Review Game: Minecraft

Selasa, 24 November 2020

Minecraft, permainan open-world bertemakan dunia kotak-kotak.

  • Genre: Sandbox, Adventure, Survival
  • Theme: Block, Fantasy
  • Rating: E10+
DESKRIPSI

        Minecraft merupakan sebuah permainan "open-world" di mana pemain dapat membangun apa saja menggunakan "block" yang tersedia di dalam dunia permainan ini. Pemain diharuskan untuk bertahan hidup dengan membangun tempat berlindung agar aman dari serangan monster dan memanfaatkan sumber daya yang ada antara lain kayu, batu, berbagai jenis makanan, hingga berbagai macam peralatan yang dapat membantu pemain bertahan hidup. Selain itu, pemain juga dapat melakukan eksplorasi menuju berbagai tempat untuk menemukan banyak hal baru seperti tambang, pedesaan, pegunungan, lautan, hingga dimensi lain yaitu "The Nether" dan "The End".
        Permainan ini memiliki dua mode permainan secara umum, yaitu "Survival" di mana pemain diharuskan untuk bertahan hidup sambil mencari berbagai sumber daya dan sekaligus melakukan eksplorasi, serta "Creative" yaitu mode di mana pemain diberi sumber daya yang tidak terbatas sehingga pemain mampu membangun apapun sesuai kehendak pemain tanpa harus mencari sumber daya tersebut.
        Selain dapat dimainkan dalam "Single Player", permainan ini juga dapat dimainkan dengan "Multi Player" dengan orang lain menggunakan Local Area Connection (LAN) atau secara online dengan menggunakan server tertentu.

STORY

         Dalam mode Survival, pemain akan ditempatkan di sebuah tempat acak dengan tangan kosong pada awal permainan. Pemain hanya dapat mengambil kayu sebagai sumber daya pertama mereka. Dari kayu tersebut, pemain dapat membuat beberapa peralatan, salah satu yang terpenting adalah "pickaxe" yang dapat digunakan untuk menjelajahi tambang untuk kemudian mencari batu, besi, beberapa logam lain, hingga berlian.

Pemain di awal permainan Minecraft dengan tangan kosong.
Sekumpulan berlian di dalam tambang di Minecraft.
Kemudian seiring berjalannya waktu, dengan segala sumber daya yang sudah didapatkan pemain, selanjutnya pemain dapat memodifikasi tempat tinggalnya sesuai dengan keinginannya, atau berpetualang lebih jauh menuju tempat lain, hingga dimensi lain. Pemain dapat mencari "Obsidian" dengan cara membekukan lava dengan air, yang kemudian dapat disusun menjadi sebuah portal menuju dimensi yang terbentuk seperti neraka yang bernama "The Nether".
        Di dalam The Nether, pemain dapat menjelajah untuk mencari beberapa material yang dapat digunakan untuk menemukan dimensi lain sebagai tujuan terakhir yang bernama "The End".
        Setelah pemain memiliki perlengkapan yang cukup dan memasuki The End, pemain dapat melawan boss terakhir yaitu naga yang bernama "Ender Dragon". Jika pemain berhasil mengalahkannya, maka pemain tersebut berhasil menamatkan Minecraft.

Contoh rumah di dalam Minecraft hasil kreasi pemain.
Portal menuju dimensi "The Nether".
Dimensi "The Nether".
Pemain melawan "Ender Dragon" di Minecraft.

ATURAN MAIN

        Aturan main di dalam Minecraft bergantung kepada mode permainan dari pemain tersebut. Jika pemain bermain dalam mode "Creative", pemain dapat sekedar membangun rumah, kota, atau apapun sesuai keinginan dari pemain tanpa ada aturan main yang mengikat untuk mencapai tujuan. Jika pemain bermain dalam mode "Survival", pemain dapat mengikuti storyline untuk menamatkan permainan ini dengan mengikuti alur cerita sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas. Jika pemain gagal untuk bertahan hidup, maka pemain akan mati dan segala barang yang dibawa pemain akan hilang.

MENGAPA INI MERUPAKAN GAME TERBAIK
  • Mengasah kreativitas dalam membuat sesuatu.
  • Ada unsur berpetualang yang seru.
  • Melatih kerjasama tim dalam membangun di mode multiplayer.
  • Banyak variasi gameplay jika menggunakan mod.
  • Tidak membosankan meski dimainkan berulang-ulang.

PLAYER PERSONALITY

  • Achiever: Memperoleh benda baru setelah menjelajahi suatu tempat atau setelah membunuh hewan atau monster, mendapatkan kepuasan setelah berhasil membangun sesuai dengan yang dikehendaki pemain.
  • Explorer: Menjelajahi berbagai tempat baru, mencari tahu kegunaan dan mekanisme berbagai block yang ada, mencari tahu kegunaan dan mekanisme berbagai peralatan yang ada.
  • Socializer: Mendapatkan teman baru saat bermain mode multi player, melatih koordinasi antar pemain dalam membangun sesuatu agar mencapai tujuan yang sama.
  • Killer: Rasa puas jika berhasil membunuh monster setelah pemain sebelumnya berkali-kali mati dibunuh oleh monster tersebut.
VIDEO TRAILER


CONTOH VIDEO GAMEPLAY


  • Nama: Bayu Satria Takariputra
  • NRP: 05111640000101
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger