Game Review: Sid Meier's Civilization 6

Selasa, 17 November 2020

Sid Meier's Civilization 6






Klasifikasi Game

Genre: Turnbased – Strategy

Tema: Historikal

Rating: Everyone 10+ (ESRB)

Platform: PC, MAC, Console, Android, iOS


Deskripsi Game

Sid Meier's Civilization VI adalah video game 4X strategi turnbased yang dikembangkan oleh Firaxis Games, diterbitkan oleh 2K Games, dan didistribusikan oleh Take-Two Interactive. Tujuan game ini adalah untuk mengembangkan peradaban dari awal melalui ribuan tahun untuk menjadi kekuatan dunia dan mencapai salah satu dari beberapa kondisi kemenangan, seperti melalui dominasi militer, keunggulan teknologi, atau pengaruh budaya.


Aturan Main Utama

Civilization 6 adalah game strategi turn based dimana player mengendalikan suatu peradaban melawan peradaban lain yang dikontrol oleh player lain atau AI. Player mengembangkan peradaban mereka secara kronologis dari awal waktu melalui sembilan periode sejarah yaitu mulai dari Ancient Era hingga paling akhir Future Era. Tujuan dari game ini adalah mencapai salah satu dari beberapa kondisi kemenangan sebelum peradaban lain mencapainya. Untuk mencapai kemenangan, pemain harus memikirkan strategi dan melakukan manajemen peradaban mereka. Pemain dapat membangun kota, memengeksploitasi sumber daya yang ada di peradaban mereka, dan membangun kekuatan militer untuk melakukan eksplorasi dan melawan peradaban lain. Pemain juga harus mengelola pengembangan (research) teknologi, budaya, dan pemerintahan peradaban mereka serta melakukan diplomasi untuk membangun hubungan dengan peradaban lain.

Contoh peradaban yang dibangun player


Skenario

Game ini memiliki enam skenario kemenangan yang mungkin dicapai oleh player yaitu:

  • Science Victory

Untuk mencapai kemenangan sains, maka pemain harus menyelesaikan misi luar angkasa sebelum peradaban lain mencapainya. Pemain harus mengatur strategi untuk fokus mengelola supaya peradaban mereka paling maju dalam bidang teknologi dan produksi.

Kemenangan Sains dapat dicapai melalui misi luar angkasa

  • Culture Victory

Untuk mencapai kemenangan budaya, maka pemain harus membangun peradaban dengan turisme paling tinggi diantara peradaban lain. Pemain harus mengatur strategi untuk fokus mengelola supaya peradaban paling maju dalam bidang budaya. Dengan budaya yang tinggi, peradaban dapat menghasilkan karya seni hebat yang dapat menarik turisme.

  • Domination Victory

Untuk mencapai kemenangan dominasi, maka pemain harus mampu menguasai ibu kota asli dari semua peradaban yang ada. Pemain harus mengatur strategi untuk fokus mengelola supaya mereka memiliki militer paling kuat untuk melakukan agresi dan invasi terhadap peradaban lain.

Angkatan perang yang kuat penting untuk pertahanan dan kemenangan dominasi
  • Religion Victory

Untuk mencapai kemenangan agama, maka agama yang diciptakan oleh peradaban pemain harus dapat menjadi agama dominan di semua peradaban. Pemain harus mengatur strategi untuk fokus mengelola supaya mereka dapat menyebarkan agama mereka sejauh dan sebanyak mungkin.

  • Diplomacy Victory

Untuk mencapai kemenangan diplomasi, maka pemain harus dapat mengumpulkan poin Diplomacy sebanyak 20. Ada banyak cara untuk mendapatkan poin tersebut seperti memenangkan voting di kongres dunia, membangun bangunan historis seperti Patung Liberty, mencapai skor tertinggi dalam memberikan bantuan bencana, dan sebagainya.

  • Score/Time Victory

Kemenangan ini dicapai apabila peradaban player dan peradaban lain tidak ada yang mencapai salah satu skenario kemenangan yang telah disebutkan sebelumnya setelah waktu yang ditentukan habis yaitu tahun 2050. Pada kasus ini maka peradaban dengan skor tertinggi akan memenangkan permainan.

Kenapa Civilization 6 merupakan game terbaik?

  • Mengasah kemampuan micro manajemen

Game ini memiliki banyak sekali pilihan dan fitur mekanik yang dapat mengasah kemampuan micro manajemen kita. player harus memutuskan dimana kita membangun kota, resource apa yang tersedia, improvement apa yang dibuat, memprioritaskan apa yang harus diproduksi, memutuskan teknologi yang harus diriset, memutuskan culture apa yang dipilih dan masih banyak lagi. Semua keputusan tersebut akan berdampak terhadap kemajuan peradaban yang kita bangun dan menentukan apakah kita dapat survive melawan peradaban lainnya yang ada dalam game.

  • Mengakomodasi banyak style gameplay

Game ini memiliki enam skenario kemenangan yang berbeda yang dapat dicapai oleh player oleh karenanya game ini mampu mengakomodasi banyak style gameplay yang berbeda-beda. Player dapat mengatur strategi mereka sesuai dengan keinginan kondisi kemenangan mana yang ingin dicapai. Misal player yang suka berperang maka akan cocok untuk gaya bermain kemenangan dominasi.

  • Replayability tinggi

Setiap game baru akan menghasilkan dunia yang unik yang belum pernah ada sebelumnya karena setiap dunia baru digenerate memggunakan random seed sehingga game ini menawarkan replayability yang tinggi bagi player. Setiap memulai game baru maka player akan mendapatkan bentuk geografis yang berbeda, sumber daya yang berbeda, dan perdaban yang berbeda. Selain itu game ini menawarkan banyak sekali peradaban yang dapat dimainkan dan kondisi kemenangan yang berbeda sehingga player tidak pernah bosan ketika memulai game baru.

Dyah Gitarja dari peradaban Indonesia adalah contoh pemimpin civilization yang dapat kita mainkan

  • Banyak manfaat edukasi historis

Game ini juga memberikan manfaat edukasi yang tinggi bagi pemain karena banyak hal di game ini dibuat berdasarkan sejarah nyata seperti bangunan, tokoh, karya seni, dan lain sebagainya. Kita juga dapat mempelajari semua itu karena game ini juga menawarkan ensiklopedianya dalam game untuk membantu kita lebih mengenal latar belakang sejarah dibalik suatu bangunan, tokoh, teknologi, budaya, dan lain-lain.

  • Grafis dan soundtrack yang bagus

Game ini menawarkan grafis yang bagus dimana pemain dapat melihat peradaban mereka berkembang dan membesar dari awal waktu. Grafis game ini menunjukkan detail yang bagus untuk setiap unit, bangunan historis, dan keajaiban alam. Game ini juga menawarkan soundtrack yang unik untuk setiap peradaban sehingga setiap memulai permainan sebagai peradaban baru, player tidak mudah jenuh dengan soundtrack game.

Civilization 6 menawarkan grafis detail yang bagus



Fun berdasarkan 4-player personality

Achiever (A)

Game Civilization 6 ini sangat cocok terhadap tipe personality Achiever karena game ini dapat memberikan banyak pencapaian kepada pemainnya. Pencapaian terbesar tentunya adalah ketika pemain dapat mencapai salah satu kondisi kemenangan setelah membangun peradaban selama berabad-abad. Pemain akan disajikan film singkat dengan narasi yang diberikan dengan sangat bagus sesuai dengan kondisi kemenangan yang dicapai.

Contoh visual ketika pemain sukses membangun bangunan historis


Selain itu game ini juga menawarkan banyak pencapaian secara visual seperti ketika pemain sukses membangun bangunan bersejarah, menghasilkan karya seni hebat, dan mencapai era emas maka pemain akan diberikan visual dan narasi sesuai dengan pencapaian yang berhasil didapatkan oleh pemain.

Socializer (S)

Game ini juga menawarkan kesenangan bagi tipe pemain Socializer karena game ini mendukung fitur multiplayer dimana pemain dapat berkompetisi melawan pemain lain. Pemain dapat melakukan banyak interaksi melalui cara diplomasi dengan pemain lain seperti tawar menawar perdagangan, membentuk aliansi, memberikan bantuan, dan mendeklarasikan perang.

Layar diplomasi dengan peradaban lain


Explorer (X)

Game Civilization 6 juga dapat memberikan pemain dengan tipe personality Explorer, karena game ini memiliki banyak fitur dan pengalaman baru yang bisa didapatkan. Pada awal game, peta yang ada masih tertutup (hidden) dan untuk membukanya maka player harus mengirimkan unit ekspedisi mereka untuk mengeksplore dunia sekitar peradaban mereka. Player dapat menemukan banyak hal menarik saat melakukan eksplorasi seperti keajaiban dunia, kota independen, peradaban lain, benua baru, barbarian, dan sisa peradaban kuno.

Penemuan keajaiban alam ketika player melakukan eksplorasi


Selain itu game ini juga menawarkan banyak style gameplay yang berbeda karena adanya beberapa kondisi kemenangan. Setiap kondisi kemenangan yang ingin player dicapai akan memberikan pengalaman baru bagi player karena harus menyesuaikan gameplay dan strategi. Selain itu juga ada banyak peradaban unik yang dapat dimainkan, dimana setiap peradaban ini menawarkan keunikan tersendiri seperti unit atau bangunan yang berbeda-beda.

Killer (K)

Game ini juga sangatlah cocok untuk tipe pemain Killer yaitu melalui kondisi kemenangan dominasi. Pada kondisi kemenangan dominasi, player dapat membangun militer dan senjata terkuat seperti bom nuklir. Player dituntut untuk menghancurkan dan menguasai peradaban lain untuk mencapai kemenangan dominasi. Player dapat melihat unit dan kota peradaban lain dihancurkan dengan kekuatan militer player. Player yang suka berperang dan melakukan invasi akan sangat cocok untuk style gameplay ini.

Menghancurkan peradaban lain dengan bom nuklir



Link

Trailer:



Gameplay:



Official Game Website: https://civilization.com/

Review By:

05211740000049

Abraham Christopher Pujiantoro

Departemen Sistem Informasi ITS

 

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger