Game Review : Age of Empires 2: Definitive Edition

Selasa, 17 November 2020

Age of Empires 2: Definitive Edition


Genre                      : Real Time Strategy

Tema                       Medieval War

Rating                     : Teen (ESRB)

Platform                  : PC, Mac, PS2, PS4, Xbox

Developer               : Forgotten Empires, Tantalus Media, Wicked Witch Software

Penerbit                  : Xbox Game Studios

Tanggal rilis awal    : 14 November 2019


Overview

Age of Empires 2 Definitive Edition merupakan game Real Time Strategy (RTS) bertema medieval. Suasana pada game ini dibuat semirip mungkin dengan abad pertengahan. Suasana tersebut meliputi bangungan, unit yang bisa dimainkan, dan peradaban (civilization) pada abad pertengahan. Suasana tersebut tidak hanya berlaku untuk bangsa di Eropa, namun juga bangsa-bangsa lain di dunia pada abad pertengahan. Selain itu, peperangan yang dimainkan oleh pemain menambah suasana abad pertengahan yang identik dengan peperangan.

Age of Empires 2 Definitive Edition (AOE2 DE) merupakan pembaruan dari game Age of Empires 2 seri sebelumnya. Game ini adalah game RTS populer dan memiliki komunitas yang besar, khususnya di Steam. Game ini memiliki rata-rata jumlah pemain aktif sekitar 50.000 pada bulan April lalu. AOE2 DE bahkan mengalahkan versi penerusnya, yaitu Age of Empires 3 (AOE3). Hal tersebut dikarenakan AOE2 DE memiliki lebih banyak mekanik dan skenario dalam game dibandingkan dengan AOE3.

AOE2 DE merupakan game yang dikembangkan oleh Forgotten Empires, Tantalus Media, dan Wicked Witch Software serta diterbitkan oleh Xbox Game Studios pada 14 November 2019. Game ini memiliki rating Teen dari ESRB yaitu pantas dimainkan untuk anak berumur 13 ke atas. Game ini mengandung unsur kekerasan karena sesuai dengan temanya yaitu peperangan. Game ini juga menampilkan beberapa adegan yang menunjukan adanya jasad pasukan yang tewas tertusuk disertai dengan darah.


Cerita Utama

Age of Emapires 2 Definitive Edition memiliki latar kehidupan pada abad pertengahan. Game ini menceritakan sejarah kehidupan berbagai bangsa di dunia pada abad pertengahan. Sejarah tersebut diceritakan dalam berbagai alur cerita (story) yang tersedia pada mode campaign. Dalam story tersebut, pemain dapat merasakan kehidupan tokoh-tokoh dalam sejarah beserta perjuangannya.




Aturan Main

Tujuan utama dari game ini adalah pemain mempertahankan peradabannya (civilization) masing-masing hingga akhir permainan. Pemain memulai permainan dengan beberapa unit dan sumber daya ekonomi yang sedikit. Sumber daya ekonomi dapat diperoleh dari ekploitasi SDA, perdagangan, maupun penguasaan relik. Sumber daya tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan peradaban. Setelah peradaban sudah besar, pemain dapat menyerang peradaban musuh. Peperangan tersebut tentunya menghabiskan sumber daya. Ketika salah satu pihak sudah tidak bisa menanggulangi perang karena kehabisan sumber daya, maka pihak tersebut kalah dan permainan berakhir.



Variasi Skenario

Secara umum, aturan main game ini adalah bertahan hidup sampai akhir permainan. Namun, cara untuk menang dalam game ini tidak hanya melakukan penaklukan terhadap musuh. Berikut adalah beberapa skenario yang ada dalam game ini:

1.  Standard:



Pada permainan standar, pemain dapat bermain secara bebas dengan pemain lain (manusia maupun CPU). Pemain juga dapat memilih cara untuk memenangkan permainan:

·       Conquest: Pemain harus menghancurkan lawan hingga menyerah atau tidak tersisa lagi unit lawan.

·       Capture the relic: Pemain dapat menguasai semua relik dan mempertahankannya hingga countdown habis.

·       Build wonder: Pemain harus membangun wonder yang mahal dan dapat mempertahankannya hingga countdown habis.

·       King of the hill: Pemain harus dapat mempertahankan posisinya di point yang tersedia selama mungkin hingga waktu countdown habis.

 

2. Campaign:



Dalam campaign, pemain bermain sesuai alur cerita yang tersedia. Pemain harus mengerjakan objektif yang tersedia. Terdapat 2 jenis objektif pada mode permainan ini, yaitu objektif utama dan opsional. Objektif opsional tidak harus dikerjakan, namun jika dikerjakan, biasanya akan menguntungkan bagi pemain.


 

Fun Factor

Game ini memiliki berbagai fun factor yang ditinjau dari 4 tipe pemain sebagai berikut:

1. Achiever: 

Pemain dengan tipe achiever akan senang jika mendapatkan atau mencapai sesuatu. Kesenangan tersebut juga dapat dirasakan dengan panca indera seperti penglihatan maupun pendengaran. Berikut adalah faktor yang dapat membuat senang pemain tipe achiever:

·       Terdapat scoreboard di setiap akhir game yang berisi skor dalam berbagai aspek, seperti ekonomi, militer, teknologi.


 

·       Terdapat achievement yang diberikan untuk menyelesaikan setiap story pada mode campaign.

·       Game ini memiliki grafik yang luar biasa yang disertai dengan motion effect yang mulus. Audionya pun sudah diperbarui untuk menyesuaikan civilization yang dipilih oleh pemain.  


 

      2. Explorer:

Pemain dengan tipe explorer akan merasa senang jika terdapat suatu hal baru yang dapat dicoba. Biasanya pemain dengan tipe explorer akan mencari hal yang tersembunyi maupun mencoba berbagai kemungkinan yang ada. Berikut adalah faktor yang pas untuk tipe pemain explorer:

·       Terdapat berbagai civilization yang dapat dimainkan dengan keunikannya masing-masing.



 

·       Dalam mode campaign, terdapat beberapa objektif opsional yang dapat dieksplor oleh pemain. Jika objektif tersebut diselesaikan, biasanya akan muncul suatu kejutan yang menguntungkan pemain, seperti mendapat pasukan tambahan, bertambahnya ekonomi karena diberikan secara langsung oleh teman yang dilindungi, atau hanya sekadar datangnya pasukan teman untuk membantu melawan musuh.


 

·       Terdapat mod manager yang berisi berbagai macam mod yang dapat dicoba oleh pemain. Dengan adanya mod manager, pemain tidak perlu bersusah payah mencari dan menerapkan modnya.


 

·       Pada mode standard single player, pemain dapat mencoba berbagai tingkat kesulitan yang ada. Selain itu, pemain juga dapat memilih Artificial Intelligence (AI) untuk merasakan perbedaan pola permainan yang dilakukan CPU.


 

    3. Socializer: 

      Rasa senang yang dirasakan oleh pemain dengan tipe socializer diperoleh dari interaksi dengan orang lain. Pemain dengan tipe ini akan merasa senang jika bergabung dengan orang lain atau hanya sekadar pamer statusnya di game. Berikut adalah faktor yang cocok untuk pemain tipe socializer:

·       Game ini memiliki konsep tim, artinya beberapa pemain (baik manusia maupun CPU) dapat bergabung dalam satu tim untuk melawan musuh di tim lain.

·       Terdapat leaderboard pada mode multiplayer yang berisikan nama, skor rating, dan jumlah kemenangan.


 

·       Pada mode multiplayer, pemain dapat membuat sendiri atau bergabung dengan clan yang ada.


 

·       Pemain dapat melakukan penyesuaian terhadap profil yang nantinya dapat dilihat oleh orang lain dalam mode multiplayer. 


 

    4. Killer: 

   Pemain dengan tipe killer akan merasakan kesenangan jika musuhnya menderita. Faktor utama dari aspek ini adalah pelampiasan rasa kekesalan terhadap sesuatu yang menjengkelkan. Dalam game ini, tingkat kesulitan paling tinggi dan AI yang bagus dapat membuat pemain berusaha keras hingga jengkel. Namun, saat pemain memenangkan permainan, maka pemain akan sangat merasa puas terhadap kemenangan tersebut.


Alasan Game Ini yang Terbaik

1.   Grafik yang epik dan motion effect yang mulus akan memanjakan mata pemain.

2.   Tersedia banyak civilization abad pertengahan dengan masing-masing keunikannya yang dapat dimainkan.

3.    Tersedia banyak story pada campaign yang menceritakan tentang sejarah dari suatu bangsa pada abad pertengahan.

4.    Pemain dapat memilih sendiri strategi ekonominya, bisa dengan mengeksploitasi SDA, perdagangan, penguasaan relik, maupun meminta bantuan dari player lain.

5.    Tersedia banyak scenario untuk menang, yaitu penaklukan (conquest), membangun wonder, penguasaan relik, maupun King of the Hill.

6.    Tersedia banyak mod yang dapat diakses dengan mudah melalui mod manager.


 

Game Trailer



Gameplay



Official Website:  https://www.ageofempires.com/games/aoeiide/


Penulis:

Muhammad Aliffiro Naufal / 05211740000029 / Sistem Informasi
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger