Review Game : Clash of Clans

Selasa, 17 November 2020


Classification

  • Title: Clash of Clans
  • Genre: Strategy
  • Tema: Fantasy, Action
  • Mode; Competitive Multiplayer
  • ESRB Rating: Everyone 10+
  • Developer dan Provider: Supercell Oy
  • Dirilis : 2012 (iOS), 2013 (Android)

Deskripsi

        Clash of Clans adalah sebuah game mobile yang dianalogikan pada kehidupan di sebuah desa dimana tujuan dari game ini adalah untuk menyerang desa orang lain secara online. Kita perlu mempersiapkan pasukan (troops) dan strategi supaya penyerangan dapat membuahkan hasil. Penyerangan dapat dilakukan baik dalam war maupun challenge. Level dalam game ini dapat dilihat berdasarkan level Town Hall, berkisar dari TH 1 hingga TH 13 (update 2020) dan untuk Builder Hall (desa malam), memiliki level berkisar dari 1-9. Peran pembangunan dibantu oleh seorang builder yang bisa kita miliki, dimana jumlah maksimalnya yaitu 5 builder dan 1 master builder (di Builder Hall). 

        Dalam game ini, terdapat bangunan clan castle yang berfungsi untuk menerima bantuan troops dari clanmates. Kita juga bisa mendonasikan troops yang kita punya kepada clanmates. Selain Level TH dan Builder Hall, juga terdapat trophy yang menentukan besarnya bonus loot yang kita dapat dan level kita secara dunia. Selain itu, clan sendiri memiliki level, dimana setiap levelnya memiliki hak yang bisa didapat (jumlah donate, daya tampung loot hasil war). Clan castle memiliki kapasitas yang berbeda di setiap levelnya, dari hanya bisa mendapat donasi troops hingga bisa mendapat donasi spell dan Siege Machine.  

        Dalam games ini, terdapat 3 jenis loot, yaitu gold, elixir, dan dark elixir (TH 7 keatas). Troops pada COC memiliki 2 karakteristik, yaitu elixir troops (14 troops) dan dark elixir troops (10 troops). Selain itu terdapat super troops yang berjumlah 9, yang diadaptasi dari troops normal dan memiliki power yang lebih kuat dari troops normal. Heroes pada COC terdiri dari Barbarian King (didapat saat TH 7), Archer Queen (didapat saat TH 9), Grand Warden (didapat saat TH 11), Royal Champion (didapat saat TH 13). Spell dalam COC berjumlah 11 buah, yang terdiri dari 6 spell elixir dan 5 spell dark elixir. Untuk defenses, terdapat senjata, pagar, bom, jebakan (tanah dan udara) dan tornado trap.

Aturan main utama

  1. Membangun dan mengembangkan village (desa)
  2. Membuat dan melatih pasukan
  3. Menyerang desa lain untuk bertahan hidup dan pembangunan desa
  4. Sejak 2019, Clash of Clans memiliki kebijakan bahwa player bisa naik level Town Hall dengan syarat harus membangun semua building, resource, defense yang tersedia pada level itu. Sebelumnya, tidak ada batasan mengenai hal ini, sehingga ada istilah base prematur/mini max, maksudnya village dengan level Town Hall tinggi tetapi defense/resource/troops belum max
  5. Secara umum tidak ada aturan-aturan yang terlalu mengikat sehingga player bisa berkreasi, contohnya clan tidak diwajibkan ikut clan war/clan games, tetapi secara tidak langsung, untuk clan yang aktif bisa naik level clannya, harus rutin ikut clan war dan clan games untuk menambah XP clannya

Skenario

Dalam game Clash of Clans, terdapat 3 skenario/mode permainan:
  1. Practice Mode: Mode yang disediakan game untuk memberikan training (cara bermain) kepada player yang baru naik level Town Hall.
  2. Single Player: Mode dimana player menyerang base yang telah disediakan Clash of Clans sesuai maps yang ada di game.
  3. Multiplayer: Mode yang menyebabkan player bisa menyerang desa player lain secara online

Kenapa Clash of Clans menurut saya game terbaik?

  1. Fun fact, saya tipe orang yang mudah bosan, dan selektif dalam memilih game, maksudnya adalah tidak semua game saya main, entah karena saya kurang tertarik sama genre gamenya atau bosan dengan gamenya.
  2. Melatih strategi dan imajinasi dalam bermain: dengan troops yang bervariasi dan challenge tiap bulan yang dimainkan, saya tertantang untuk menggunakan kombinasi troops yang bermacam-macam untuk melakukan penyerangan desa orang lain.
  3. Desain menarik: seperti yang saya katakan di poin pertama, game ini selalu upgrade visual games beserta troopsnya, sehingga hal ini bisa membuktikan bahwa game ini memiliki developer yang masih hidup dan mengembangkan game ini.
  4. Mode game bervariasi: di dalam game ini, terdapat 3 mode secara umum yaitu practice mode, single player, dan multiplayer
  5. Update Game rutin dan selalu ada yang baru dan fresh (saya sendiri telah bermain game ini sejak tahun 2014 hingga saat ini), misal event christmas, halloween, dst
  6. Melatih kerjasama antar anggota clan: melalui clan war dan clan games.
    • Clan war ada 2 mode: classic dan clan war league (CWL). Perbedaaan dari 2 mode itu adalah, untuk classic, war modenya tersedia beberapa versi, yaitu 5v5, 10v10, 15v15, 20v20, 25v25, 30v30, 35v35, 40v40, 45v45, dan 50v50. Tetapi untuk war classic , clan akan dipertemukan dengan clan lain yang level town hallnya setara. Sedangkan Clan War League, level berdasarkan peringkat clan tersebut di League, besar kemungkinan sebuah clan disatukan di dalam grup yang sama sekali tidak setara levelnya. Menurut pengalaman saya sebagai player, semakin tinggi league clan, maka lawannya semakin sulit (jika anggota clan kita level town hallnya belum max : TH 13 akan kesulitan).
    • Clan Games: Mini challenge yang ada untuk memperoleh reward tertentu dan ini ada setiap bulan, tepatnya seminggu sebelum bulan (seasons) berakhir. Clan Games ada selama 5 hari. Rewardnya bervariasi, tergantung dari perolehan medali clan kita selama clan games berlangsung. Anggota clan bisa dapat reward clan apabila ambil 1 challenge dan menyelesaikannya. Player juga bisa mendapatkan 1 hadiah tambahan jika menyentuh poin medali maksimal (4000).

Fun Player Personality

  1. Achiever (A)
    • Upgrade level troops, heroes, defenses sehingga lebih kuat
    • Menyelesaikan achievement (pada clan games) sehingga mendapat reward untuk percepatan upgrade level
    • Menang war full star
    • Memperoleh loot yang banyak dari hasil menyerang desa orang lain
  2. Explorer (E)
    • Mengetahui kombinasi troops GG untuk war atau bukan war
    • Mengetahui level maks sebuah troops/heroes dan seberapa kuat troops/heroes tsb
    • Mengetahui kombinasi base desa yang susah untuk ditaklukkan
  3. Socializer (S)
    • Memiliki Skin Heroes untuk mempercantik pasukan
    • Interaksi chat dengan clanmates
    • Mengirim pesan broadcast kepada seluruh clanmates (hanya Leader dan Co-Leader)
  4. Killer (K)
    • Membalas orang yang menyerang desa kita dengan menyerang balik
    • Kick clanmates yang tidak berkontribusi di clan
  5. From Not Fun (NF)
    • Membeli skin menyebabkan mengeluarkan uang untuk games
    • Kurang tidur karena push clan games

Screenshot  Games

Village Base

Profile


Clan Profile

Clan War (Classic dan CWL)

Super Troops


Clan Level

Trophy

Clan Games

Troops dan Heroes
League Shop

Friends

Lain-lain

Video trailer



Video play demo



Link Game

Review oleh:
Yemima Sutanto
05111740000049
TPG 2020

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger