Game Review: Mobile Legends Bang Bang

Selasa, 17 November 2020

Mobile Legends: Bang Bang

Klasifikasi

Genre : Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Tema : Fantasy, War

Rating : Rated for 7+ (Google Play)

Platform : Android & iOS

Developer : Moontoon

Size : 3.4 GB (Google Play)

Deskripsi

Mobile Legends: Bang Bang adalah permainan dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dikembangkan oleh Moontoon bagi pengguna platform Android dan iOS. Permainan ini dirilis pada tanggal 11 Juli 2016 dan menjadi salah satu permainan yang paling populer hingga saat ini. Keunggulan dari permainan ini adalah menyediakan gameplay layaknya game PC namun menghadirkannya dalam platform mobile yang lebih fleksibel untuk dimainkan dimana saja dan kapanpun. Permainan ini dimainkan oleh 10 orang yang dibagi atas 2 tim, dimana setiap player memilih 1 hero yang akan digunakan untuk melawan tim lain, dan hero ini dapat diperoleh dengan cara membeli maupun menggunakan trial card yang biasanya diperoleh secara gratis dan terdapat durasi yang diberikan untuk menggunakan hero dengan trial card tersebut. Tujuan utama dalam permainan ini adalah menghancurkan base tim lawan untuk memperoleh kemenangan, dimana terdapat 3 lane yang tersedia dan masing-masing lane memiliki 3 base serta terdapat 1 base utama dimana jika base utama hancur maka tim tersebut dinyatakan kalah.

Story

Permainan ini memiliki alur cerita yang sangat menarik. Berawal dari sebuah dunia yang dibagi menjadi lima faksi dan saling berebut kekuasaan. Lima faksi tersebut adalah Human Empire, Bloodaxe Orcs, Order of the Scarlet Shadow, Dawn Zenith, dan Dark Abyss. Kelima faksi ini memperebutkan suatu artefak bernama Twilight Orb, dimana artefak ini adalah pelindung dunia yang disebut sebagai Land of Dawn. Siapapun yang mampu mendapatkan kekuatan dari  Twilight Orb akan menjadi penguasa Land of Dawn. Untuk itulah kelima faksi saling bertempur di Land of Dawn untuk membuktikan bahwa merekalah yang paling berkuasa atas dunia. Dari kelima faksi tersebut, para manusia tergabung dalam sebuah kerajaan yang belum diceritakan penguasanya. Sedangkan ras brutal seperti Orcs dan iblis yang tergabung dalam Dark Abyss  juga haus akan kekuatan tersembunyi di Land of Dawn. Sementara itu, terdapat faksi para ninja di Order of the Scarlet Shadow yang menguasai wilayah Timur juga ikut terbawa arus peperangan. Ada juga faksi penyihir dan Elf dari wilayah Barat yang ingin mengklaim kekuatan besar Twilight Orb.

Aturan Main Utama

Mobile Legends: Bang Bang memiliki lima mode permainan dimana setiap mode memiliki karakteristik masing-masing. Berikut ini adalah kelima mode tersebut :

  Mode Classic

Pada mode ini player akan dimatchkan dengan player lain sehingga terbentuk tim yang berisi 5 orang, kemudian setiap player akan memilih 1 hero yang akan digunakan untuk bertarung beserta mengatur emblem, spell, dan build yang akan digunakan. Setiap hero memiliki rolenya masing-masing dan player dapat menyesuaikan kebutuhan role tersebut dengan anggota timnya.


Dalam pertarungan, player dapat membeli item untuk memperkuat hero mereka dan mempercepat kenaikan level hero tersebut hingga maksimal mencapai level 15. Setiap player harus mengatur strategi dengan anggota timnya untuk menghancurkan seluruh base lawan agar dapat memperoleh kemenangan. Arena permainan terdiri atas 3 lane yang disebut sebagai “top”, “middle”, dan “bottom”, dimana setiap lane memiliki masing-masing 3 base dan terdapat 1 base utama yang merupakan base terpenting karena ketika base utama hancur maka tim tersebut dinyatakan kalah.


Ketika pertandingan berakhir, maka player dapat melihat review permainan mereka seperti jumlah kill, jumlah assist, jumlah death, dan lain sebagainya. Tim yang menang akan mendapatkan gold tambahan yang dapat digunakan untuk membeli hero dan skin baru.

 Mode Ranked

Pada dasarnya, mode permainan ini sama dengan mode Classic. Yang berbeda adalah pada mode ini terdapat tingkatan rank untuk setiap player. Tingkatan tersebut dimulai dari yang terendah adalah Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic, dan yang tertinggi adalah Mythical Glory.

Setiap rank terdapat lima tingkatan, misalnya Epic V, Epic IV, hingga Epic I. Dari 5 tingkatan tersebut terdapat lima bintang yang harus dikumpulkan untuk dapat melaju ke tingkatan yang lebih tinggi. Ketika player berhasil meraih kemenangan dalam mode ranked, maka player akan mendapatkan 1 bintang dan jika kalah maka akan berkurang 1 bintang. Terdapat star raising point dimana player akan memperoleh bonus 1 bintang jika sudah mencapai 100 persen star raising point. Sementara protection point berguna ketika player kalah, maka player tidak akan kehilangan bintang jika sudah mencapai 100 persen protection point.

Mode Brawl


Mode ini memiliki aturan yang berbeda dimana player tidak dapat memilih sendiri hero yang akan digunakan, sebagai gantinya player akan diberikan 2 pilihan hero secara acak  dan memilih salah satu untuk digunakan dalam bertarung. Mode ini juga berbeda karena hanya akan menggunakan 1 lane saja sebagai arena pertarungan, dan player hanya diperkenankan membeli item di base masing-masing.

Mode VS A.I.


Mode ini sama dengan mode classic, perbedaannya adalah player akan melawan hero yang digerakkan otomatis oleh komputer. Hero yang digerakkan oleh komputer ini pun dapat diatur tingkat kesulitannya sesuai dengan kebutuhan dari player. Mode ini biasa digunakan untuk berlatih menggunakan skill hero, berlatih bersama teman, dan sebagainya. Mode ini sangat cocok untuk digunakan bagi player yang baru pertama kali bermain Mobile Legends sehingga akan lebih terbiasa dengan permainan tersebut.  

 Mode Custom

Pada mode ini, player dapat lebih leluasa dalam mengatur permainan. Player dapat memilih siapa yang akan menjadi lawan mereka, mode permainan yang akan diterapkan, hero yang akan digunakan, dan sebagainya. Mode ini sangat cocok digunakan untuk bermain dengan teman, karena mereka dapat menentukan sendiri aturan yang mereka terapkan dalam mode permainan tersebut.

Selain mode permainan, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi permainan utama, yaitu karakter hero yang dipilih, emblem, spell, dan build yang digunakan.


Setiap karakter hero memiliki rolenya masing-masing. Hero dipetakan menjadi 6 role, yaitu :

1.     Marksman

Hero dengan role marksman biasanya memiliki peran untuk membunuh musuh serta menghancurkan base karena memiliki damage yang sangat besar, terutama ketika late game.

2.     Mage

Hero dengan role mage memiliki tugas untuk membunuh musuh dan menjaga teman dari serangan musuh. Hero ini memiliki skill magic yang efektif untuk melakukan serangan dan pertahanan. 

3.     Fighter

Hero dengan role fighter memiliki peran sebagai inisiator untuk memulai serangan dan menjaga base agar tidak sampai dihancurkan oleh musuh.

4.     Assassin

Hero dengan role assassin biasanya memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan mampu melakukan serangan secara cepat sehingga musuh tidak mampu menghalau serangan tersebut. Tugas utamanya adalah membunuh musuh agar dapat menghancurkan base lawan secara cepat.

5.     Tank

Hero dengan role tank bertugas untuk melindungi teman dari serangan musuh. Hero ini memiliki nyawa yang sangat banyak sehingga sangat sulit untuk ditaklukkan.

6.     Support

Hero dengan role ini bertugas untuk memberikan support kepada hero timnya untuk bertarung melawan musuh. Support tersebut bisa berupa menambahkan nyawa, meningkatkan kekuatan serangan, dan lain sebagainya.

Emblem merupakan komponen yang digunakan oleh hero sesuai dengan rolenya masing-masing yang memiliki efek bagi hero tersebut untuk menambah kekuatan serangan, menambah nyawa, mengurangi cooldown untuk skill yang digunakan, meningkatkan kecepatan, dan lain sebagainya. Terdapat 9 emblem yang dapat digunakan, yaitu Physical, Magic, Tank, Jungle, Assassin, Mage, Fighter, Support, dan Marksman. Setiap emblem memiliki level yang dapat ditingkatkan dengan cara membayar menggunakan gold.


Spell merupakan skill tambahan yang dapat digunakan oleh hero untuk menyerang maupun bertahan sesuai dengan efek yang diberikan oleh masing-masing spell. Terdapat 12 jenis spell yang dapat digunakan, yaitu Execute, Retribution, Inspire, Sprint, Revitalize, Aegis, Petrify, Purify, Flameshot, Flicker, Arrival, dan Vengeance.


Build merupakan kumpulan item yang digunakan oleh setiap hero dan dapat dibeli pada saat permainan berlangsung. Masing-masing build terdiri atas enam item yang memberikan efek untuk meningkatkan kekuatan hero. Player juga dapat mengatur kombinasi dari item yang digunakan dalam setiap build. Semakin bagus kombinasinya maka peluang untuk memenangkan pertarungan akan semakin besar.

Alasan ini Game Terbaik

1.     Mengasah kemampuan menyusun strategi untuk memperoleh kemenangan

Dalam permainan ini setiap player akan selalu memikirkan berbagai cara untuk memperoleh kemenangan sehingga kemampuan dalam menyusun strategi disini akan terasah secara tidak langsung. 

2.     Kontrol game yang sederhana dan mudah dioperasikan

Dengan gameplay yang sederhana dan kontrol yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan player menjadikan game ini sangat mudah untuk dioperasikan.

3.     Visualisasi gameplay yang sinematik dan menarik

Dengan update yang diberikan secara rutin, pihak Moontoon selalu memberikan  visualisasi gameplay yang memanjakan mata mulai dari hero, arena permainan, background game, efek skin, dan lain sebagainya.

4.     Setiap karakter dari hero memiliki alur cerita yang menarik

Seperti yang sudah tercantum dalam bagian story, alur cerita dari permainan ini sangat menarik sehingga permainan ini tidak hanya sekedar sebuah pertarungan, tetapi juga terdapat cerita asal mula dari pertarungan yang dilakukan oleh setiap karakter hero. 

5.     Melatih teamwork untuk bisa meraih kemenangan

Permainan ini tidak dimainkan secara individu, tetapi secara berkelompok sehingga player harus memikirkan cara untuk bekerja sama dengan anggota timnya agar bisa memperoleh kemenangan sehingga ini dapat mengasah kemampuan teamwork.

Fun Player Personality

·       Achiever

o   Pemain ingin memperoleh rank yang paling tinggi (Mythical Glory).

o   Pemain ingin memperoleh skin yang terbaik dengan value tertinggi untuk setiap hero.

o   Pemain ingin memperoleh gelar Top Global, Top Local sebagai pembuktian pemain terbaik.

o   Pemain ingin mendapatkan reward dari setiap event yang diadakan.

·       Socializer

o   Pemain dapat bermain dengan orang lain sehingga bisa menjalin relasi baru.

o   Pemain dapat berkomunikasi melalui fitur chat dan voice call dalam permainan.

o  Pemain dapat mengajak teman, sahabat, keluarga, untuk bermain bersama melalui mode custom.

·       Explorer

o   Pemain dapat mencoba berbagai hero yang tersedia dengan skill yang beragam.

o   Pemain dapat bereksperimen dalam menentukan komposisi build, emblem, dan spell yang cocok untuk setiap hero.

·       Killer

o   Pemain dapat membunuh anggota tim lawan dalam pertarungan.

o   Pemain dapat menghancurkan base musuh untuk memperoleh kemenangan.

o   Pemain memprioritaskan jumlah kill yang diperoleh sehingga menjadikannya sebagai pemain yang paling banyak membunuh anggota tim lawan.

Screenshot Gameplay

Gambar di atas merupakan tampilan saat memilih hero yang akan digunakan beserta mengatur spell, build, dan emblem.

Gambar di atas merupakan tampilan pada saat awal memasuki arena pertarungan.


Gambar di atas merupakan tampilan saat hero mengambil buff.


Gambar di atas merupakan tampilan saat hero berhasil menghancurkan base musuh.

Gambar di atas merupakan tampilan pada saat hero berhasil membunuh hero musuh.


Gambar di atas merupakan tampilan pada saat tim berhasil memenangkan permainan.

Gambar di atas merupakan tampilan review performa permainan dari masing-masing anggota tim.

Video Trailer


Video Play Demo

https://www.youtube.com/watch?v=uHY5BPB0QcE

Download Link

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobile.legends&hl=in&gl=US

Review by :

Yoel Dimas Wahyu Setianto

05211740000120 / Sistem Informasi

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger