Moonlighter : Game RPG sekaligus berlatih Manajemen Bisnis

Rabu, 18 November 2020

 Moonlighter Review


Platform : PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, Microsoft Windows, Linux, Sistem operasi Macintosh,Mac OS Klasik
Genre : Action-RPG, Business Simulation
Tema : Fantasy
Rating : Everyone 10+ (ESRB)


Deskripsi dan Story Moonlighter

Moonlighter adalah sebuah game action RPG dengan elemen rogue-lite yang menceritakan tentang seorang pengelola toko bernama Will, yang bermimpi untuk menjadi seorang pahlawan.
Disebuah dunia, sebuah reruntuhan yang berisikan labirin yang penuh dengan barang-barang aneh dan makhluk-makhluk dari dunia lain, muncul di dunia tersebut. Reruntuhan tersebut diberi nama 'The Dungeons' oleh orang-orang yang mencoba menjelajahi reruntuhan tersebut.
Melalui penjelajahan dan perolehan barang-barang di reruntuhan tersebut, terbentuklah sebuah desa dengan nama Rynoka sebagai tempat mereka berkumpul. Ada dua tipe masyarakat yang ada di desa Rynoka, yaitu pahlawan dan pedagang. Pada awalnya mereka berfokus pada pengakuan/popularitas, dan kemudian beralih untuk mengumpulkan emas.
Setelah 70 tahun setelah keberadaan 'The Dungeons', reruntuhan tersebut tidak memberikan banyak manfaat sebagaimana awalnya dan membuat hidup menjadi lebih susah, apalagi untuk toko tertua di Rynoka, Moonlighter dan Will, pemilik termuda dari toko tersebut.
Untuk dapat meneruskan hidupnya, Will menjelajah 'The Dungeons' untuk mengalahkan monster dan mendapatkan barang-barang untuk kemudian dijadikan sebagai barang dagangan di tokonya, Moonlighter. 


Aturan Main dan Mekanisme Moonlighter

Moonlighter terfokus kepada dua hal, sebagai 'corenya', Moonlighter adalah sebuah action rogue-lite yang berfokus pada combat, looting, dan penjelajahan labirin yang digenerate secara prosedural, yang artinya, rute dari dungeon tidak pernah sama setiap kali mencoba untuk memasuki dungeon tersebut.
 
Tetapi, agar karakter dapat menjadi lebih kuat dalam tujuan untuk menjadi pahlawan sehingga bisa menjelajahi dungeon lebih dalam, pemain membutuhkan emas sebagai mata uang dari dunia tersebut, dalam jumlah yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan emas, pemain perlu menjual barang-barang yang mereka temui dari dungeon baik dari mengalahkan musuh ataupun dari tumpukan-tumpukan yang terdapat di dalam dungeon, kemudian secara bijak mengelola uang yang didapat baik untuk meningkatkan toko agar lebih mudah dalam menjual barang dan mendapatkan uang, untuk membuat persenjataan, ataupun meningkatkan bangunan-bangunan yang ada di desa sebagai fitur yang dapat membantu pemain untuk menjadi lebih kuat.

Selain itu, Moonlighter lebih terfokus ke progres karakter yang permanen, sehingga menciptakan gameplay yang lebih strategis dan lebih lama serta terfokus ke eksplorasi, manajemen dan combat.










Berbagai tingkat kesulitan

Moonlighter memiliki 5 pintu dungeon yang memiliki lingkungan/environment berbeda dari setiap dungeonnya, dari dungeon pertama hingga dungeon ke lima.
Monster dari dungeon pertama memiliki hp yang lebih sedikit dan akan memberikan damage yang lebih sedikit dibanding monster yang ada di dungeon kedua, dan seterusnya hingga dungeon kelima dimana final boss berada.

Untuk melakukan upgrade pada persenjataan, kita membutuhkan emas, yang diperoleh melalui penjualan barang dari dungeon di toko kita, dan dengan mengumpulkan barang yang dijatuhkan musuh yang spesifik di dungeon tertentu dan musuh tertentu, yang menambahkan  kesulitan untuk progress di game ini dengan mudah.

Selain itu, player memiliki dua jenis inventory pada characternya, yaitu body inventory dan bag inventory. Perbedaannya sangat simpel, yaitu saat player mati didalam dungeon, item yang dikumpulkan dan terletak inventory akan terjatuh dan hilang selamanya sementara body inventory tidak. Sehingga player harus berhati-hati sekiranya mendapatkan drop item yang cukup langka untuk dijual dipasaran sehingga sayang jika harus hilang hanya karena mati di dalam dungeon. 
Namun, hal ini dapat diatasi dengan item permanen yang diperoleh dari dungeon, yaitu item berbentuk charm diperoleh di dungeon pertama, dan item berbentuk cube di dungeon tingkat lanjut. Charm jika digunakan akan menteleportasi kembali player ke desa, Cube akan membuat portal yang bisa digunakan untuk kembali ke desa untuk menyimpan item drop yang telah dikumpulkan di storage box toko, kemudian portal tersebut dapat digunakan lagi untuk kembali ke titik di dalam dungeon kita membuat portal tersebut. Tetapi charm dan cube ini tidak serta merta dapat digunakan kapanpun kita mau, karena ada cost dalam penggunaannya, yaitu dengan menggunakan emas. Jadi jika player tidak menyimpan sejumlah uang untuk dapat menggunakan charm atau cube tersebut, mau tidak mau cara yang harus dilakukan player agar dapat kembali ke desa adalah dengan cara mati dan merelakan item drop yang telah dikumpulkan di bag inventory atau dengan mengalahkan boss di dungeon tersebut.
Meskipun penaltynya terdengar hardcore, player dapat membawa sejumlah potion yang dapat digunakan untuk memulihkan hp character atau dengan menggunakan area berupa kolam yang dapat memulihkan hp character, yang setelah beberapa update di patch agar kolam tersebut masuk ke status 'depleted' sehingga tidak bisa digunakan lagi setelah memulihkan hp character sebanyak beberapa point.

Sehingga, kemampuan yang dibutuhkan player adalah kemampuan dalam mengelola harga pasar atas barang yang dijual serta mengelola emas yang diperoleh, kemudian kemampuan untuk membaca pola dari serangan dari lawan dan boss tiap dungeon sehingga dapat meminimalisir damage yang akan diterima.


Kenapa menurut saya game ini terbaik ?

1. RPG dengan visual retro yang membuat nostalgia.
2. Konsep yang menarik berupa perpaduan RPG dengan item drop dan Simulasi Bisnis dengan penjualan item drop ataupun melalui barang yang dibuat/ditempa.
3. Alur cerita menarik yang menceritakan asal mula dan kenapa terciptanya dungeon dan monster di game tersebut.
4. Sistem negosiasi pada saat menjual item drop menambah kesulitan dalam memperoleh progress dalam game, baik item maupun achievement
5. Adanya tambahan cerita alternatif melalui fitur New Game+ setelah menyelesaikan story game untuk pertama kalinya.


Satisfactory/Fun untuk 4 Tipe Player

Achiever
    Untuk anda yang seorang Achiever, game ini memberikan kesenangan kepada para pemainnya melalui upgrade senjata, upgrade toko, dan upgrade toko lain di desa sehingga player dapat mengalahkan dungeon dengan lebih mudah atau lebih baik. Jika anda membeli game ini melalui platform Steam, game ini akan memberikan achievement setelah memperoleh hal-hal tertentu, tentu hal ini juga dapat memuaskan pemain sebagai hal yang dapat dipamerkan ke pemain lain saat menge-check profil dari pemain tersebut.

Explorer
        Meskipun beberapa reviewer mengatakan story game ini agak flat, game ini menawarkan fitur New Game+ sehingga jika pemain kurang puas dengan ending story pada saat pertama kali menyelesaikan game tersebut, pemain dapat bermain kembali demi melihat story tambahan yang ditawarkan pada New Game+.
      Selain itu didalam dungeon terdapat beberapa hidden room yang diindikasi kan dengan jurang yang mengeluarkan 'shine' effect, sehingga pemain perlu dengan teliti melihat setiap jurang di dalam dungeon apakah ruangan tersebut memiliki access ke hidden room atau tidak, meskipun saya melakukan hal ini dengan iseng untuk sengaja fall ke masing-masing jurang dan harus menerima fall damage jika jurang tersebut bukan access ke hidden room.
      Kemudian juga pemain dapat membawa dua persenjataan yang terdiri atas 5 jenis yang dapat diswap dengan mudah menggunakan satu tombol sehingga membuat eksplorasi dungeon dan membaca pola serangan musuh jadi lebih menarik.
    Saat menjual barang, mengetahui harga pasar atas barang yang kita jual pun juga memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemain, karena emoji yang ditimbulkan pembeli saat membeli barang yang kita tawarkan akan tercatat di logbook kita, sehingga kepuasan saat dapat menjual barang dengan harga yang pas ataupun harga yang lebih mahal namun masih dapat diterima oleh pembeli pun dapat menjadi kepuasan bagi para pemain.

Killer
      Karena game ini adalah Action-RPG, maka kata matipun akan sangat familiar oleh para pemain, momen ketika damage yang kita berikan dengan persenjataan yang kita punya dan pengetahuan atas pola serangan musuh akan menciptakan kepuasan sendiri saat momen ini terjadi.

From not Fun(NF)
        Penalty permanent item drop saat kita mati di dalam dungeon akan sangat meresahkan bagi pemain-pemain yang baru awal bermain game ini, sehingga game ini terlihat seolah-olah seperti hardcore game Namun keluhan itu akan hilang seiring waktu pemain memperoleh informasi bagaimana pola serangan lawan serta bagaimana cara mengatur emas yang kita kelola sendiri agar dapat menggunakan item untuk kembali ke desa tanpa perlu mati ataupun melawan boss. Saya sebagai pemain dari game ini merasa puas setelah mencapai momen tersebut.


Gameplay Demo dan Trailer



Where to get it?



Reviewer : MUHAMMAD HUSNI RIDHART AZZIKRY (05111740000122)
Share this article :

2 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger