapa Fall Guys menurut Saya adalah Game Terbaik ?

Kesederhanaan cara permainan Fall Guys menyebabkan pemain bisa terlibat dalam memainkannya secara langsung, tanpa harus mempelajari mekanisme aplikasi permainan secara dalam. Alhasil, Fall Guys menjadi pilihan pemain saat mereka lagi beristirahat setelah bekerja dan pemain bisa meletakannya secara mudah ketika kembali bekerja tanpa menyita konsentrasi mereka.
Selain itu, direksi seni yang digunakan pada Fall Guys menyebabkan kesan “tampil-beda” jika dibandingkan dengan aplikasi permainan lain di pasar. Penggunaan warna yang mayoritas cerah juga mendukung kesan tersebut sehingga pemain menjadi lebih penasaran untuk mencoba aplikasi permainannya. Melalui direksi seni yang digunakan pengembang, pemain merasakan aura kasual ketika bermain Fall Guys yang berkontribusi dalam menghilangkan rasa jenuh saat menghadapi kehidupan sehari-hari.
Terlebih lagi, Fall Guys juga memiliki desain pengalaman pengguna yang sederhana dan efektif dalam membantu pengguna dalam melakukan navigasi pilihan. Tampilan menu Fall Guys sangat mirip dengan desain halaman web yang biasanya ditemukan dalam kehidupan dunia maya sehari-hari. Desain pengalaman pengguna di saat bermain juga sangat sederhana dan informatif sehingga pemain bisa fokus dalam menyelesaikan rintangan dengan baik.
Kategori permainan yang beragam menyebabkan Fall Guys memiliki nilai replayability yang tinggi, sehingga pemain tidak merasa jenuh dalam bermain dalam jangka waktu yang lama. Sebagian rintangan juga digenerasi secara acak, sehingga dalam satu tahap, pemain bisa merasakan pengalaman yang berbeda.
Unsur nostalgia juga berperan penting dalam kesuksesan Fall Guys. Teknik permainan yang terinspirasi dari Ninja Warrior dan Benteng Takeshi juga berperan dalam membantu pemain membayangkan bagaimana cara memainkan aplikasi tersebut dengan baik. Fall Guys membuat pemain yang sempat melihat acara televisi tersebut menjadi terinspirasi untuk melakukan hal yang sama dalam lingkungan yang aman, yaitu dunia maya. Sehingga kepopuleran Fall Guys mulai melunjak dari titik tersebut.
Soundtrack Fall Guys berperan dalam membangun atmosfer kasual yang ingin dikeluarkan kepada pemain. Developer seolah-olah memproyeksikan bahwa Fall Guys adalah game yang menyenangkan untuk dimainkan dalam rangka mengatasi rasa jenuh. Pesan yang ingin disampaikan adalah Fall Guys adalah game yang bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja.
Harga Fall Guys relatif terjangkau untuk semua kalangan, yaitu sekitar Rp. 100.000 – Rp. 200.000. Keterjangkauan harga membuat pemain memutuskan untuk membeli Fall Guys secara langsung dibandingkan dengan memajaknya. Sehingga Fall Guys bisa menjadi game tersukses yang ada dalam tahun ini.

Aspek Fun

Aspek fun fall guys memenuhi tiga dari empat personality types berdasarkan bartle personality types dalam theory of fun, yaitu Achievers, Socializers, dan Killers. 
Achievers adalah orang yang memperoleh kebahagiaan saat mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Dalam kasus ini, Fall Guys memberikan penghargaan kepada pemain yang berhasil menjadi juara episode dengan memberikan Crown dan Kudos besar.
Socializers adalah orang yang memperoleh kebahagiaan saat mendapat kedudukan sosial. Hal ini diperagakan dalam bentuk podium kepada juara episode, serta kemampuan pemain untuk melakukan personalisasi sehingga bisa memamerkan skin yang mereka punya ke pemain lain. Selain itu, pemain bisa memainkan emoji ke pemain lain untuk berinteraksi satu sama lain.
Killer adalah pemain yang mendapat kebahagiaan dengan membalas emosi. Dalam kasus ini, pemain fall guys bisa berinteraksi dengan pemain lain dengan menekan tombol shift untuk menangkap pemain lain. Akan tetapi, aspek ini juga digunakan pemain untuk mengganggu pemain lain dalam mencapai tujuan mereka. Hal ini menimbulkan aspek emosional kepada pemain yang menjadi korban sehingga ingin melakukan retaliasi ke pemain tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menjatuhkan pelaku sehingga kembali ke checkpoint sebelumnya, atau memblokir jalan menuju garis finish dengan objek lain. 

Screenshot

Video Trailer


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger