Review Game: Pokémon Black

Selasa, 17 November 2020

 

Title Screen Pokemon Black



Klasifikasi Game
Serial               : Pokémon 
Genre              : RPG
Tema               : Fantasy
Rating              : Everyone (ESRB)
Platform          : Nintendo DS
Tanggal Rilis   : 18 September 2010 (Jepang)
                          6 Maret 2011 (Amerika Utara)
Pengembang   : Game Freak Inc.


 

Pokémon (Pocket Monster) merupakan sebuah media waralaba dari Jepang yang dikelola oleh The Pokémon Company. Waralaba ini menghasilkan banyak media hiburan dari berbagai lintas industri, seperti serial animasi, film, game platform, maupun game trading card. Konsep Pokémon dicetus pertama kali oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995, sedangkan game Pokémon pertama baru dirilis pada tahun berikutnya yakni untuk platform Game Boy.

                Serial game Pokémon masih terbilang eksis dan berlanjut hingga saat ini. Serial Pokémon memiliki patokan waktu yang dinamakan generasi. Generasi ini nantinya berpengaruh pada peraturan dan fitur yang terdapat didalam game, terhitung ada 8 generasi Pokémon saat artikel ini ditulis.

                Game Pokémon Black adalah game Pokémon dari generasi ke-5, yang dirilis pada tanggal 18 September 2010 di Jepang untuk platform Nintendo DS.

 

Storyline

                Pokémon Black mengkisahkan seorang tokoh berusia remaja (player), yang memiliki misi untuk menjadi Pokémon Master di wilayah bernama Unova. Untuk mendapat gelar tersebut, pemain diharus      kan mengumpulan 8 lencana (gym badges) yang dapat diperoleh dengan menyelesaikan pertarungan gym.

Didalam petualangannya, pemain akan ditemani oleh 2 teman masa kecilnya yang bernama Cheren dan Bianca. Pada awal permainan nantinya pemain bersama kedua temannya akan mendapat hadiah Pokémon dari Profesor Jupiter, sebagai gantinya pemain diminta untuk menyempurnakan sebuah ensiklopedi Pokémon, yang disebut dengan Pokedex.

Untuk menambah bumbu cerita, pemain juga diminta untuk mengalahkan sebuah kelompok penentang, yang bernama Team Plasma. Kelompok ini memiliki misi untuk membebaskan Pokémon diseluruh dunia. Team ini dipimpin oleh tokoh pemuda bernama N yang mana (SPOILER) akan menjadi penjahat utama dari serial game ini.

Aturan Main Utama

Game Pokémon pada dasarnya adalah game bergenre RPG. Di dalam game ini, pemain dapat memenangkan game ketika lawan berhasil dikalahkan. Pokémon menganut sistem permainan Turn-Based dimana setiap giliran pemain akan diberikan pilihan untuk memilih gerakan apa yang akan digunakan. Pilihan tersebut antara lain adalah FIGHT (menyerang musuh), BAG (memilih item), Pokémon (mengganti Pokémon), dan Run (keluar dari pertandingan). Pemain akan diperbolehkan membawa maksimal sebanyak 6 Pokémon.

Game Pokémon juga memiliki mekanisme tipe-tipe elemen monster seperti api, tanah, batu, tumbuhan, petir dan seterusnya sehingga diperlukan strategi yang cermat ketika memainkan game ini. Beberapa serangan Pokémon tertentu juga dapat menghasilkan efek status, seperti racun, tertidur, tersentrum, dan lain-lain yang mana juga akan mempengaruhi strategi dalam bermain.


Kenapa Game Terbaik?

Berbicara mengenai kenapa game ini dipilih sebagai game yang terbaik, adalah hal yang cukup subjektif. Game Pokemon sendiri merupakan sebuah franchise yang sudah berjalan cukup lama (terhitung sudah 30+ judul), sehingga pemain pasti akan senang membanding-bandingkan seri game mana yang menurutnya paling bagus.

Namun disini saya akan menjelaskan beberapa point, yang mungkin menjadi keunikan bahkan daya jual dari game Pokemon Black itu sendiri (bisa dikatakan tidak ada dalam seri Pokemon yang lain)

1. Salah satu game Pokémon dengan narasi cerita yang dalam.

Meskipun dinamakan seri Pokemon Hitam Putih (Black and White), pembawaan cerita dari narasi game ini tidak sesimpel hitam dan putih, maksudnya salah dan benar. Tiap karakter dibangun dengan motifnya sendiri, bahkan karakter antagonis sekalipun, sehingga terkadang menguji moral dari pemain.

Game Pokemon juga sebenarnya mengincar pasar anak-anak, namun bisa dikatakan bahwa seri game ini memiliki cerita yang sedikit lebih dewasa (berat) ketimbang cerita Pokemon lainnya.

 

2. Memiliki grafis yang unik pada masanya karena perpaduan elemen 2D dan 3D

Game Pokemon Black benar-benar memaksimalkan kemampuan dari platform Nintendo DS. Hal ini karena game ini dirilis sebagai serial game Pokemon terakhir untuk platform NDS sebelum beralih ke platform yang lebih baru pada saat itu, yaitu 3DS.

3. Memiliki BGM yang catchy terinspirasi dari hiruk pikuk kota New York
Game Pokemon Black, dari segi desain visual dan tone yang dibawa, mengambil kota New York sebagai sumber inspirasinya. Kota New York sendiri juga dikenal sebagai kota kelahiran Hip Hop. Oleh karena itu disini pengembang game mencoba untuk membawa suasana didalam game seautentik mungkin, sehingga lahirlah musik-musik pengiring game yang unik dan dinamis.

4. Desain yang fresh dan universe baru.
Latar dunia yang dibangun pada game Pokemon Black, benar-benar dibuat tanpa sentuhan dari generasi sebelumnya. Sehingga kita sebagai pemain ditawarkan dengan desain karakter dan visual yang baru. Hal ini tentu mendapat respon yang beragam dari komunitas Pokemon. Ada yang pro maupun kontra. Namun menurut saya ini langkah yang berani.

5. Karakter yang mendalam sehingga cerita terkesan imersif.
Hampir mirip dengan poin nomor satu, namun disini saya ingin memberi sorotan lebih khususnya pada karakter-karakter yang ada di dalam game. Penulisan dilakukan dengan sangat baik sehingga karakter NPC pun memiliki alasan untuk ada. Hal kecil seperti inilah yang terkadang kita hiraukan.

Theory Of Fun

Menurut theory of fun, pemain game Pokemon bisa digolongkan kepada 4 tipikal pemain.

1.       Achiever (A)

-          Pemain yang memperoleh kesenangan karena mendapatkan barang yang lebih baik.

-          Contoh kasus pada game Pokemon adalah ketika mendapatkan Pokemon langka, menaikkan level Pokemon, serta mengalahkan gym untuk mendapatkan badges.

2.       Socializer (S)

-          Pemain yang memperoleh kesenangan karena kedudukan sosial.

-          Contoh kasus pada game Pokemon adalah kegiatan trading / pertukaran Pokemon antar player dan koneksi game via intralink sehingga dapat bertemu dengan pemain dari luar negeri.

3.       Explorer (X)

-          Pemain yang memperoleh kesenangan saat memperoleh informasi baru.

-          Contoh kasus pada game Pokemon ada pada orang yang memainkan game Pokemon karena penasaran dengan cerita serta lini Pokemon yang baru.

4.       Killer (K)

-          Pemain yang memperoleh kesenangan saat melampiaskan emosi.

-          Contoh kasus pada game Pokemon adalah saat bermain melawan teman (bukan BOT), berbeda ketika pemain bermain dalam mode adventure, pemain saat melakukan PVP dituntut lebih memikirkan strategi bermain.

Screenshot



Gameplay
https://www.youtube.com/watch?v=-umK9TGGeNY


Trailer
 
https://www.youtube.com/watch?v=rIpAiBStRys


NRP                       : 08311740000037
Nama                    : Bagus Eko Nugroho
Departemen      : Desain Komunikasi Visual











Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger