Game Review: The Legend of Zelda: Breath of The Wild

Selasa, 17 November 2020


The Legend of Zelda:
Breath of the Wild

Review by: Aurelius Ian


Klasifikasi Game

    Developer: Nintendo Entertainment Planning & Deveopment
    Genre: Action - Adventure
    Tema: Fantasy
    Rating: Everyone 10+ (ESRB)
    Platform: Nintendo Switch, Wii-U

Deskripsi Game
The Legend of Zelda: Breath of the Wild adalah rilisan paling baru dari seri game The Legend of Zelda besutan Nintendo. Dirilis pada tahun 2017, BotW merupakan game yang ditujukan untuk menjadi game 'launch' pada konsol baru pada saat itu yakni Nintendo Switch.

Story
Breath of the Wild menceritakan kisah Link seorang pejuang dari Hyrule, 100 tahun setelah dirinya ditempatkan pada ruang penyembuhan akibat pertempuran besar dengan Ganondorf 9.900 tahun yang lalu. Bangun dari tidur panjangnya, Link bertemu dengan kakek tua yang mengenalkan dirinya sebagai roh dari Raja Rhoam. Rhoam menjelaskan bahwa Ganon yang berhasil di kunci pada Kastil Hyrule oleh Zelda 9.900 tahun yang lalu, berkembang semakin kuat dan hampir bebas. Oleh karena itu, Rhoam meminta pertolongan Link untuk mengalahkan Ganon sebelum Ia bisa bebas dan menghancurkan dunia.

Link terbangun dari tidur panjangnya

Aturan Main
Sama seperti game-game Zelda sebelumnya, disini player akan mengontrol Link (dengan perspektif third-person) dalam eksplorasinya pada dunia Hyrule. Player bebas mengontrol Link sesuka hati, berjalan, berlari, loncat, menyerang dan hal-hal lazim yang dilakukan pada game adventure. Dunia Hyrule yang ada pun merupakan dunia open-world sehingga player dapat bebas ber-eksplorasi kemanapun mereka mau. Terdapat misi utama dan misi sampingan yang bisa dilakukan oleh player, namun tentunya jika ingin menyelesaikan game player harus menyelesaikan misi utama.

Player memainkan Link, dalam dunia Hyrule

Skenario
Terdapat Misi Utama dan Sampingan yang bisa dilakukan:

1. Misi Utama
Misi Utama dalam game Breath of the Wild adalah mengalahkan Calamity Ganon yang berlokasikan pada Kastil Hyrule, namun dalam perjalanannya Link nantinya akan bertemu orang-orang penting untuk membantunya mempersiapkan diri sebelum menghadapi Ganon.

Calamity Ganon, antagonis dalam game

2. Misi Sampingan
Selain misi utama, terdapat juga misi sampingan atau side-quest yang bisa dilakukan oleh player. Total ada 76 misi sampingan yang tersedia, dan tentunya akan memberikan reward yang menggiurkan bagi player.
Laman pemilihan Misi Sampingan

Kenapa Game ini Terbaik ?
Dibalik suksesnya dengan mendapatkan banyak penghargaan seperti Game of the Year pada The Game Awards 2017 dan 21st Annual D.I.C.E Awards, Best Game pada penghargaan Ping Awards, menurut saya, cukup mudah untuk menjelaskan mengapa Breath of the Wild merupakan game terbaik. 

1. Story: Storyline ciamik, dengan sidequest yang tak kalah menyenangkan.
Cerita dengan alur yang menarik, ditambah misi tambahan yang menyenangkan merupakan salah satu kunci mengapa Breath of the Wild merupakan game terbaik. Durasi dari misi utama, dan misi sampingan bisa memakan waktu hingga lebih dari 50 jam ! Jadi player tidak akan bosan melakukan eksplorasi pada dunia Hyrule.

2. Grafis: Visually Stunning!
Walaupun tidak mengungsung grafis realistis seperti kebanyakan game triple A, namun grafis yang disuguhkan game Breath of the Wild sangat cantik untuk dilihat di mata. 

View menakjubkan pada game Breath of the Wild
Bisa dilihat salah satu screenshot dari game Breath of the Wild yang menakjubkan.

3. Musik: Background Music yang luar biasa.
Komposer musik Manaka Kataoka, Yasuaki Iwata dan Hajime Wakai sungguh menciptakan musik yang luar biasa bagusnya untuk game Breath of the Wild. Musik yang ada dalam game membuat player merasa nyaman saat memainkan gamenya. Tidak salah jika game Breath of the Wild memengangkan Best Audi pada Golden Joystick Awards, dan Game Developers Choice Awards.

4. Gameplay: Open World.
Player benar-benar diberi kebebasan untuk melakukan eksplorasi pada dunia luas Hyrule. Hal ini menyebabkan player bisa mengabiskan banyak waktunya untuk menemukan hal-hal baru dan rahasia yang ada dalam game. 
Map dari dunia Hyrule yang sangat luas
5. Fitur: Imajinasi tak terbatas.
Terakhir, fitur dalam Breath of the Wild yang luar biasa beragam. Banyak hal yang bisa dilakukan player dalam game, dengan mekanisme yang ada didalamnya. Mulai dari hal-hal simpel seperti menaikki kuda, melayang dengan parasut hingga hal-hal keren seperti menerbangkan boks dengan senjata gravitasi dan banyak lagi.

Player mencoba melakukan 'stasis launch'
Gambar diatas merupakan salah satu mekanisme yang muncul dari ide seorang player untuk melakukan 'stasis launch', dimana  dengan menggunakan pistol stasis player dapat menerbangkan Link ke tujuan yang diinginkan secara cepat.

Fun Aspects
Berikut adalah aspek-aspek dari theory of fun yang ada dalam game Breath of the Wild:

1. Achiever
Dalam Breath of the Wild, banyak item dan equipment yang bisa didapatkan baik dari drop, atau menemukannya pada tempat rahasia. Equipment yang ada juga tidak hanya menambah nilai status dari Link, namun juga visual nya dalam game. Hal ini menyebabkan banyak user yang berusaha mendapatkan equipment-equipment langka yang ada dalam game.

Player mendapatkan salah satu item langka 'Thunderblade'
Salah satu equiment langka dalam game 'Thunderblade', yang bisa ditemukan setelah menjalankan misi tertentu.
Layar equiment dari game Breath of the Wild
Bisa dilihat bagaimana equiment yang dipilih akan mempengaruhi penampilan Link dalam game.


2. Explorer
Selain aspek Achiever, di game Breath of the Wild, player juga dapat melakukan eksplorasi tak terbatas pada dunia Hyrule, hal ini membuat adanya beberapa tempat rahasia yang hanya akan ditemukan player jika jeli dalam mencari.

Player menemukan Shrine tersembunyi
Diatas merupakan Sha Warvo Shrine, lokasi Shrine tersembunyi yang tidak selalu akan ditemukan player.

Game Screenshot
Berikut screenshot dalam game Breath of the Wild:

Link(player) saat memulai eksplorasinya.

Fitur 'gliding' untuk membantu player dalam mengeksplorasi dunia.
Link(player) menunggangi kuda, ditemani oleh peliharaan serigalanya.
Link(player) sedang menghadapi salah satu musuh yang ada dalam game.

Link dengan Zelda.

Summary
Tadi adalah review dari game The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Bisa dikatakan bahwa The Legend of Zelda: Breath of the Wild merupakan salah satu game terbaik saat ini dengan banyak unsur-unsur yang dibuat secara sempurna, baik dari grafis, musik, dan gameplay. Mari kita tunggu untuk sequelnya.

Berikut ada beberapa link yang bisa kalian akses untuk melihat game Breath of the Wild secara detil.

From: Nintendo Switch Presentation


From: IGN Live - E3 2016


Review by:
05211740000096 / Aurelius Ian / Departemen Sistem Informasi ITS

 
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger