Game Review: Genshin Impact

Selasa, 17 November 2020


Klasifikasi

Genre: RPG

Tema: Fantasy, Action

Rating: Teen

Platform: Windows, Android, iOS, PS4


Deskripsi

Genshin Impact adalah game free-to-play buatan dari miHoYo yang direlease pada tanggal 28 September 2020. Pada game ini, anda dapat melakukan eksplorasi di dunia fantasy open-world yang luas dan memiliki action battle system yang melibatkan penggunaan elemental magic dan switching character. Game ini dapat dimainkan secara gratis namun juga memiliki sistem monetisasi dalam bentuk gacha system yang dimana player dapat mendapatkan karakter dan senjata baru. Game ini mampu mendapatkan $250 juta dollar dalam sebulan yang membuat game ini menjadi salah satu game dengan launching tersukses di platform mobile. Game ini akan terus diupdate oleh developernya dan saat ini berada dalam version 1.1.


Story

Traveler dan Paimon

Genshin Impact berada di dalam dunia yang bernama Teyvat, yang merupakan dunia yang memiliki 7 negara besar yang terikat pada suatu elemen tertentu dan memiliki Dewa masing-masing pada tiap negaranya. Cerita dimulai saat seseorang yang dijuluki Traveler dan juga saudara kembarnya memasuki suatu dunia baru dan bertemu dengan seorang Dewa tidak dikenal yang kemudian membuat Traveler dan saudara kembarnya ini terpisah. Traveler kemudian berkeliling di Teyvat dengan seorang teman barunya yang bernama Paimon untuk menemukan saudara kembarnya kembali dan akhirnya terlibat dengan kejadian yang terjadi pada tiap negara yang ada.


Aturan Main Utama

Tujuan utama pada game ini adalah untuk menjalankan main quest dan side quest yang telah disediakan dan juga menyelesaikan achievement yang bersifat sebagai tantangan bagi player. Ada banyak achievement yang dapat diselesaikan dalam game ini, contohnya adalah mengumpulkan treasure chest (sekitar 1200+ chest saat ini), menyelesaikan quest daily tertentu, mengumpulkan resep makanan, terbang melebihi jangka waktu tertentu, dan masih banyak lagi.  


Scenario dalam Game

  • Open World: Player dapat melakukan main quest, side quest, memasuki domain, memasuki spiral abyss, dan melawan boss disini. Player dapat berjalan, berlari, terbang, dan berenang untuk mengksplorasi world. Player juga dapat memasak dan memungut item yang terdapat di world seperti tumbuhan, ikan, kepiting, jamur, dll. Terdapat musuh yang dapat di farming untuk keperluan material upgrade character. Dapat dijalankan secara solo atau co-op.

  • Domain: Player biasanya dapat menjalankan ini secara solo atau co-op kecuali untuk beberapa domain. Di dalam domain terdapat musuh dan batas waktu yang sudah disediakan dan apabila player dapat menyelesaikannya, player dapat mengambil hadiah material yang dibutuhkan untuk upgrade karakter mereka. Artifact juga dapat didapat dari domain khusus.

  • Spiral Abyss: Player hanya bisa menjalankan Spiral Abyss dalam single player mode. Spiral Abyss memiliki rules berbeda-beda tiap floor dan level monster tiap floor akan terus meningkat. 1 floor spiral abyss terdiri dari 3 chamber dan mulai floor 5 keatas dibutuhkan 2 party. Tujuan dari memainkan spiral abyss adalah menyelesaikannya secepat mungkin untuk mendapatkan hadiah yang ada. Floor 9 – 12 reset tiap 2 minggu sehingga dapat di farming oleh player.

  • Boss Fight: Player dapat melakukannya secara solo ataupun co-op kecuali untuk beberapa boss. Tujuan melakukan boss fight adalah untuk mendapatkan material yang digunakan untuk upgrade character.


Mengapa Merupakan Game Terbaik Menurut Saya
  • Game open world yang luas dan dapat mengeksplorasi world tersebut secara bebas (berenang, terbang, memasak, berburu, dll)

  • Design dan voice acting karakter yang bagus

  • Dapat melakukan co-op mode dengan teman

  • Story yang bagus dan juga terdapat beberapa cutscene animasi lengkap dengan voice acting karakter 

  • Boss fight yang memiliki mekanisme unik tiap bossnya dan spiral abyss(dungeon challenge) yang susah dan mempunyai rules berbeda di tiap floornya


Fun dari Game

  1. Achiever

    Ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan di game ini, contohnya saja achivement. Terdapat banyak sekali achievement dalam game ini dan apabila menyelesaikan achivement tersebut akan mendapatkan primogems yang nantinya dapat digunakan untuk gacha (mendapatkan karakter dan senjata baru) sehingga player akan semangat untuk menyelesaikan achievement tersebut demi karakter atau senjata baru. Mendapatkan karakter baru dengan rarity paling tinggi yaitu 5 star juga memiliki kepuasan tersendiri bagi player karena ratenya yang kecil sehingga tergolong langka.

    Player juga dapat mencari artifact atau yang mungkin lebih dikenal sebagai armor di game RPG lain. Setiap artifact memiliki main stat yang akan didapatkan secara random. Dibutuhkan beberapa kali percobaan untuk mendapatkan stat yang cocok dengan karakter player. Jadi, apabila mendapatkan yang bagus tentunya player akan senang karena kerja kerasnya terbayarkan. Player juga dapat melakukan upgrade kepada senjata dan artifact mereka. Artifact memiliki sistem substat yang dimana akan didapatkan secara random setiap kenaikan 4 level pada artifact tersebut. Apabila mendapat substat yang bagus maka tentunya player akan puas dan senang karena karakter mereka bertambah kuat.


  2. Explorer

    Genshin Impact memiliki sistem open-world yang dimana player dapat menjelajahi map yang ada. Terdapat juga treasure chest yang bisa dikoleksi oleh player. Beberapa dari treasure chest tersebut terletak sangat tersembunyi sehingga ketika menemukannya player pasti akan merasa senang dan juga mendapatkan tambahan primogems untuk gacha.

    Pada update terbaru ini, juga terdapat sistem archive yang sebenarnya merupakan sebuah database yang terdapat di game. Isi dari archive ini adalah daftar monster yang pernah dilawan, daftar senjata yang dapat digunakan oleh player, daftar tempat-tempat dengan pemandangan spesial, daftar buku yang dapat dikoleksi, dan juga daftar materials yang ada di game. Meskipun tidak diharuskan untuk melengkapinya, player dengan tipe fun explorer pasti akan senang dengan sistem ini karena mereka dapat mengetahui apa saja yang sudah mereka temukan selama ini di dalam game.


  3. Socializer

    Di game ini terdapat sistem co-op dimana player dapat bermain dengan teman-teman mereka ataupun dengan orang random. Dengan adanya sistem gacha, orang dengan tipe fun socializer dapat pamer karakter mereka kepada teman-teman atau orang random tersebut. Mereka juga dapat pamer damage karakter mereka pada domain / boss fight yang dapat dijalankan pada co-op mode. Terdapat juga chat system di game ini sehingga player bisa chatting dan tidak bosan ketika sedang menjalankan co-op mode.


  4. Killer

    Game ini tidak memiliki sistem PVP sehingga tidak bisa menyerang player lain. Namun, player yang telah lelah mencari equipment dapat melampiaskan amarah mereka dengan melawan boss yang ada di game. Biasanya, boss yang ada di game digunakan sebagai speedrun oleh orang-orang untuk melakukan damage test karakter mereka. Selain itu, player juga dapat melakukan hal-hal iseng seperti menjatuhkan monster dari tebing agar jatuh dan mati ataupun menyerang monster dan diarahkan sehingga masuk dan tenggelam dalam air.
     

Screenshot


Menu Game

Achievement dalam game

Gacha System

Fitur Archive

Player dapat memainkan 1 party yang terdiri dari 4 orang

Artifact yang dapat di equip oleh karakter

Contoh dari main stat dan sub stat dari artifact

Constellation yang berfungsi sebagai upgrade yang didapat ketika mendapat karakter kembar di gacha

Talent tiap karakter yang berbeda dan dapat diupgrade dengan material tertentu

Jenis weapon yang dapat di equip oleh karakter berbeda-beda tergantung oleh karakter itu sendiri

   Sayap yang berfungsi sebagai kosmetik untuk karakter

Contoh event yang ada di game

Contoh boss fight

Contoh bermain di dalam domain

Contoh floor yang ada di spiral abyss

Player dapat belanja untuk beberapa bahan makanan di kota

Player dapat memasak dengan bahan yang telah dikumpulkan

Player dapat membuat weapon jika memiliki item yang diminta

Player juga dapat melakukan alchemy untuk membuat material-material untuk upgrade

Player dapat melakukan looting di open-world

Player dapat memakanan makanan yang telah dimasak untuk memulihkan HP atau menambah stats sementara

Player dapat memanjat dengan sesuka hati namun terdapat stamina yang membatasi seberapa lama player dapat memanjat

Dapat melakukan mining di open world dengan cara menghancurkan kristal seperti di gambar

Terdapat monster-monster seperti di gambar di dalam open world

Ada beberapa puzzle seperti di gambar yang bisa diselesaikan oleh player untuk mendapatkan hadiah treasure chest

UI dari menu yang menampilkan quest yang dapat dijalankan

Player dapat berenang selama stamina tidak habis

Player dapat terbang selama stamina tidak habis


Video Trailer





Gameplay Video





Link Game







Identitas Penulis

Nama: Patrick Sungkharisma
NRP: 05111740000041
Kelas: Teknik Pengembangan Game
Share this article :

1 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger