Game Review: Counter Strike Global Offensive

Rabu, 18 November 2020

Counter-Strike: Global Offensive on Steam

Creator             : Minh Le, Jess Cliffe
Developer        : Valve
Publisher         : Valve
Genre               : Tactical Shooter, First Person Shooter
Tema                : Counter Terorism
Official Site      : https://blog.counter-strike.net/
Platform            : Windows
Rating               : Mature (ESRB), 18+ (PEGI)
Store Page        : Steam
 

Counter Strike Global Offensive adalah sequel dari seri Counter Strike. Counter Strike bermula sebagai mod untuk game Half Life dari Valve. Setelah mod tersebut rilis, Valve mengakusisi mod counter strike. Sejak saat itu, counter strike menjadi intelectual property Valve. Valve merilis Counter Strike Global Offensive pada tahun 2012 pada Xbox, Windows, PS3. Akan tetapi versi yang terus diupdate oleh valve hanyalah versi Windows. 

Counter Strike Global Offensive merupakan game first person shooter dimana suatu grup counter-terrorist melawan suatu grup terrorist dalam beberapa mode. Setiap ronde tim-tim akan mendapatkan uang yang dapat dihabiskan untuk membeli senjata yang akan digunakan untuk ronde tersebut. Jika tim menang, maka akan mendapatkan uang yang lebih banyak daripada tim yang kalah. Jika pemain dapat selamat setelah ronde berakhir maka pemain tersebut dapat menyimpan senjata yang dia punya ke ronde selanjutnya.

Mekanik

Aturan main utama adalah grup tim counter-terrorist melawan grup time terrorist. Dimana setiap grup tersebut dapat membeli senjata sesuai kebutuhan grup. Pada mode bomb, terrorist mempunyai objektif untuk memasang bomb pada salah satu bomb site. Saat bomb telah terpasang, terrorist harus mencegah counter-terrorist mendefuse bombnya. Sedangkan, counter terrorist harus mencegah terrorist memasang bomb. Jika bomb sudah terpasang, maka counter terrorist diharuskan untuk mendefuse bombnya sebelum bombnya meledak.

Setiap pemain mempunyai uang yang dapat dihabiskan untuk membeli senjata dan granat. Pemain dapat mendapatkan uang lebih banyak dengan membunuh player lain atau memenangkan ronde. Jika pemain kalah dalam suatu ronde, pemain tetap mendapatkan uang meskipun tidak sebanyak tim yang menang. Jika pemain bertahan hidup hingga rondenya selesai, maka pemain tersebut dapat menyimpan senjata yang dia punyai. Sedangkan jika pemain mati, maka pemain harus membeli senjata lagi dengan uang yang sudah ada.

Dalam game ada 4 jenis granat, yaitu : High Explosive Grenade, Flashbang, Smoke Grenade, dan Molotov. High Explosive Grenade dapat digunakan untuk memberikan area splash damage dalam suatu radius. Flashbang dapat digunakan untuk membutakan musuh, sehingga dapat mempunyai keuntungan dalam pertarungan. Pemain juga dapat berbalik arah dari flashbang untuk tidak terkena efek buta. Smoke Grenade dapat digunakan untuk memberikan smoke effect untuk menyembunyikan diri, atau agar kita dapat melewati suatu tempat dengan aman. Molotov digunakan untuk membakar lantai atau tanah selama beberapa waktu. Api ini akan memberikan damage selama pemain berdiri diatasnya, dan semakin lama api telah menyebar maka semakin besar damage yang akan dikeluarkan.

Dalam game ada 6 jenis senjata, yaitu : Pistol, Sub Machine Gun, Rifle, Sniper Rifle, Shotgun, dan Machine Gun. Pistol digunakan saat pemain sedang kekurangan uang dan ingin menyimpan uang untuk ronde selanjutnya. Sub Machine Gun digunakan jika pemain suka run and gun dan dapat mendapatkan uang lebih banyak daripada senjata lain jika membunuh. Rifle digunakan sebagai senjata utama, karena rifle mempunyai damage tinggi dan fire rate yang tinggi juga. Sniper Rifle digunakan untuk menjaga tempat dari jarak jaruh. Machine Gun jarang digunakan karena beratnya membuat pemain bergerak lebih lambat.

Suatu game terdiri dari 30 ronde. Awal game kita akan dirandom untuk mendapatkan grup terrorist atau counter terrorist. Namun setelah 15 ronde, maka tim akan di switch sehingga tim yang awalnya counter-terrorist akan menjadi terrorist dan sebaliknya. Setelah itu tim yang pertama kali mencapai 16 menang akan memenangkan match.

Skenario

Counter Strike Global Offensive adalah game yang mempunyai banyak community mode, jadi akan banyak sekali game mode yang muncul. Berikut merupakan list game mode yang secara disupport oleh Valve.

Bomb defusal mode adalah mode yang sering dimainkan oleh semua pemain. Ini merupakan mode default game. Dimana counter terrorist berusaha mencegah bomb agar tidak dipasang, dan jika sudah terpasang maka harus menjinakkan bomb. Melainkan terrorist berusaha untuk memasang bomb di suatu bomb site, dan mencegah Counter Terrorist menjinakkan bomb yang sudah terpasang.

Hostage mode adalah mode dimana counter terrorist harus menyelamatkan sandera yang dijaga oleh terrorist.

Deathmatch adalah mode dimana tujuan game adalah membunuh musuh saja. Dalam mode ini, jika kita terbunuh akan langsung respawn jadi tidak seperti mode ronde yang lainnya.

War Game adalah mode fun dimana pemain dapat bermain dengan mini game. Seperti gun game, atau bermain dengan gravitasi kecil, dan game unik lainnya.

Danger Zone adalah mode Battle Royale dimana sejumlah grup disebar dalam suatu map. Dan tim yang menang adalah tim yang paling terakhir hidup.

Kenapa Game ini Terbaik

  1. Game ini merupakan satu-satunya game first person shooter populer yang mempunyai mod support. Dengan ini pemain tidak akan kekurangan konten dalam game, karena orang yang membuat konten tidak hanya game developer.
  2. Game ini tidak hanya seperti game tembak - tembakan lainnya. Dikarenakan dalam counter strike, pemain diharuskan menggunakan strategi agar dapat menang dari tim lawan. Oleh karena itu, counter strike mempunyai lomba -  lomba berskala internasional dimana tim dengan strategi dan aim yang paling baik yang dapat menang.
  3. Dalam game ini tidak akan ada ronde yang sudah pernah dimainkan. Karena semua ronde akan mempunyai variasi sendiri - sendiri dan sebagai pemain kita harus dapat beradaptasi dalam situasi tersebut.
  4. Game ini melatih komunikasi. Dalam game shooter kebanyakan, kita hanya diperlukan aim yang bagus untuk memenangkan permainan. Namun dalam counter strike, koordinasi tim akan memudahkan tim untuk memenangkan ronde.
  5. Game ini melatih planning ekonomi, dengan game ini kita tak hanya menggunakan senjata namun kita harus membeli senjata. Dengan ini kita harus merencanakan ekonomi agar kita tidak kekurangan uang untuk membeli senjata, karena jika kita kalah senjata dari musuh maka kemungkinan besar maka ronde tersebut akan kalah.

 Kenapa ini fun

  • Killer : Bisa bersenang-senang mengalahkan dam membunuh musuh dan memangkan ronde.
  • Socializer : bisa berkerja sama dengan tim.
  • Achiever : dapat mendapatkan status rank yang tinggi, mengumpulkan skin - skin senjata.
  • Explorer : bisa membuat strategi game yang belum terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

Screenshot 

Shiny new military mits are on the way in Counter-Strike: Global Offensive  | PCGamesN 

Jual CSGO Offline - Counter Strike Global Offensive - Kota Bekasi - Games  Zone | Tokopedia 

Counter-Strike: Global Offensive (for PC) Review | PCMag 

 Counter-Strike: Global Offensive's newest anti-cheat effort is Trusted mode

Trailer


 

Gameplay Trailer



Nama    : Geizka Wahyu Fahriza

NRP      : 05111840000062

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger