GRID 2, berkompetisi melawan klub balapan di seluruh penjuru dunia dalam ajang internasional WSR!

Selasa, 17 November 2020


    Apa itu GRID 2?

      GRID 2 merupakan sebuah game / permainan yang bergenre Racing yang dibuat dan dirilis oleh Codemasters untuk PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows, dan Mac OS Klasik. Bertemakan Arcade, game yang dirilis tahun 2013 ini cukup sukses dalam membuat pemainnya merasakan suasana balapan yang cukup realistik dan dapat dipelajari dengan mudah. Game ini dapat dimainkan oleh seluruh kalangan usia, terbukti dari penilaian ESRB dengan Everyone dan penilaian PEGI dengan PEGI 3.

    Cerita dalam Game

       GRID 2 mengisahkan anda sebagai seorang pembalap yang direkrut seorang miliuner Patrick Callahan dalam “tur keliling dunia” untuk mencari klub - klub balapan ternama, untuk mempromosikan sebuah event balapan bernama World Series of Racing, disingkat WSR. Dalam perjalanan anda dalam tur, anda akan dihadapkan dengan klub – klub balapan dari beberapa tempat seperti Eropa, Amerika, dan Asia, dengan metode balapan yang bervariasi di setiap tempat.

       Semakin banyak anda menghadapi klub – klub ini, semakin terkenal anda dan semakin banyak fans anda, yang akan terus berkembang seiring anda bermain. Banyak mobil – mobil dengan spesifikasi mumpuni yang anda bisa dapatkan melalui invitational event yang membutuhkan jumlah fans tertentu.

    Apa aturan main utama dalam GRID 2?

       Aturan main dalam GRID 2 sama seperti aturan main dalam game balapan pada umumnya, memenangkan balapan dengan meraih podium teratas, dengan memanfaatkan teknik – teknik tertentu untuk meraih keuntungan melawan pembalap lainnya.

    Apa saja skenario permainan dalam GRID 2?

       Skenario permainan yang ditawarkan GRID 2 beragam. Anda dapat memainkan mode karir / Career, dimana anda akan bermain sesuai cerita dalam game dan membuka mobil – mobil baru. Mode pertandingan khusus / Custom Events membebaskan anda sebagi pemain untuk memainkan satu atau lebih jenis dan trek balapan, dan aturan – aturan yang berlaku, sesuai dengan keinginan anda. Mode Splitscreen merupakan mode custom event dengan dua pemain yang berbagi satu layar, memungkinkan anda dan teman anda untuk bermain secara langsung untuk menjadi pemenang.

    Kenapa GRID 2 merupakan game terbaik?

       GRID 2 dapat dikatakan sebagai game terbaik dikarenakan GRID 2 memiliki:

  1. Grafik trek yang menawan, menawarkan berbagai zona balapan, dari pegunungan, jalan raya, hingga sirkuit. Seiring permainan berlalu, trek yang diberikan akan semakin unik, mulai dari pegunungan di Asia dengan jalanannya yang berliku, hingga sempitnya jalan pada Eropa.
  2.  Banyak varian dan kelas mobil yang diberikan, dan tipe mobil yang berbeda - beda. Varian mobil dengan merek – merek ternama seperti Aston Martin, BMW, Chevrolet, Dodge, dan lainnya, membawa kesan lebih untuk pemain.
  3. Interface / tampilan yang bagus yang memberikan kesan "turnamen," yang menambah kesan keseriusan dalam bermain.
  4. Fitur rewind / mundur yang membuat pemain tidak perlu kembali ke menu dan mengulangi keseluruhan balapan karena suatu kesalahan kecil. Dalam mode career, anda hanya diberikan 5 kali kesempatan rewind, menuntut anda untuk bermain dengan serius.
  5. Konsep arcade racing pada game balapan bertema turnamen yang cukup menarik. Kontrol yang semi-realistik menunjukkan bahwa GRID 2 berbeda dengan racing game bertema arcade seperti para pendahulunya Need for Speed atau Burnout.



    Jenis pemain menurut Bartle dan GRID 2

      Bartle taxonomy of player types adalah klasifikasi pemain video game (gamer) berdasarkan paper Richard Bartle pada tahun 1996 menurut tindakan yang mereka sukai dalam game. Menurut Bartle, terdapat empat karakter dari setiap pemain game, yaitu Achievers, Explorers, Socializers, dan Killers. Meskipun pada awalnya analisa ini dilakukan pada spektrum permainan yang memiliki banyak pemain, analisa tipe pemain ini dapat ditentukan pada game dengan hanya satu pemain atau singleplayer.

      GRID 2 memiliki beberapa faktor kesenangan yang diberikan pada setiap tipe pemain yang ada. Faktor kesenangan yang dapat diraih oleh setiap tipe pemain menurut taksonomi Bartle pada GRID 2 adalah:

¨      Achiever :

¨      Mendapatkan setiap mobil yang ada dengan mengumpulkan fans dan memainkan invitational event.

¨      Mendapatkan achievement yang diberikan oleh game.

`    ª      Explorer :

ª      Membuka tier / tingkatan baru dalam permainan, membuka lokasi dan variasi trek yang dapat dimainkan.

      ©      Socializer :

©      Adanya pilihan untuk mendekorasi mobil sehingga terlihat lebih cantik.

      §      Killer :

§      Adanya sistem leaderboard sebagai faktor kompetisi antar pemain.

§      Interaksi antar pemain pada mode splitscreen dibebaskan, sehingga antar pemain dapat saling mencelakakan untuk memenangkan pertandingan.

    Gambar Pendukung






    Video Referensi

       Berikut video – video yang dapat menjadi pendukung artikel ini:

Video trailer game / permainan: https://www.youtube.com/watch?v=trhL_EGj2VA.

Video demo permainan: https://www.youtube.com/watch?v=1O83u5v4QOo.

    Tautan Game

       Meskipun GRID 2 telah dihapus dari Steam, anda masih bisa mendapatkan demo dari GRID 2 ini pada link https://store.steampowered.com/app/44350/GRID_2/.

    Sumber

https://en.wikipedia.org/wiki/Grid_2

https://www.esrb.org/ratings/32866/Grid+2/

https://pegi.info/search-pegi?q=grid+2&op=Search&age%5B%5D=&descriptor%5B%5D=&publisher=&platform%5B%5D=&release_year%5B%5D=&page=1&form_build_id=form-MtaxmMWNAY8OwXxzFIAPBQj5jHnjBx_G05a24mm2j-o&form_id=pegi_search_form

https://www.shacknews.com/article/77838/the-story-of-grid-2-and-why-a-racing-game#:~:text=At%20the%20heart%20of%20GRID,racing%2C%20drag%20racing%2C%20etc.

https://en.wikipedia.org/wiki/Bartle_taxonomy_of_player_types

 

Biodata

Nama    : Abraham Wong

NRP       : 05111740000065

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger