ULASAN GAME TERBAIK: THE ELDER SCROLLS V SKYRIM

Selasa, 17 November 2020

 

Official Title   :           The Elder Scrolls V: Skyrim

Themes            :           Medieval, Fantasy, Mythical, War

Genre              :           Action, Adventure, RPG, Open World

Mode               :           Single-player

Rating             :           Mature (17+)

Release Date   :           11 November, 2011

Engine             :           Creation Engine

Platform          :           Original Release: Microsoft Windows, PS3, XBOX 360

Expanded to: PS4, XBOX One, Nintendo Switch

 

The Elder Scrolls V: Skyrim, sering juga hanya disebut TESV Skyrim atau hanya Skyrim merupakan sebuah game open world yang dikembangkan oleh Bethesda Studio yang sekarang kepemilikannya berada di bawah naungan Microsoft. Game ini merupakan game yang hits pada waktu rilis dan masih memiliki banyak fans di seluruh dunia berkat komunitas dan mods-nya yang sangat beragam bahkan hingga sekarang tahun 2020.

Game ini bercerita tentang seorang Dragonborn dalam perjuangannya menaklukkan Alduin, yaitu seekor naga purba yang tiba-tiba kembali hidup di masa sekarang. Alduin dalam perjalanannya membangkitkan naga-naga yang sudah dianggap punah untuk meneror Skyrim. Skyrim sendiri merupakan sebuah provinsi paling utara dari Tamriel, kontingen besar di mana cerita-cerita mengenai seri The Elder Scrolls mengambil tempat. Cerita Skyrim sendiri merupakan lanjutan dari The Elder Scrolls IV: Oblivion yang mengambil waktu 200 tahun setelah game Oblivion. Karena merupakan bagian dari cerita yang lebih besar, Skyrim pada akhirnya memiliki detail cerita yang rumit dan berkesinambungan satu sama lain.

Dalam bermain Skyrim, pemain bebas memilih satu dari beberapa ras yang tersedia di awal permainan. Ras-ras tersebut memiliki keunggulannya masing-masing dan memiliki status awal yang berbeda. Semisal ras Nord merupakan ras yang tahan akan dingin dan memiliki skill yang merata. Sedangkan ras Imperial memiliki keberuntungan menemukan gold (alat pembayaran dalam game) lebih besar dengan skill Speechcraft (berpengaruh pada percakapan dengan NPC serta jual beli) lebih tinggi. Beberapa ras lain di antaranya Dark Elf, Argonian, Khaijit, dan Redguard.

Setelah memilih ras, pemain dapat meningkatkan skill apapun yang diinginkannya terlepas dari ras. Jadi semisal pemain memilih ras Breton dengan resistensi terhadap magic, namun player ingin menjadi seorang knight tanpa menggunakan magic, tetap dapat dilakukan. Hal ini karena sistem peningkatan skill pada Skyrim adalah sistem repetisi. Semakin banyak menggunakan atau melakukan sesuatu maka akan semakin kuat. Berbeda halnya dengan game-game lain di mana skill hanya bisa ditambahkan setelah naik level dengan poin tertentu. Skyrim tetap memiliki sistem level namun hal tersebut hanya untuk meningkatkan satu di antara 3 pilihan yaitu health, magicka, dan stamina. Yang mana ketiga atribut tersebut tidak berkaitan sama sekali dengan skill.

Setelah menjalani skenario awal di mana pemain melewati serangkaian event dan berujung pada gua, pemain dibebaskan untuk mengeksplorasi dunia Skyrim secara langsung dan utuh. Pemain dapat mengikuti skenario utama atau misi utama untuk mengalahkan Alduin, atau pemain dapat belajar ilmu sihir dan menjadi archmage di College of Winterhold yang terletak jauh di bagian utara. Hanya beberapa tempat dan skenario yang cukup sulit untuk pemula, namun dengan kemampuan yang tepat semuanya dapat dieksplorasi. Hal ini karena Skyrim tidak mendesain kesulitan game berdasarkan lokasi melainkan seberapa tinggi level pemain. Apabila pemain memiliki level tinggi dan menyerbu daerah-daerah awal, maka monster atau bandit yang dilawan akan tetap sepadan ketika dulu berlevel rendah, ini karena monsternya bertambah kuat seiring level pemain.

Adapun alasan mengapa Skyrim merupakan game terbaik adalah sebagai berikut.

1.     1.  Roleplay yang menarik


Jika kalian ingin menjadi penyelamat dunia, sekaligus penyihir paling cerdas, mercenarnary paling berani, pembunuh bayaran terkuat, dan pemimpin guild pencuri, kalian bisa menjadi semuanya sekaligus dalam Skyrim. Selain itu kalian juga dapat menikah, mengadopsi anak, dan membeli properti rumah di beberapa kota di Skyrim asalkan kalian pernah berjasa terhadap kota tersebut (menjadi Thane atau pahlawan).

 

1.      2. Detail yang rumit

Skyrim memiliki cerita yang rumit di belakang cerita utama klasik tentang seorang yang terpilih untuk menyelamatkan dunia. Sangat banyak buku-buku yang bertebaran dalam dunia Skyrim yang mampu menceritakan detail-detail cerita untuk memenuhi kepuasan pemain. Selain itu terdapat beragam skenario yang diberikan oleh berbagai macam NPC.

 

1.      3. Grafis yang memadai

Pada era awal rilisnya, Skyrim merupakan game dengan grafis yang cukup baik. Studio juga akhirnya memutuskan meningkatkan grafis (remaster) dan menambah DLC. Nada warna yang dipilih Skyrim dekat dengan dunia nyata. Meski tidak se-colorful dan teksturnya tidak sedetail game-game lain yang muncul belakangan, tone yang dihasilkan oleh game selalu mengundang untuk dimainkan kembali. Lagi dan lagi.

 

1.    4.  Komunitas dan mod

Tidak puas dengan game originalnya, pemain dapat menambahkan ribuan mod yang dapat mengubah tampilan menjadi super indah hingga membakar CPU, menambah item, quest, hingga seluruh areal baru. Semuanya dapat diakses secara gratis karena dibuat oleh komunitas.

 

1.      5. Bug adalah feature (dan cerita)

Bila glitch atau bug di game-game lain akan membuat pemain merasa kesal, maka bug dan glitch yang ada di Skyrim akan selalu mengundang tawa dan cerita. Para pemain Skyrim selalu melempar candaan mengenai bug yang mereka temui dan selalu berkelakar bahwa yang ditemui pemain adalah feature, bukan bug. Itu sendiri merupakan cerita yang seru saat didiskusikan dengan teman lain sesama pemain Skyrim. Seperti pada gambar di atas, terlihat pemain terjebak dengan kudanya di udara jauh di atas permukaan tanah.

Selanjutnya untuk membahas di mana keseruan atau kesenangan (fun) dalam bermain Skyrim akan dijabarkan berdasarkan Bartle Personality Type.

-          ACHIEVER


Dalam bermain Skyrim, mungkin para pemain lama akan sangat mengingat masa-masa pertama bermain Skyrim akan mengumpulkan semua barang meskipun tak mengerti fungsinya. Dalam Skyrim banyak sekali barang-barang yang dapat dikumpulkan dengan fungsi yang bisa dikatakan tidak ada (selain dijual). Contohnya seperti pada gambar di atas di mana pemain mengumpulkan keju-keju dari penjuru Skyrim. Kesenangan mungkin bisa didapat ketika melihat banyaknya atau ketika menjualnya. Di luar sifat mengumpulkan semua barang tersebut (bahasanya hoarding), terdapat berbagai artefak yang dapat dikoleksi. Senjata dan armor, artefak dari quest, sampai mengumpulkan soul untuk meningkatkan kekuatan senjata/armor terasa sangat seru dan menyenangkan.


-          SOCIALIZER

Menyelamatkan dunia bukan berarti tak sempat memiliki hubungan asmara. Dalam Skyrim, pemain dapat menikah dan mengadopsi anak. Bahkan terdapat satu skill khusus yaitu Speechcraft yang dapat digunakan untuk kemudahan player berinteraksi dengan NPC. Speechcraft bermanfaat dalam meningkatkan probabilitas keberhasilan tawar menawar barang, skill persuasi kepada NPC, sampai intimidasi. Skill persuasi dan intimidasi pemain akan menghindarkan pemain dari pertarungan tak bermakna dan menimbulkan rasa puas.

 

-          EXPLORER

Setiap gunung, setiap daratan, sungai, lembah, semuanya dapat dieksplorasi di Skyrim (kecuali batas pinggir peta). Mengikuti jalan atau menerobos dengan melompat-lompat di atas gunung, semuanya bisa dilakukan. Skyrim memiliki kursor penunjuk arah ketika quest, namun kursor ini juga menunjukkan lokasi terdekat yang belum tereksplorasi. Dengan mendatangi lokasi baru tersebut, pemain 

akan membuat icon lokasi tersebut berada di peta dan dapat melakukan fast travel. Dengan rewards seperti itu, pemain akan senantiasa mencoba mendatangi semua lokasi yang dilewati meskipun harus mengambil jalan memutar.

 

-          IMPOSER/KILLER



Terdapat satu skenario besar khusus didedikasikan bagi para pemain yang hobi melancarkan assassination. Pemain dapat menjalankan quest tersebut dan bergabung dengan sekte yang disebut Dark Brotherhood. Guild ini merupakan sekumpulan assassin yang menerima permintaan untuk membunuh orang tertentu. Namun apabila pemain tidak menyukai hal semacam ini, pemain dapat langsung melawan guild ini alih-alih bergabung dengannya dengan melaporkannya ke penjaga kota. Atau jika pemain tidak ingin repot-repot bergabung, pemain dapat menyerang salah satu kota tanpa alasan, membunuh penduduknya, dan menjadi buronan di daerah tersebut.

 

Link Video trailer: https://www.youtube.com/watch?v=JSRtYpNRoN0&t=46s

Gameplay: https://www.youtube.com/watch?v=-NhevGw_qBw&t=35s

Steam: https://store.steampowered.com/app/72850/The_Elder_Scrolls_V_Skyrim/

Developer: https://elderscrolls.bethesda.net/skyrim/

 

Ditulis oleh:

02311640000107 / Muhammad Ashobta Azry / Departemen Teknik Fisika













 



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger