Nostalgia Masa Kecil Bersama Story of Seasons : Friends of Mineral Town, Gamenya Kakek Kamu !

Selasa, 17 November 2020

Nostalgia Masa Kecil ! Mari Rasakan Keindahan Alam Pedesaan pada Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Post By : Yarisul Firdaus

Genre             : Simulation, RPG
Tema              : Countryside, Farm, Fantasy
Rating             : Everyone 10+ (ESRB)
Platform         : Nintendo Switch, Microsoft Windows

Official Download Site :
NS    : Story of Seasons : Friends of Mineral Town for Nintendo Switch
PC    : Story of Seasons : Friends of Mineral Town for Microsoft Windows

Tentang Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Game ini merupakan remake dari game Harvest Moon : Friends of Mineral Town yang rilis pada April 2003 dengan beberapa perubahan dan penambahan karakter. Game ini sendiri dirilis untuk platform Nintendo Switch dan Microsoft Windows pada 17 Oktober 2019 oleh developer Marvelous dan publisher XSEEDgames. Game ini sempat menuai kontroversi pada awal rilis karena dinilai plagiat dari seri Harvest Moon. Padahal sebenarnya yang memiliki hak paten atas cerita asli dari seri Harvest Moon adalah developer Marvelous. Nama “Harvest Moon” sebenarnya hanyalah nama dagang untuk wilayah di luar Jepang. Judul asli dari game ini adalah “Bokujou Monogatari” yang sebenarnya jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris akan memiliki arti “Story of Seasons”.

Story of Seasons : Friends of Mineral Town merupakan game bergenre simulation RPG bertema pedesaan dengan tujuan utama adalah untuk merawat kebun dan menjadi petani yang sukses. Selain itu masih terdapat banyak konten lainnya yang dapat dimainkan pemain seperti menambang, memancing, hingga interaksi dengan karakter lain dan menemukan rahasia-rahasia lainnya.

Story

Cerita bermula dari karakter bernama Pete. seorang anak laki laki yang sedang berwisata ke sebuah desa bersama orang tuanya. Pete yang asyik bermain kemudian tersesat ke sebuah kebun dan bertemu pria tua. Pria tua tersebut mengajari pete teknik-teknik berkebun dan beberapa skill lainnya dan singkat cerita akhirnya mereka menjadi semakin akrab. Ketika Pete bermain di hutan, ia bertemu dengan seorang anak perempuan dan merekapun menghabiskan waktu bersama dan menjadi teman dekat. Sebelum Pete dijemput oleh orangtuanya, ia berjanji kepada anak tersebut untuk kembali dan bermain bersama suatu saat nanti.

Pete yang telah kembali ke kota asalnya masih sering bertukar surat dengan pria tua temannya itu, hingga pada suatu saat Pete tidak lagi mendapat surat balasan. Pada suatu hari Pete mendapat surat dari walikota tempat pria tua tersebut tinggal yang berisi kabar bahwa temannya tersebut telah tiada. Ia juga menulis warisan untuk memberikan seluruh kebun dan rumahnya kepada Pete.

Pete akhirnya mencoba mengunjungi rumah pria tua tersebut untuk melihat-lihat. Disana ia kembali mengingat masa-masa kecilnya berkebun bersama sang pria tua dan bermain bersama temannya di hutan. Pete pun bertekad untuk menghidupkan kembali kebun pria tua itu dan membuatnya menjadi sukses. Ia pun berharap untuk bisa bertemu teman masa kecilnya kembali.

Prolog Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Gameplay

Gameplay game ini nampak cukup sederhana, dimana kita sebagai pemain diberikan berbagai peralatan untuk mengolah lahan yang tersedia. Kita juga dapat mengupgrade atau membeli peralatan lain seiring waktu berjalan. Pada game ini juga terdapat sistem stamina & fatigue, yang merupakan fitur tambahan dari game sebelumnya. Stamina akan berkurang ketika pemain menggunakan peralatan, sementara fatigue akan bertambah ketika pemain terlalu lama bekerja/ menggunakan peralatan atau ketika memakan makanan busuk/ beracun. Stamina dapat dipulihkan dengan memakan makanan, sementara fatigue dapat diturunkan dengan tidur (tidak bergerak selama beberapa saat) atau dengan masuk onsen.

Selain itu, pada game ini juga terdapat sistem cuaca dan musim, yang berganti tiap 30 hari. Kita dapat melihat ramalan cuaca di tv untuk mengetahui cuaca pada esok hari. Perlu diingat, tiap tanaman memiliki musim tertentu untuk bisa tumbuh. Hal ini bisa dilihat Ketika kita membeli benih di supermarket. Tiap tanaman juga memiliki masa tumbuh dan panen yang berbeda, serta harga jual yang berbeda.

Gameplay Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Selain berkebun, pemain juga diberikan opsi untuk merawat hewan ternak seperti ayam, sapi, dan domba yang bisa dimanfaatkan terus menerus asal dirawat dengan baik. Hewan ternak yang berkualitas (ditunjukkan dengan jumlah hati yang banyak), dapat diikutkan dalam perlombaan dan mendapat penghargaan. Perlombaan ini terdapat pada festival yang diadakan tiap musimnya. Beragam festival lainnya juga dapat kita ikuti, seperti lomba balap kuda, lomba memasak, festival tahun baru, dll. Rajin-rajinlah mengikuti festival ini karena kita akan bisa mendapatkan uang dengan cepat.


Beberapa festival yang ada pada Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Sistem lain yang ada pada game ini adalah “heart affection”, dimana hal ini menunjukkan seberapa besar perasaan setiap karakter bachelorette atau perempuan yang nantinya akan menjadi pasangan pemain. Sistem ini ditunjukkan dengan simbol hati disamping nama ketika kita berinteraksi dengan mereka. Selanjutnya adalah “affection”. Berbeda dengan heart affection, tidak ada petunjuk yang memperlihatkan tingkat perasaan karakter kepada kita. Namun, hal ini bisa diketahui dengan perubahan sikap dan ekspresi karakter Ketika pemain berinteraksi dengan mereka. Tingkat affection dan heart affection dapat meningkat atau berkurang, tergantung dari hal yang kita berikan kepada tiap karakter. Benda/ makanan favorit akan meningkatkan affection, sementara benda/ makanan yang tidak disukai akan menurunkan affection. Tingkat affection juga akan meningkat/ berkurang lebih banyak Ketika kita memberikan hadiah pada event spesial seperti hari ulang tahun mereka (hari ulang tahun dapat dilihat di kalender). Tingkat affection diperlukan untuk melewati “event” yang diperlukan untuk melamar karakter “bachelorette” serta menentukan nasib “rival” atau pesaing kita dalam melamar bachelorette. Beberapa karakter juga akan memberikan item atau resep istimewa ketika kita berhasil menaikkan level affection hingga tingkat tertentu.

Sistem Affection

Pemain yang merasa kesulitan untuk bermain juga dapat membaca petunjuk atau tutorial yang tersedia pada rak buku di dalam rumah dan perpustakaan.

Skenario

Beberapa dialog atau “event” khusus akan terbuka ketika pemain mencapai tingkat affection tertentu. Event ini berperan untuk membuka achievement tertentu yang berbeda-beda tiap karakternya. Pada karakter bachelorette, terdapat event khusus yang diperlukan agar pemain dapat menikah dengan karakter tersebut. Untuk karakter lain, akan membuka item khusus atau fitur baru untuk pemain.

Event khusus yang muncul ketika mencapai tingkat Affection tertentu

Fun Factor

Achiever

Pemain dengan tipe achiever akan senang jika mendapatkan atau mencapai sesuatu. Kesenangan tersebut juga dapat dirasakan dengan panca indera seperti penglihatan maupun pendengaran. Berikut adalah faktor yang dapat membuat senang pemain tipe achiever :


Pemain dapat mengupgrade tools dan rumah mereka

Menikahi Harvest Goddess merupakan sebuah achievement rahasia yang tidak dijelaskan secara langsung di dalam game
Explorer

Pemain dengan tipe explorer akan merasa senang jika terdapat suatu hal baru yang dapat dicoba. Biasanya pemain dengan tipe explorer akan mencari hal yang tersembunyi maupun mencoba berbagai kemungkinan yang ada. Berikut adalah faktor yang pas untuk tipe pemain explorer :

Terdapat item rahasia dan cursed tools yang sangat sulit ditemukan
Socializer

Rasa senang yang dirasakan oleh pemain dengan tipe socializer diperoleh dari interaksi dengan orang lain. Pemain dengan tipe ini akan merasa senang jika bergabung dengan orang lain atau hanya sekadar pamer statusnya di game. Berikut adalah faktor yang cocok untuk pemain tipe socializer :

Menjadi pasangan dari salah satu bachelorette adalah kepuasan tersendiri
Killer

Pemain dengan tipe killer akan merasakan kesenangan jika musuhnya menderita. Faktor utama dari aspek ini adalah pelampiasan rasa kekesalan terhadap sesuatu yang menjengkelkan. Berikut adalah faktor yang cocok untuk pemain tipe Killer :

Terdapat kontes hewan ternak yang diadakan secara rutin tiap musim

Game Simulasi Kehidupan Terbaik

Game Story of Seasons : Friends of Mineral Town merupakan game yang dapat dimainkan hampir semua umur, tentunya dengan pemahaman goal yang berbeda. Grafiknya yang sederhana dan menarik serta musiknya yang ikonik membuat kita betah berlama-lama memainkan game ini. Perasaan nostalgia juga kental terasa pada game ini karena sebagian besar menggunakan elemen pada game sebelumnya sehingga walaupun pertama kali bermain akan terasa familiar dengan suasananya. Alur cerita yang bertahap serta ditentukan dari gameplay dan keputusan pemain, membuat game ini memiliki keunikan dari game-game lainnya.

Namun untuk dapat menamatkan game ini diperlukan play time yang tidak singkat, terutama pada pemain yang baru mengenal seri Harvest Moon atau Story of Seasons. Minimya informasi atau petunjuk yang tersedia di dalam game membuat kita sebagai pemain perlu memainkan game ini beberapa kali agar paham dengan sistem dan tujuan dari game ini. kita sebagai pemain juga dituntut untuk bereksperimen untuk mencoba mencari hal-hal yang tidak dijelaskan secara langsung di dalam game, seperti mencari “cursed” dan “blessed” tools, hingga menikahi karakter lain selain karakter “bachelorette” yang tersedia. Pemain awam akan sangat kesulitan jika tidak membaca wiki terlebih dahulu.

Menikahi Bachelorette merupakan salah satu tujuan utama pada Story of Seasons : Friends of Mineral Town

Menurut saya, inti dari game ini adalah kehidupan sosial, dimana hal ini akan sangat berpengaruh baik di dalam game maupun di luar game. Kehidupan sosial di luar game sebagai player awam tentunya perlu bimbingan teman atau komunitas untuk dapat mengetahui tujuan dari game ini, saling bertukar pengalaman, trik dan informasi antar pemain sehingga bisa menamatkan game. Sementara kehidupan sosial di dalam game ini sendiri berperan untuk mengetahui jalan ceritanya, mulai dari latar belakang dan cerita tiap karakter, benda/ makanan favorit, hingga item dan resep rahasia yang hanya bisa kita dapatkan jika kita memiliki hubungan yang baik dengan sebuah karakter.

Video Trailer
By : Official Nintendo



Video Gameplay
By : Tara Arts Game Indonesia



Review oleh :
Yarisul Firdaus
08411740000043
Departemen Desain Interior ITS
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger