Project Winter : Perfect game to betray your friend

Rabu, 18 November 2020


Klasifikasi Game

Developer : Other Ocean Interactive
Publisher : Other Ocean Group
Genre : Action, adventure, casual, strategy, survival
Tema : Winter
Platform : Windows 7+
Age rating : Teen (13+)
Steam Review : 9/10

Deskripsi

    Project Winter adalah sebuah online multiplayer survival game. Game ini dirilis pada tanggal 7 Februari 2019. Game ini merupakan sebuah permainan yang berbasis tentang anda sebagai pemain bersama 7 orang yang berusaha untuk bertahan hidup dan melarikan diri dari musim dingin, sedangkan terdapat 2 traitor (pengkhianat) diantara 8 orang tersebut yang akan menggunakan segala cara agar setiap orang tidak dapat bertahan hidup dari winter.

Gameplay

       Terdapat 8 pemain, dibagi menjadi survivor dan traitor. Terdapat 6 survivor yang akan berusaha memperbaiki radio untuk memanggil kendaraan agar dapat melarikan diri dari winter. Selain survivor, terdapat 2 traitor yang akan berusaha menghalangi keenam survivor tersebut untuk melarikan diri tanpa ketahuan oleh survivor. Kedelapan pemain dapat melakukan vote untuk mengeluarkan pemain lain agar tidak dapat masuk ke rumah, sampai mati kedinginan.

        Terdapat event yang akan terjadi setiap beberapa menit. Terdapat berbagai macam event, seperti saat setiap pemain berubah jadi badut dan tidak mengenal satu sama lain. Selain itu terdapat event lainnya seperti badai salju, dimana warm bar dari pemain akan dengan cepat turun, sehingga apabila tidak segera kembali ke rumah, atau membuat perapian pemain dapat mati kedinginan.




Skenario

Agar survivor dapat melarikan diri dari winter, terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan oleh survivor dan traitor, diantaranya adalah :

1. Memperbaiki objektif pertama

Para survivor perlu memperbaiki objektif pertama yang terletak didekat rumah, dalam memperbaiki, terdapat  hal yang dibutuhkan, bisa jadi bahan, atau melawan hewan liar, dan lainnya. Untuk menyiapkan bahan, para survivor perlu menebang, mengambil beri, dan menambang batu.

Membuat bahan

2. Memperbaiki objektif kedua

Setelah memperbaiki objektif pertama, para survivor harus mencari objektif kedua yang terletak di sisi lain peta terlebih dahulu, lalu memperbaiki objektif tersebut. Untuk memperbaiki objektif kedua, sama seperti objektif pertama, terdapat beberapa macam, tergantung dari yang diminta di objektif kedua.

3. Memanggil kendaraan penyelamat

Setelah memperbaiki kedua objektif, harus ada pemain yang memanggil kendaraan bala bantuan melalui radio yang terdapat di rumah. Setelah kendaraan sampai, pemain akan naik agar selamat.

Tampilan saat berhasil naik kendaraan

Sedangkan, traitor sendiri memiliki satu objektif utama, yaitu mensabotase objektif yang sudah diperbaiki, juga membunuh para survivor agar mereka tidak bisa melarikan diri.

Kenapa game ini termasuk salah satu game terbaik ?

Game ini merupakan salah satu game terbaik, hal ini dikarenakan game ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan game lainnya, diantaranya adalah :
  1. Memiliki art yang menarik dengan latar Winter yang indah.
  2. Gameplay yang unik.
  3. Dimainkan bersama orang lain, sehingga lebih seru.
  4. Melatih kekompakan sesama pemain dalam menyelesaikan objektif.
  5. Melatih komunikasi antar permain.

Aspek Fun

Berikut adalah aspek-aspek berdasarkan theory of fun yang terdapat dalam game Project Winter.

1. Achiever

Dalam Project Winter, terdapat berbagai achievement yang dapat diunlock saat pemain telah memenuhi ketentuan dari achievement tersebut, sebagai contohnya saat pemain sudah selesai memakan 100 roots, pemain akan mendapatkan achievement "Health Freak".

Achievement "Health Freak"

2. Explorer

Project Winter memungkinkan pemain untuk menjelajahi peta saat bermain. Dengan art yang bagus, pemandangan yang terdapat di berbagai bagian peta terlihat indah sangat menarik untuk dijelajahi.

Scenery salah satu bagian peta

3. Socializer

Dikarenakan permainan ini berbasis multiplayer, Project Winter menyediakan in game voice sehingga memungkinkan pemain untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal yang menjadi unik adalah semakin jauh antara pemain, maka voice dan chat menjadi tidak dapat didengar atau dibaca oleh pemain lain, kecuali saat pemain memiliki radio untuk berkomunikasi jarak jauh dengan pemain lain. Selain itu, jenis voice dari Project Winter adalah bersifat surrounding, sehingga kita dapat memperkirakan arah suara dari pemain lain.

4. Killer

Sebagai pemain, akan sangat menyenangkan saat berhasil membunuh hewan yang ada, karena hewan tersebut akan menyediakan stok makanan dan kulit untuk bahan material. Selain dapat membunuh hewan yang terdapat di dalam game seperti rusa, serigala, dan beruang, pemain juga dapat membunuh pemain lain menggunakan senjata, atau dengan meracuni pemain lain. Sebagai survivor, menemukan traitor dan menghukum dengan cara membunuh atau melarang traitor untuk masuk rumah, sehingga mati kedinginan merupakan hal yang sangat penting sehingga mereka tidak kesusahan untuk menyelesaikan objektifnya. Sedangkan traitor sendiri akan sangat perlu untuk membunuh para survivor yang ada agar mereka tidak dapat melarikan diri.

Screenshot Ingame

Terdapat bermacam skin untuk dipakai

Event menjadi badut

Awal pemain memulai game

Scene memperbaiki objective

Tutorial penjelasan

Tampilan peta di depan rumah
Video Trailer

Video Gameplay

Link Game Store


Identitas Penulis

Nama : Ahmad Yahya Abdul Aziz
NRP : 05111740000128
Kelas : Teknik Pengembangan Game

Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger