Muse Dash: Game Rhythm Yang Penuh Warna

Rabu, 18 November 2020

Muse Dash

 

Developer           : PeroPeroGames 
Publisher            : X.D. Network
Genre                 : Rhythm, Action
Platform             : Windows, Android, iOS, Nintendo Switch
First Released    : 15 June 2018 
Official Site       : Muse Dash
Rating                : Teen
Store Page         : Steam, Android, iOSNintento Switch


Muse Dash merupakan sebuah game side scrolling action rhythm yang dikembangkan oleh PeroPeroGames. Player dapat mengontrol satu dari tiga karakter yang dapat dimainkan dan harus menyerang serta menghindari obstacle mengikuti irama musik dari setiap stage. Meskipun menyuguhkan ilustrasi karakter dan dunia yang penuh warna layaknya kartun, game ini tidak menyediakan story sama sekali, melainkan lebih berfokus ke gameplay seperti game rhythm pada umumnya. Setiap karakter di game ini juga memiliki voice acting tersendiri dalam bahasa Jepang. Sayangnya tidak ada opsi untuk menampilkan subtitle bahasa Inggris sehingga sulit mengerti apa yang mereka ucapkan bila tidak familiar dengan bahasa Jepang. 

Seperti game-game rhythm lainnya, Muse Dash dimainkan dengan menekan tombol pada saat yang tepat mengikuti irama musik untuk menyerang musuh yang datang. Kontrol default dari game ini adalah [J,K,L] untuk ground attack, [S,D,F] untuk air attack, dan Space untuk fever bila menggunakan setting manual fever. Ketika player menekan tombol attack, karakter akan menyerang musuh yang datang. Bila timing menyerangnya tepat, maka player akan mendapatkan judgement Perfect, dan bila terlalu cepat atau lambat akan mendapatkan Great atau bahkan Miss. Selain musuh yang harus diserang, terdapat juga obstacle berupa chainsaw yang harus player hindari. Bila karakter terkena chainsaw atau terkena serangan musuh, maka HP bar akan berkurang dan akan gagal bila HP mencapai 0. Terdapat juga Fever bar yang akan terisi ketika menyerang musuh. Bila Fever bar penuh, karakter akun masuk ke Fever Mode yang akan meningkatkan perolehan skor.

Muse Dash Characters

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Muse Dash memiliki tiga karakter (empat karakter bila Anda membeli DLC Groove Coaster) yang dapat dimainkan. Ketiga karakter tersebut adalah Rin, Buro, dan Marija. Setiap karakter ini memiliki lebih dari satu varian dan pastinya tiap varian tersebut memiliki skill yang berbeda-beda. Selain karakter, terdapat support yang disebut Elfins. Seperti karakter, tiap Elfins juga memiliki skill yang unik. Player dapat memilih sendiri kombinasi antara karakter dan Elfins, apakah player ingin berfokus ke perolehan skor ataupun ingin lebih ke survivability ketika memainkan musik yang sulit. Tidak semua karakter dan Elfins langsung tersedia untuk dipakai ketika memulai game ini. Untuk membuka mereka, player harus menaikan level dengan cara menyelesaikan musik.

Untuk koleksi musik sendiri dibagi menjadi musik default dan DLC. Musik default memiliki kategori tersendiri, berbeda dengan musk DLC yang dikategorikan berdasar songpack DLC tersebut. Tiap musik akan memiliki 3 tingkat kesulitan, yakni Easy, Hard, dan Master yang defaultnya terkunci. Untuk membuka tingkat kesulitan Master, player harus menyelesaikan tingkat kesulitan Hard dengan rank S (akurasi >90%). Selain itu terdapat juga angka sebagai indikator seberapa rumit pattern dalam musik tersebut. 

Kenapa Best Game bagi saya?

Muse Dash tersedia di berbagai platform dan memiliki sistem account di dalam game. Dengan account ini, progress dari masing-masing akan shared satu sama lain, bahkan bila sudah membeli DLC di salah platform, tidak perlu membeli lagi DLC yang sama di platform lain. Musik yang ditawarkan pada DLC ini pun sangat melimpah dengan update yang berkala. Pada versi Steam, semua DLC akan dibungkus dalam DLC raksasa bernama Just As Planned. DLC ini memiliki sistem seperti season pass, dimana bila sudah membeli DLC tersebut, otomatis akan mendapatkan Musik baru yang akan datang. Apabila tidak membeli DLC tersebut, tidak perlu takut karena koleksi musik yang tersedia pada versi dasar sudah cukup banyak. Selain itu, setiap minggu akan terdapat rotasi musik DLC yang akan dibuka untuk dimainkan secara gratis.

Player's Personality

Achiever

Hal paling utama untuk seorang Achiever adalah mendapatkan skor tertinggi. Seorang Achiever akan mendapatkan kesenangan bila berhasil menyelesaikan musik yang sulit dan mendapatkan skor yang lebih tinggi tiap kali memainkan musik tersebut. Tersedia sistem leaderboard dimana sebuah kepuasan akan tercapai bila seorang Achiever berhasil mencapai rank yang tinggi atau bahkan menjadi top global.

Explorer

Game ini cocok untuk seorang Explorer karena banyaknya musik yang tersedia. Tiap musik memiliki 3 tingkat kesulitan, bahkan untuk beberapa musik memiliki tingkat kesulitan tersembunyi yang hanya dapat dibuka dengan cara-cara tertentu. Seorang Explorer akan tertantang untuk mencoba pattern baru macam apa yang akan ia jumpai pada musik-musik yang belum pernah ia mainkan, atau bahkan dia menemukan musik baru yang menarik perhatiannya.

Socializer

Pamer highscore dan full combo ke teman ataupun ke orang lain melalui leaderboard, apalagi bila mendapat rank top 100 global.

Killer

Bila sedang kesal atau emosi, tekan tombol pada keyboard sekeras-keras untuk melampiaskan emosi tersebut. (RIP Keyboard)


Screenshots

Difficulty Selection & Leaderboard Screen

Elfins Selection Screen

Characters Selection Screen

Win Screen
  

Trailer



Gameplay Video



Oleh:

Muhammad Iqbal Imani Atfan
05111740000067
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger