Review Game : Lichess

Selasa, 17 November 2020

 

Chess



Klasifikasi Game
Judul                     : lichess
Genre                    : Strategy
Tema                     : Sport
Rating(app)           : 4.5
Rating Kategori    : Everyone 
Platform                : Mobile, Web, PC, iOS, Android
Playing Mode       : Single Player, Dual Player, Offline, Online
Link                      :  lichess


Chess
Chess merupakan game catur sekaligus menjadi salah satu cabang olahraga terpopuler di dunia.  Catur tidak seperti olahraga lain yang melatih otot melainkan catur hanya menggunakan otak untuk melakukannya. Catur dimainkan oleh dua orang. Pemain catur harus memiliki beberapa strategy untuk dapat memenangkannya. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang.

lichess

lichess merupakan tempat bermain catur secara  digital. lichess dikembangkan oleh programer prancis thibault duplessis. lichess dibuat pada tahun 2010 pada saat itu di mainkan di web. Pada Tahun 2015 lichess merilis untuk prangkat Android dan iOS. Perkembangan lichess sangatlah cepat dimana pada tahun 2017 lichess mengadakan turnamen dengan hadiah yang sangat menarik. Pada ajang turnamen tersebut terdapat pemain-pemain grand master dunia. Magnus Carlsen sebagai grand master dunia memenangkan turnamen tersebut. Semenjak saat itu lichess sering mengadakan turnamen turnamen dunia. 

Fitur komunitas juga disediakan di lichess secara gratis. Fitur ini berbagai komunitas pemain catru dapat mengadakan turnamen catur. Untuk menghindari kecurangan dari permainan, lichess dilengkapi dengan analisis mode menggunakan stokfish. Dengan analisis mode akan memperhitungkan pemain melakukan cheating dalam turnamen.

Lichess menyediakan fitur gratis untuk belajar yaitu pelatihan dasar, free puzzle, pembelajaran, analisis mode permainan. Dengan adanya fitur yang disediakan secara gratis ini membuat lichess lebih digeamari banyak orang. 

Rating catur lichess, setiap pemain catur mempunyai nilai/skor yang bernama rating catur. Rating catur ini adalah angka yang menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Semakin tinggi ratingnya, pemain ini cenderung semakin kuat. Daripada gelar, rating lebih efektif menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Rating ini didapat dari kemenangan-kemenangan pecatur dalam permainan Bila seorang pecatur menang dengan pecatur yang lebih kuat, dia mendapatkan rating yang lebih banyak. Jika dia kalah, ratingnya akan dikurangi sesuai dengan tipe permainan

Open turnamen lichess

Turnamen Komunitas ITS Disnatalis
Free Puzzle
Pembelajaran
Analisis Permainan
Contoh Rating

Aturan main

Aturan bermain dari lichess sama dengan permainan catur aslinya, dimana terdapat berbagai tipe-permainan yang disediakan di lichees seperti  Catur Klasik, Catur Cepat, Catur Kilat, Catur Buta, Catur Simultan, Catur Tandem, Catur Estafet, Catur Online, Catur Korespondensi, Catur Kartu dan sebagainya.

Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.

Bidak Catur
Gerakan Catur
Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.

Kenapa Game ini Terbaik?

Game catur pada dasarnya sama saja baik itu secara langsung maupun menggunakan platform digital. Namun ada beberapa point-point yang membuat lichess.org sebagai platform permainan catur terbaik. Lichess banyak digunakan oleh Grand Master Catur dunia sebagai ajang bermain secara online, dengan begitu banyak pemain catur dunia yang menggunakan platform ini menandakan bahwa platform ini merupakan platform terbaik bermain game catur. Pada game ini juga terdapat database permainan lichess dan permainan grand master yang terkenal. Perbedaan game catur ini dari game catur lain terdapat analisis mode setelah bermain yang didapatkan secara gratis,banyak platform lain harus membayar untuk yang dapat menggunakan analisisnya. Lichess juga digunakan sebagai ajang turnamen permainan catur online. Rating point juga disematkan pada game ini sebagai tingkat level kemampuan pengguna, rating level menentukan lawan saat bermain catur. Dengan adanya penilaian rating point ini dapat membuat para pemain catur yang tadinya pemula bisa menuju grand master seiring meningkatnya rating point dan mengikuti turnamen. Kemudian point lain yang menajdi unggulan yaitu puzzle catur,  pembelajaran yang disediakan secara gratis. Banyak platform lain yang harus membayar untuk dapat menggunakan fitur seperti ini. Pada 2020 dunia digemparkan dengan virus covid-19 sehingga berbagai perhelatan dunia ditunda untuk diadakan. Sementara itu catur masih bisa diadakan secara online yaitu catur dengan aplikasi digital sperti ini.

Aspek Fun

1. Socializer

Aspek fun socializer pada lichess terdapat pada fitur komunitas, rating dan penghormataan terhadap gelar pemain catur yang handal yaitu grandmaster. Fitur komunitas ini memungkinkan para pemain catur dapat saling berinteraksi sosial dengan fasilitas chat dan turnamen komunitas. Rating mempunyai peranan penting dikarenakan rating pada permainan catur menandakan satatus keahlian dalam bermain catur 

2. Killer

Pada permainan catur mempunyai aspik fun yaitu killler. Aspek ini lebih ke pencapaian emosi untuke memenangkan lawan, karena pada dasarnya permainan catur layaknya berperang memerlukan strategi langkang-langkah jauh untuk memnangkannya. Permainan mental pada saat turnamen menjadi bagian emosional tersendiri jika dapat memnangkan turnamen


Sulaiman Ali 023119400050 Pengantar Pengembangan Game 2020



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger