GAME REVIEW : VALORANT

Rabu, 18 November 2020

 VALORANT Review

 



Platform : Windows

Genre : FPS, Action, Strategy, Multiplayer

Tema : Near-Future

Rating : Teen


Deskripsi dan Story VALORANT





Anda yang seringkali menikmati game-game shooter kompetitif sepertinya tidak akan lagi asing dengan konsep yang ditawarkan oleh VALORANT. Dunianya dibangun dari sebuah kisah eksistensi manusia-manusia bumi istimewa yang tiba-tiba mendapatkan kekuatan khusus setelah sebuah event misterius bernama “First Light” mengemuka. Tidak ada yang tahu apa sebenarnya “First Light” ini, namun tidak sekedar memberikan kekuatan pada beberapa manusia, ia juga mendorong transformasi drastis pada kehidupan, teknologi, dan cara pemerintahan bekerja. Para manusia istimewa yang disebut sebagai “Radiants” ini dan mereka yang sekadar dipersenjatai dengan teknologi Radiant pun dikumpulkan oleh satu organisasi misterius bernama Valorant Protocol.

Sisanya? Seperti game yang difokuskan pada pengalaman multiplayer pada umumnya, kisah yang diusung VALORANT akan tumbuh dan berkembang seiring dengan lebih banyak event dan karakter yang diperkenalkan di masa depan. Satu yang pasti, kisah ini kemudian ditranslasikan dalam sebuah game multiplayer kompetitif yang memuat dua tim yang saling bertarung satu sama lain, dalam format 5 VS 5. Pada saat review ini ditulis, pertarungan terjadi di beragam belahan dunia dengan lokasi menawan dengan misi yang sama – dimana satu pihak berusaha memicu sebuah alat peledak masif bernama Spike, sementara tim yang lain berusaha untuk mencegahnya. Inilah konsep utama Valorant.


Aturan Main dan Mekanisme

Sementara dari sisi mekanik gameplay, menyederhanakannya sebagai sebuah game shooter yang melebur konsep Overwatch dan Counter Strike: Global Offensive di dalam satu ruang yang sama, sepertinya adalah kalimat penjelasan yang terbaik. Di antara kedua game ini, konsep permainan CS: GO memang terasa lebih dominan dibandingkan Overwatch yang hanya bergerak di konsep hero dan skill. Ini berarti, pengalaman bermain yang ia tawarkan lebih mendekati sebuah shooter taktikal dengan mekanik yang menonjol alih-alih sebuah game shooter hero yang biasanya terbagi ke dalam beragam kelas untuk saling menunjang satu sama lain dengan gameplay shooter arcade yang kental. Di VALORANT, kebutuhan untuk mengatur spray tembakan, mengejar headshot sebaik yang Anda bisa, mengatur suara derap kaki untuk menihilkan informasi lokasi ke musuh, hingga berstrategi menjadi sesuatu yang esensial. Ia adalah CS: GO, namun dengan sistem hero dan bukan sebaliknya.

Berbeda dengan CS:GO yang mengusung utillity seperti geranat, flashbang, molotov, dan smoke grenade, Valorant membawa elemen ini kepada kemampuan karakter di dalamnya. Enggak ada karakter yang bakal berperan sebagai tank dengan darah lebih tebal atau karakter yang bisa melakukan damage terlalu tinggi sebagai DPS.

Dari empat role, yakni Controller, Duelist, Initiator, dan Sentinel, semuanya punya beberapa kemampuan yang berguna untuk menyerang musuh maupun melakukan zoning dengan menutup penglihatan. Alhasil, permainan di dalamnya cenderung lebih taktis ketimbang menonjolkan aksi seperti dalam Overwatch.

 


 


 




Berbagai tingkat kesulitan



Valorant menggunakan system multiplayer based on player to player 5 vs 5

Kesulitan pada game ini terdapat pada perbedaan skill dan pengalaman tiap player


Kenapa menurut saya game ini terbaik?


1. FPS yang tidak hanya fokus pada AIM, tetapi juga abilities tiap character

2. Pentingnya co-op antar tipe character untuk menyusun strat

3. Tidak hanya mengandalkan mata dan tangan untuk bermain, tetapi telinga dan komunikasi juga

4. Adanya sistem rank untuk menggolongkan skill antar pemain akan memacu pemain untuk berkembang lebih baik lagi

5. Umumnya "fast hand" akan unggul di setiap game FPS, di game ini bisa dikalahkan dengan kreativitas menggunakan abilities.


Satisfactory/Fun untuk 4 tipe player 


Achiever

Untuk Anda yang Seorang Achiever, Game ini memiliki sistem rank dan setiap rank ditandai oleh Badge Nya masing masing. anda tentu akan merasa bangga ketika anda sudah mencapai level yang tinggi. Selain itu, Game ini juga akan memberikan anda hadiah berupa item ketika anda Berhasil menaikkan level battlepass.

Explorer

Untuk Anda yang Seorang Explorer, Mekanik masing masing Karakter yang ada menuntut anda untuk belajar mengendalikannya dengan baik. bisa jadi pada akhirnya anda adalah seorang pemain Jett yang Lihai, Reyna yang Buas, ataupun Sova yang Tactician. Banyak sekali yang bisa anda temukan disini.


Socializer

Untuk Anda yang Seorang Socializer, Bermain bersama teman merupakan kebahagian utama bagi anda dan game ini dapat mewujudkannya. Anda Dapat Mengajak teman Anda Untuk bermain bersama dalam satu tim, atau bahkan menjadi musuh anda sendiri. Anda Juga dapat mencari teman baru dan mengobrol bersama mereka dengan fitur Chat & Voice di game ini.

Killer

Game Ini adalah Game FPS, yang tentu saja Tujuan Utamanya adalah memenangkan Pertandingan dangan Membunuh anggota tim lawan. Bagi Anda yang Seorang Killer, Tentu saja ini dapat menjadi pilihan bagi anda. anda tentu akan merasa senang ketika berhasil menghabisi seluruh tim lawan bukan?

Gameplay Demo dan Trailer



 

 

 



Where to get it?

https://playvalorant.com/


REVIEWER : AHMAD NAUFAL H  (05111740000138)

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger